Manfaat Yoga Dapat Atasi Pegal Selama WFH, Ini Deretan Gerakannya

Manfaat Yoga Dapat Atasi Pegal Selama WFH, Ini Deretan Gerakannya

font size A Ǎ

Selama bekerja di rumah di tengah pandemi, tak jarang rasa lelah menyerang. Terlebih, jika kegiatan sehari- hari dilakukan dengan duduk. Leher, pundak, dan punggung pasti terasa nyeri dan pegal. Masalah- masalah ini sebenarnya wajar saja dialami. Kamu pun dapat mengatasinya dengan mudah, kok.

Salah satunya dengan melakukan gerakan- gerakan dari yoga. Ya, selain sebagai sarana meditasi, manfaat yoga juga dapat kamu rasakan dengan stretching ketika badan mulai pegal- pegal.

Nah, kira- kira apa saja gerakan yoga yang dapat bantu atasi rasa pegal tersebut? berikut ini beberapa contoh gerakan sederhananya! Bisa dilakukan ketika duduk di meja, lho.

 

 

 

5 Gerakan Yoga Untuk Atasi Rasa Pegal Selama WFH

Manfaat Yoga Dapat Atasi Pegal Selama WFH, Ini Deretan Gerakannya

Manfaat Yoga Dapat Atasi Pegal Selama WFH, Ini Deretan Gerakannya / Credit: newsite.pantirapih.or.id

Skandha Chakra (Memutar Bahu)

Gerakan paling mudah tapi efektif ini bisa membantu meringankan rasa pegal dan kaku pada bahu kamu, nih. tak hanya itu, gerakan Skandha Chakra juga dapat mengurangi tekanan pada leher, setelah duduk terlalu lama.

 

Greeva Sanchalana (Menggerakan Leher)

Tahukah kamu kalau saraf di dalam tubuh saling terhubung ke dalam organ yang berbeda dam melewati leher? Inilah salah satu sebab mengapa otot leher dan baju kerap terasa tegang, terutama setelah bekerja dalam waktu lama.

Untuk mengatasinya, lakukan gerakan Greeva Sanchalana yang berfungsi untuk mengurangi ketegangan dan kaku pada leher, kepala, dan daerah baru. Gerakan ini bisa dilakukan sepanjang hari selama bekerja, misalnya saat di meja kerjamu, lho!

 

Manfaat Yoga Dapat Atasi Pegal Selama WFH, Ini Deretan Gerakannya

Manfaat Yoga Dapat Atasi Pegal Selama WFH, Ini Deretan Gerakannya / Credit: economictimes.indiatimes.com

Ardha Matsyendrasana (Setengah Memutar Tulang Belakang)

Ketika melakukan gerakan ini, otot- otot di punggung dan perut akan bergerak. Nah, saat inilah sisi yang satu dengan lainnya saling berkontraksi. Hasilnya, otot punggung akan kembali lentur, rasa nyeri pada pinggang berkurang, dan kejang otot pun dapat teratasi.

Tak hanya itu, gerakan Ardha Marsyendrasana juga dapat mengurangi masalah pada pencernaan. Karena, gerakan ini bisa mengatur sekresi dari kelendar adrenal, hati, pankeras, dan ginjal!

 

Padmasana (Pose Lotus)

Pose Lotus dapat mengurangi tekanan pada tukang belakang dengan merelaksasikan sistem saraf. Pernapasan akan menjadi lebih lambat, lalu ketegangan pada otot dan tekanan darah pun berkurang. Dan, peredaran darah akan mengalir secara normal dari kaki hingga daerah perut.

Biasanya gerakan Padmasana dilakukan sembari berdiri, menekuk satu kaki, dan diletakkan di atas lutut kaki lainnya. Namun, kalau dirasa sulit, kamu bisa melakukannya sembari duduk, kok.

 

Manfaat Yoga Dapat Atasi Pegal Selama WFH, Ini Deretan Gerakannya

Manfaat Yoga Dapat Atasi Pegal Selama WFH, Ini Deretan Gerakannya / Credit: medicalnewstoday.com

Ujjayi Pranayama (Bernapas Secara Perlahan)

Gerakan terakhir, yaitu Ujjayi Pranayama. Gerakan bernapas secara tenang dan perlahan yang bermanfaat untuk sistem saraf dan menenangka pikiranmu.

Ketika menarik napas panjang, rasa rileks akan berfungsi untuk mengurangi rasa stres. Bahkan, cara ini juga bisa dilakukan sebelum tidur, sehingga kamu lebih mudah terlelap.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah mengetahui ya berbagai gerakan yoga yang bermanfaat untuk mengurangi rasa pegal dan lelah pada tubuh. Selamat mencoba!

 

Featured Image - bigthink.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!