5 Pola Asuh Generasi Z yang Perlu Diterapkan Ketika Di Rumah Selama PSBB

5 Pola Asuh Generasi Z yang Perlu Diterapkan Ketika Di Rumah Selama PSBB

font size A Ǎ

Pandemi Covid-19 memang memberikan banyak tantangan bagi seluruh masyarakat. Tak terkecuali orangtua. Pasalnya, segala aktivitas termasuk proses belajar anak dilakukan di rumah. Begitu, pula dengan kebijakan work from home yang mesti dijalani orangtua.

Bak menyelam sembari minum air. Bagi orangtua yang harus bekerja di rumah sekaligus memantau anak yang menjalani school from home, tentu prioritasmu akan bersaing dengan kewajiban pribadi. Hal ini pun bisa menyulitkan orangtua dalam menentukan berbagai keputusan, misalnya dalam hal membagi fokus pekerjaan kantor dengan anak yang sekolah di rumah.

Semakin muda usia anak – bisa dibilang sebagai generasi Z – mereka akan lebih membutuhkan pendampingan darimu, lho. Tapi tenang! Ada 5 pola asuh yang bisa kamu terapkan pada anak generasi Z selama pandemi.

Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

 

5 Pola Asuh Anak Generasi Z Selama Pandemi

5 Pola Asuh Generasi Z yang Perlu Diterapkan Ketika Di Rumah Selama PSBB

5 Pola Asuh Generasi Z yang Perlu Diterapkan Ketika Di Rumah Selama PSBB / Credit: tribunnews.com

Waktu Bermain

Anak- anak, termasuk generasi Z, menganggap bahwa bermain merupakan cara belajar paling menyenangkan. Dari bermain, si kecil bisa menemukan keterampilan yang nantinya dapat dikembangkan.

Agar maksimal, tanyakan pada anak mengenai jadwal bermainnya selama school from home dan jenis permainan apa yang ia inginkan.

 

Pelajaran Akademis

Banyak anak yang mudah berkembang jika ia memilki gaya belajar yang sistematis. Seperti, memiliki suasana mirip sekolah ketika ia menjalani school from home. Nah, orangtua bisa wujudkan hal ini ya!

Misalnya dengan mendirikan meja serta bangku untuk menaruh buku- buku pelajaran anak. Atau, minta anak untuk mengenakan seragam sekolah, membawa tas selayaknya pergi ke sekolah, hingga memposisikan diri sebagai guru di sekolah si kecil.

 

5 Pola Asuh Generasi Z yang Perlu Diterapkan Ketika Di Rumah Selama PSBB

5 Pola Asuh Generasi Z yang Perlu Diterapkan Ketika Di Rumah Selama PSBB / Credit: dollarshaveclub.com

Waktu di Luar Ruangan

Meski selama pandemi mengharuskan kita semua berada di dalam rumah, tapi ajak anak untuk pergi ke luar ruangan, setidaknya selama satu atau dua jam. Habiskan waktu di luar ruangan dengan mengajak anak menyiram tanaman, atau membuat aktivitas seru di halaman rumah.

Dengan begitu, si kecil tetap bisa terkena paparan sinar matahari yang baik bagi kesehatannya. Dan merasa tak bosan berada di rumah saja.

 

Aktivitas Di Rumah

Lakukan bonding bersama anak, seperti mengajaknya masak bersama, membersihkan kamar, berkebun, atau merapihkan benda- benda di rumah. Hal ini bisa melatih anak semakin terampil dalam melakukan berbagai hal, dan membuatnya merasa senang karena dapat memberi kontribusi.

 

5 Pola Asuh Generasi Z yang Perlu Diterapkan Ketika Di Rumah Selama PSBB

5 Pola Asuh Generasi Z yang Perlu Diterapkan Ketika Di Rumah Selama PSBB / Credit: romper.com

Cinta, Kesabaran, dan Kebaikan

Tak hanya orang dewasa saja, tapi anak pun pasti pernah merasa cemas selama pandemi. Pasalnya, pandemi merubah aktivitas sehari- hari secara drastis. Untuk itu, berikan rasa nyaman pada anak, seperti sering mengajak ia berbicara, beri pelukan, atau sekedar memberi sapaan kapan pun kamu melihatnya.

 

 

 

Berdasarkan penjelasan di atas, lima pola asuh tersebut bisa kamu terapkan pada anak, terutama bagi generasi Z selama masa pandemi. Tapi, setelah pandemi usai, diharapkan kamu tetap bisa melakukan pola asuh tersebut bersama anak di rumah!

 

Featured Image - zurich.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!