Musim Hujan Di Tengah Pandemi, Konsumsi Buah dan Sayur Ini Untuk Jaga Imunitas Tubuh!

Musim Hujan Di Tengah Pandemi, Konsumsi Buah dan Sayur Ini Untuk Jaga Imunitas Tubuh!

font size A Ǎ

Musim hujan sudah tiba. Menjelang akhir tahun – memang curah hujan di Indonesia lebih tinggi ketimbang bulan- bulan sebelumnya. Meski demikian, musim hujan tahun ini terasa berbeda. Pasalnya, masyarakat masih dihadapkan dengan pandemi Covid-19 yang terus menginfeksi banyak orang, termasuk yang imunitasnya lemah.

Tak hanya Covid-19 saja, musim hujan pun erat kaitannya dengan kekebalan tubuh. Untuk itu, menjaga imunitas secara ekstra memang diperlukan.

Salah satu menjaga sistem kekebalan tubuh, yaitu rutin mengonsumsi buah dan sayur, terutama yang kaya akan vitamin C dan vitamin B kompleks. Ya, kombinasi keduanya dipercaya dapat meningkatkan sekaligus menjaga daya tahan tubuh. Apalagi, jika kedua vitamin ini dipenuhi secara rutin.

Buah dan sayur – tidak hanya memberi asupan vitamin dan mineral saja, lho. Melainkan sejumlah kandungan baik lainnya, seperti antioksidan, fitoestrogen, dan anti-inflamasi.

Lebih lanjut, berikut ini deretan buah dan sayur yang baik dikonsumsi selama musim hujan, untuk bantu menjaga daya tahan tubuh.

 

 

 

Buah dan Sayur yang Baik Dikonsumsi Selama Musim Hujan

Musim Hujan Di Tengah Pandemi, Konsumsi Buah dan Sayur Ini Untuk Jaga Imunitas Tubuh!

Musim Hujan Di Tengah Pandemi, Konsumsi Buah dan Sayur Ini Untuk Jaga Imunitas Tubuh! / Credit: saga.co.uk

Buah Beri

Kelompok buah beri, seperti raspberry, blackberry, blueberry, dan strawberry kaya akan nutrisi dan vitamin. Di dalamnya terkandung serat, vitamin C, dan mangan yang baik untuk mejaga daya tahan tubuh.

Selain itu, buah beri juga merupakan sumber antioksidan – yang dapat bantu menjaga kadar kolesterol, tekanan darah, dan memelihara fungsi otak.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa jadikan sebagai camilan sehat, topping oatmeal dan yogurt, atau diolah menjadi smoothie.

 

Alpukat

Alpukat – dikenal sebagai buah sumber vitamin B, kalium, serta tinggi lemak tak jenuh tunggal. Sejumlah kandungan tersebut tak hanya baik untuk imunitas saja, melainkan mampu melindungi dari penyakit jantung, dan menurunkan tekanan darah.

Konsumsi alpukat dengan sepotong roti bakar, atau dimasukkan dalam salad sayur. Apapun pilihanmu untuk mengonsumsi alpukat – manfaatnya pasti dapat dirasakan.

 

Musim Hujan Di Tengah Pandemi, Konsumsi Buah dan Sayur Ini Untuk Jaga Imunitas Tubuh!

Musim Hujan Di Tengah Pandemi, Konsumsi Buah dan Sayur Ini Untuk Jaga Imunitas Tubuh! / Credit: parenting.firstcry.com

Prune

Tahukah kamu buah prune? Buah yang sering disebut sebagai plum kering ini merupakan sumber zinc yang baik untuk tubuh. Zinc – juga berperan dalam memelihara imunitas tubuh. Kalau kamu mengalami defisiensi alias kekurangan zinc, tubuh mudah merasa lemah dan lesu.

Selain zinc – prune mengandung vitamin A, vitamin B, dan vitamin K yang diperlukan dalam proses pembekuan darah, sehingga luka dapat sembuh secara sempurna.

 

Bayam

Sayur hijau yang cocok dijadikan sup ini dikenal sebagai sayur padat nutrisi. Pasalnya, bayam mengandung sejumlah vitamin baik, seperti vitamin C, kalsium, kalium, magnesium, asam folat, dan zinc. Sejumlah kandungan tersebut – memiliki peran penting dalam memelihara daya tahan tubuh, sekaligus membantu tubuh dalam pembentukan sel darah merah.

 

Jamur

Jamur – sumber potassium, magnesium, kalsium, folat, dan selenium yang baik untuk kesehatan fisik dan mentak. Selenium, merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh dan memiliki peran penting, agar sistem kekebalan tubuh bisa bekerja dengan optimal.

Kekurangan potasium, dapat membuat seseorang berpikir lebih negative, dan meningkatkan perasaan tertekan.

 

 

 

Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Selama Musim Hujan

Musim Hujan Di Tengah Pandemi, Konsumsi Buah dan Sayur Ini Untuk Jaga Imunitas Tubuh!

Musim Hujan Di Tengah Pandemi, Konsumsi Buah dan Sayur Ini Untuk Jaga Imunitas Tubuh! / Credit: integrisok.com

Tidak hanya dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur, agar daya tahan tubuh tetap terjaga, terlebih selama musim hujan di tengah pandemi – ada tips lain yang mesti kamu terapkan, yaitu:

  • Pastikan makanan yang kamu konsumsi bersih dan sehat. Kalau bisa, masak di rumah. Tetapi jika terpaksa membeli, pastikan restoran yang kamu pilih sudah terjamin kebersihannya.
  • Jaga tubuh tetap terhidrasi. Minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.
  • Rutin cuci tangan dengan air mengalir dan sabun.
  • Lakukan olahraga secara rutin. Kamu bisa lakukan olahraga indoor, atau outdoor. Tapi, pastikan cuacanya mendukung, ya.
  • Istirahat yang cukup. Usahakan untuk tidur 7-8 jam dalam semalam.
  • Penuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin setiap hari.

Kebutuhan vitamin – dapat dipenuhi dengan mengonsumsi sejumlah sumber makanan, termasuk buah dan sayur yang sudah disebutkan di atas. Diutamakan, konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, ya. Karena, vitamin C kaya antioksidan yang mampu menjaga kesehatan tubuh.

Mudahnya – kamu bisa penuhi kebutuhan vitamin C dengan minum multivitamin Enervon-C setiap hari. Kombinasi kandungan Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat dapat bantu jaga daya tahan tubuh, agar kamu tidak mudah sakit.

Dan, Enervon-C juga berkhasiat untuk membantu proses metabolisme. Jadi, makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks, ya.

Buat kamu yang memiliki aktivitas padat – bisa konsumsi Enervon Active dengan tambahkan kandungan Zinc. Untuk bantu jaga daya tahan tubuh, sekaligus membuatmu tetap aktif dan tidak mudah lelah seharian!

 

Berdasarkan penjelasan di atas, mengonsumsi sejumlah buah dan sayur tertentu selama musim hujan memang diperlukan. Ingat, imbangi pula dengan gaya hidup sehat dan menerapkan tips kesehatan lainnya, agar daya tahan tubuh tetap terjaga!

 

Featured Image - healthline.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!