Cegah Penyebab Pneumonia Dengan Penuhi 6 Nutrisi Berikut

Cegah Penyebab Pneumonia Dengan Penuhi 6 Nutrisi Berikut

font size A Ǎ

Penyakit Pneumonia – semakin sering terdengar sejak pandemi Covid-19 menyerang berbagai negara di dunia. Pasalnya, virus corona jenis terbaru ini dapat menyebabkan pneumonia pada pasiennya. Terlebih, jika pasien sudah memiliki penyakit penyerta.

Pneumonia merupakan kondisi seseorang yang mengalami infeksi pada kantung udara dalam paru- paru. Infeksi yang ditimbulkan oleh pneumonia dapat terjadi pada salah satu sisi paru maupun keduanya. Pada kondisi ini, paru akan terisi oleh cairan atau pus (dahak purulent).

Penyebab pneumonia yang paling utama adalah infeksi virus, bakteri, dan jamur. Masalah pada saluran pernapasan ini akan membuat penderitanya mengalami sesak napas.

Meningat bahaya pneumonia – kamu disarankan untuk melakukan langkah pencegahan, salah satunya dengan memenuhi berbagai nutrisi penting. Berikut ini 6 nutrisi yang dapat bantu mencegah pneumonia.

Simak ulasan lengkapnya.

 

 

 

6 Nutrisi Untuk Bantu Mencegah Penyebab Pneumonia

Cegah Penyebab Pneumonia Dengan Penuhi 6 Nutrisi Berikut

Cegah Penyebab Pneumonia Dengan Penuhi 6 Nutrisi Berikut / Credit: nutraingredients-asia.com

Vitamin C

Vitamin C – dikenal sebagai vitamin yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko infeksi. Vitamin C dengan mudah ditemukan di berbagai sumber makanan, seperti jeruk, jambu biji, kangkung, brokoli, dan bayam.

Mudahnya, kamu dapat penuhi kebutuhan vitamin C minum multivitamin, seperti Enervon-C. Kombinasi vitamin C dan vitamin B kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12) yang ada dalam Enervon-C dapat bantu jaga daya tahan tubuhmu, biar nggak gampang sakit.

Ditambah, manfaatnya untuk optimalkan metabolisme tubuh. Sehingga, makanan dapat diolah jadi energi yang lebih tahan lama. Hal ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks, ya.

Jadi, pastikan kebutuhan vitamin C harianmu selalu terpenuhi dengan baik. Jadi, daya tahan tubuh tetap terjaga dan kamu terhindar dari berbagai risiko penyebab pneumonia.

 

Vitamin B Kompleks

Meningkatkan asupan kaya akan vitamin B kompleks – spesifiknya, vitamin B6 – dapat meningkatkan fungsi paru jadi lebih baik dan memberi perlindungan terhadap kanker paru.

Penuhi kebutuhan vitamin B dari berbagai sumber makanan, seperti salmon, ikan, susu, gandum, dan kacang- kacangan. dan, konsumsi pula multivitamin yang mengandung vitamin B kompleks, seperti Enervon-C.

 

Cegah Penyebab Pneumonia Dengan Penuhi 6 Nutrisi Berikut

Cegah Penyebab Pneumonia Dengan Penuhi 6 Nutrisi Berikut / Credit: memoryhealth.com

Vitamin E

Berdasarkan penelitian dari Journal of Immunology, tertulis bahwa vitamin E memiliki peran dalam melindungi tubuh dari berbagai infeksi bakteri, termasuk penyebab pneumonia.

Sehingga, mengonsumsi makanan kaya vitamin E, seperti kacang almond, kacang tanah, alpukat, kiwi, mangga, dan paprika mampu menurunkan risiko pneumonia, sekaligus meningkatkan sel kekebalan tubuh.

 

Protein

Tak kalah penting, protein juga salah satu nutrisi yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan penyebab pneumonia. Penuhi kebutuhan protein dengan mengonsumsi sumber makanan seperti seafood, dada ayam, gandum, telur, tahu, tempe, dan buncis. Sehingga, risiko terpapar virus penyebab pneumonia dapat dicegah.

 

Cegah Penyebab Pneumonia Dengan Penuhi 6 Nutrisi Berikut

Cegah Penyebab Pneumonia Dengan Penuhi 6 Nutrisi Berikut / Credit: planculde.com

Zinc

Beberapa penelitian sudah melaporkan bahwa mengonsumsi zinc secara rutin dapat menurunkan risiko pneumonia, termasuk pada anak- anak. Bahkan, mengonsumsi suplemen yang mengandung zinc, paling tidak 70 mg per minggu dapat mencegah infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Berkaitan dengan suplemen yang mengandung zinc – nutrisi ini dapat ditemukan pada Enervon Active, yang mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, dan Zinc untuk bantu jaga kekebalan tubuhmu.

 

Mineral

Sejumlah mineral yang baik untuk saluran pernapasan, seperti magnesium, kalsium, selenium, dan potassium dapat menurunkan risiko asma dan beberapa gangguan pernapasan lainnya.

Magnesium dapat bantu mengendurkan otot- otot di sekitar bronkus paru, sehingga saluran pernapasan tetap terbuka dan lancar. Peroleh kebutuhan mineral dari sayuran berwarna hijau, kacang dan biji- bijian, gandum, daging sapid an ayam, ikan, telur, serta buah- buahan.

 

 

 

Nah, itulah keenam nutrisi penting yang dapat bantu mencegah tubuh terpapar virus, bakteri, maupun kuman penyebab pneumonia. Berdasarkan penjelasan di atas, sudah jelas bahwa kamu perlu untuk memenuhi nutrisi tersebut, ya.

 

Featured Image - honestdocs.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!