Mengenal Arti Integritas dan Cara Menerapkannya Di Dunia Kerja

Mengenal Arti Integritas dan Cara Menerapkannya Di Dunia Kerja

font size A Ǎ

Mungkin kamu sudah tak lagi asing dengan kata “integritas” ya? Kata yang satu ini memang terkenal, terutama di dunia kerja. Bahkan, integritas merupakan hal penting yang mesti dimiliki oleh para karyawan, untuk bantu mencapai karier yang cemerlang.

Integritas dan karier – memiliki hubungan yang erat. Karena, ketika seorang pekerja memiliki integritas, ia cenderung lebih produktif dan selalu termotivasi saat bekerja. Inilah mengapa seseorang dengan integritas tinggi bisa lebih sukses.

Lebih lengkap soal integritas – sebenarnya, apa itu integritas? Dan bagaimana cara menerapkannya di dunia kerja?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

Apa Itu Integritas?

Mengenal Arti Integritas dan Cara Menerapkannya Di Dunia Kerja

Mengenal Arti Integritas dan Cara Menerapkannya Di Dunia Kerja / Credit: earth.com

Integritas adalah suatu tindakan terhormat yang dilakukan seseorang, bahkan ketika tidak ada orang lain yang melihat. Mudahnya – integritas merupakan perbuatan beretika dan terpuji, ketika dilihat atau tidak dilihat siapa pun.

Seseorang dengan integritas tinggi akan selalu melakukan perbuatan sesuai etika moral dan prinsip yang ia miliki. Dengan begitu, saat di lingkungan kantor, ia akan terus bekerja keras dalam menyelesaikan tugasnya secara maksimal. Dan, memperlakukan orang di sekitarnya dengan hormat.

Integritas dalam dunia kerja sangat dibutuhkan, lho. Hal ini juga sebagai pondasi untuk membangun kepercayaan antar karyawan. Seseorang dengan integritas tinggi – lebih sadar akan tanggung jawabnya dan jujur dalam bertindak.

 

 

 

Cara Menerapkan Integritas Di Dunia Kerja

Mengenal Arti Integritas dan Cara Menerapkannya Di Dunia Kerja

Mengenal Arti Integritas dan Cara Menerapkannya Di Dunia Kerja / Credit: inhersight.com

Integritas yang diterapkan di dunia kerja memiliki dampak langsung pada karier. Selain itu, integritas dapat membantumu mendapat peluang promosi jabatan. Tapi sebelumnya, kamu perlu ketahui dulu nih bagaimana cara tepat untuk menerapkan integritas di dunia kerja. Penasaran? Berikut ini di antaranya.

Sikap Semangat Bekerja

Yang pertama, tunjukkan sikap semangat dalam menjalani pekerjaan. Misalnya, dengan datang ke kantor tepat waktu, mengerjakan pekerjaan sesuai tenggat waktu, dan bersemangat ketika sedang menjalani meeting.

Sikap ini tentu dapat memberi kesan positif di kantor. Bahkan, bisa menular ke rekan kerja, lho! Jadi semuanya bisa makin semangat.

 

Hormati Pendapat Orang Lain

Menghargai pendapat orang lain juga termasuk dalam sikap integritas. Ketika berdiskusi, hindari memaksa rekan kerja untuk mengikuti keinginan dan pendapatmu. Tapi sebaliknya, dorong agar tiap orang mau memberikan pendapat dan ide.

 

Berikan Contoh Positif

Sikap positif perlu dilakukan oleh siapa saja yang ada di lingkungan kantor, dari pemimpin hingga karyawan. Ini bisa dilakukan dengan bekerja keras serta menjunjung etika profesi. Jadi, kamu pun bisa memberi yang terbaik untuk perusahaan.

Ketika kamu memberi contoh sikap positif, tentu dapat membuat orang lain jadi tertarik mengikuti jejakmu.

 

Patuhi Aturan yang Berlaku

Seseorang yang memiliki integritas, tentu akan mematuhi segala aturan yang berlaku di perusahaan. Ingat dan pahami bahwa kebijakan perusahaan dibuat untuk kebaikan karyawannya dan meningkatkan profesionalisme.

 

 

 

Nah, itu dia penjelasan mengenai integritas dan bagaimana cara menerapkannya di dunia kerja. Yuk, coba deh mulai sekarang hindari rasa malas dan tingkatkan kemampuan interpersonal. Tujuannya, agar hubungan baik dengan rekan kerja maupun atasan bisa terjalin dengan baik.

 

Featured Image - psychologytoday.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

user photo
Nabila Ananda B - October 7, 2020 at 9:48 AM

Nice info