Masih Demam Gowes, Terapkan Sejumlah Tips Aman Bersepeda Selama PSBB Ini

Masih Demam Gowes, Terapkan Sejumlah Tips Aman Bersepeda Selama PSBB Ini

font size A Ǎ

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang semakin tren selama masa pandemi Covid-19. Terlebih aktivitas bersepeda, yang dianggap dapat meningkatkan imunitas begitu pula dengan stamina tubuh. Tak heran, jika olahraga gowes ini digandrungi hampir seluruh lapisan masyarakat.

Rutin bersepeda dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung, paru- paru, dan sistem peredaran darah dalam tubuh. Bersepeda secara rutin juga dapat menurunkan risiko terkena masalah pada jantung dan pembuluh darah.

Lebih lanjut – aktivitas gowes bisa melatih banyak otot tubuh, lho. Seperti otot perut, paha, betis, dan kaki. Bahkan, bersepeda bisa membantu membakar lemak dan menurunkan risiko obesitas.

Meski demikian, bersepeda pun harus dilakukan secara tepat. Sehingga, ketika melakukannya kamu tetap aman dari penularan Covid-19. Apalagi, jika rute bersepeda yang dipilih berpotensi mengalami keramaian.

Berikut ini langkah tepat bersepeda selama pandemi dan waktu ideal untuk melakukannya.

 

 

 

Waktu Ideal Bersepeda

Masih Demam Gowes, Terapkan Sejumlah Tips Aman Bersepeda Selama PSBB Ini

Masih Demam Gowes, Terapkan Sejumlah Tips Aman Bersepeda Selama PSBB Ini / Credit: bicycling.com

Agar kebugaran tetap terjaga, disarankan untuk berolahraga minimal 2,5 jam dalam seminggu dengan intensitas ringan hingga sedang. Jadi, untuk memenuhi waktu minimal olahraga tersebut, kamu dapat bersepeda selama 30 menit sebanyak 3-5 kali dalam seminggu.

Sesi yang lebih pendek namun rutin, dapat lebih bermanfaat dibanding sesi panjang tetapi dilakukan dalam frekuensi jarang.

Kamu bisa melakukan kegiatan gowes di pagi atau sore hari dengan memperhatikan cuaca. Lebih direkoomendasikan untuk bersepeda di pagi hari, karena udara yang masih segar dan intensitas matahari belum terlalu tinggi.

Ingat – gunakan pakaian yang nyaman saat berolahraga dan pilih bahan yang menyerap keringat, ya.

 

Langkah Meminimalkan Risiko Cedera

Masih Demam Gowes, Terapkan Sejumlah Tips Aman Bersepeda Selama PSBB Ini

Masih Demam Gowes, Terapkan Sejumlah Tips Aman Bersepeda Selama PSBB Ini / Credit: blog.mapmyrun.com

Bersepeda secara rutin memang dapat mendatangkan berbagai manfaat baik untuk tubuh. Tetapi, jika tidak dilakukan dengan tepat, bersepeda bisa menimbulkan risiko cedera.

Oleh karena itu, penting melakukan pemanasan ringan sebelum mulai aktivitas bersepeda, ya. Dan, tetap penuhi cairan tubuh selama berolahraga agar tidak terjadi dehidrasi.

 

Tips Aman Bersepeda Selama Pandemi, Terutama PSBB

Masih Demam Gowes, Terapkan Sejumlah Tips Aman Bersepeda Selama PSBB Ini

Masih Demam Gowes, Terapkan Sejumlah Tips Aman Bersepeda Selama PSBB Ini / Credit: runnersworld.com
  1. Menerapkan protokol kesehatan, seperti jaga jarak, cuci tangan, dan menggunakan masker terutama ketika rute bersepeda sedang ramai. Pilih masker yang mudah menyerap keringat, sehingga tetap nyaman.
  2. Gunakan alat pelindung diri seperti helm, pelindung lutut, dan lampu sepeda.
  3. Bawa hand sanitizer dan gunakan setelah menyentuh benda- benda yang ada di ruang publik.
  4. Membawa air minum untuk mencegah dehidrasi.
  5. Usahakan untuk memilih rute yang sepi. Dan, hindari daerah yang ramai dilalui pesepeda lainnya.
  6. Atur waktu bersepeda, cari waktu di mana tidak banyak orang yang melakukan aktivitas tersebut.
  7. Jika ingin bersepeda bersama, usahakan bareng keluarga atau kerabat satu rumah. Sehingga, risiko penularan virus dapat diminimalisir.
  8. Namun, jika ingin bersepeda dengan kelompok, batasi hanya 5 orang saja.
  9. Setelah selesai, segera pulang ke rumah dan mandi. Hindari kegiatan sosialiasi setelah bersepeda, seperti nongkrong. Pasalnya, kegiatan ini mengharuskan kamu membuka masker dan risiko penularan virus bisa meningkat.

 

 

 

Berdasarkan penjelasan di atas, penting sekali untuk menerapkan berbagai langkah pencegahan penularan virus, termasuk saat bersepeda. Hal ini bertujuan untuk melindungimu dan orang terdekat dari infeksi Covid-19.

 

Featured Image - trainingpeaks.com

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!