masker dapat melindungi bagian wajah secara efektif, seperti hidung dan mulut dari percikan droplets yang mungkin mengandung virus.

Agar perlindungan terhadap virus semakin efektif, kualitas masker pun terus dikembangkan. Seperti teknologi masker kain ‘plus’ atau masker kain lima lapis yang sedang diuji oleh Satgas Nasional Penanganan Covid-19. Masker ini sedang diuji di Jerman.

 

 

 

Apa Itu Masker Kain Lima Lapis?

Tekan Penularan Covid-19, Satgas Kembangkan Masker Kain 5 Lapis / Credit: lifestyle.kompas.com

Dilansir dari CNN Indonesia, teknologi masker kain lima lapis ini memiliki bahan yang mampu memfiltrasi udara setara dengan masker bedah hingga 88 persen. Bahkan, masker kain ini dibuat dengan bahan berkualitas tinggi, sehingga penggunanya dapat bernapas dengan nyaman.

Masker kain lima lapis – dibuat dari bahan baku utama polyester, yang didukung oleh teknologi antibakteri di setiap benang. Lima lapisan yang ada tersebut, nantinya akan digabung menjadi satu kain.

Disebutkan oleh Jubir Satgras Nasional Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito, mengatakan bahwa masker lima lapis ini dapat menyaring dan mengikat partikel hingga seukuran virus, membuat tingkat pernapasan tetap baik, serta tidak membuat sesak. Memudahkan pernapasan – masker kain ini juga dapat digunakan ketika berolahraga.

Sama seperti masker kain lainnya, masker lima lapis bisa dicuci dan digunakan kembali. Untuk saat ini, masker masih dalam tahap proses pengembangan dan secepatnya dapat digunakan oleh masyarakat.

 

Menggunakan dan Melepas Masker Kain

Tekan Penularan Covid-19, Satgas Kembangkan Masker Kain 5 Lapis / Credit: parenting.orami.co.id

Berhubungan dengan masker kain – ada sejumlah hal yang mesti kamu perhatikan ketika menggunakan dan melepasnya. Hal tersebut meliputi:

  • Pastikan masker yang kamu pilih sudah sesuai dengan ukuran wajahmu dan dapat menutup area mulut, hidung, dan dagu.
  • Sebelum menyentuh masker, cuci tangan terlebih dahulu.
  • Ambil masker dengan cara memegang kaitnya. Cek kondisi masker terlebih dahulu. Apakah masker dalam kondisi baik, tidak ada kerusakan maupun kotor.
  • Pakai masker pada wajah dan selipkan talinya di belakang telinga atau ikat tali di belakang kepala dengan erat. Lalu, sesuaikan masker dengan wajah agar terasa pas saat digunakan.
  • Saat menggunakan masker kain, hindari menyentuhnya. Jika kamu ingin memperbaiki posisi masker, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu.
  • Sebelum melepas masker, cuci tangan terlebih dahulu. Kemudian, lepas masker kain dengan cara membuka tali pengikat dan tarik masker menjauhi wajah.
  • Cuci tangan kembali setelah kamu melepas masker.

 

 

Hal Yang Perlu Dihindari Saat Menggunakan Masker Kain

Tekan Penularan Covid-19, Satgas Kembangkan Masker Kain 5 Lapis / Credit: kumparan.com

Ada pun berbagai hal yang perlu dihindari ketika menggunakan masker kain, sehingga semakin efektif dalam perlindungan virus, adalah

  • Hindari memakai masker di bawah hidung. Atau, menurunkannya hingga ke dagu dan leher.
  • Usahakan untuk tidak melepas masker kain ketika berada di ruang publik. Terutama jika jarak orang yang ada di sekitarmu tidak sampai 1 meter.
  • Tidak berbagi pemakaian masker kain dengan orang lain.
  • Simpan masker dalam wadah atau plastik bersih dan tutup dengan rapat. Tujuannya agar masker tidak kotor untuk pemakaian selanjutnya.
  • Selalu cuci masker dengan sabun atau detergen dan gunakan air panas. Cuci masker sehari sekali.

 

 

 

Featured Image - wired.com

Source - cnnindonesia.com