Kekebalan Tubuh Penting Selama Pandemi, Ini 6 Faktor yang Dapat Pengaruhinya

Kekebalan Tubuh Penting Selama Pandemi, Ini 6 Faktor yang Dapat Pengaruhinya

font size A Ǎ

Sistem kekebalan tubuh memiliki peran untuk mendeteksi dan menyerang zat asing yang masuk ke dalam tubuh. Zat asing atau patogen – dapat berupa virus, kuman, dan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit. Patogen tersebut lebih mudah menyerang individu dengan imunitas lemah, termasuk Covid-19.

Untuk itu, menjaga sistem kekebalan tubuh tetap optimal mesti dilakukan agar tidak mudah terserang penyakit.

Terlebih soal berbagai faktor yang mungkin memengaruhi imunitas tubuh – ini wajib diperhatikan. Misalnya, tidur, diet, tingkat stres, hingga kebersihan. Pasalnya, berbagai faktor ini kerap kali disepeledan dan luput dari perhatian kamu.

Lebih lanjut mengenai berbagai faktor yang dapat memengaruhi imunitas tubuh, berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

6 Faktor yang Berpengaruh Pada Imunitas Tubuh

Kekebalan Tubuh Penting Selama Pandemi, Ini 6 Faktor yang Dapat Pengaruhinya

Kekebalan Tubuh Penting Selama Pandemi, Ini 6 Faktor yang Dapat Pengaruhinya / Credit: treehugger.com

Lingkungan

Yang pertama, yaitu faktor lingkungan. Beberapa aktivitas sistem imun, seperti eliminasi bakteri, jamur, dan virus dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Lingkungan yang kurang bersih dan sehat, lebih mudah membuat imunitas lemah.

 

Pola Tidur

Sistem kekebalan tubuh juga dipengaruhi oleh pola tidur. Jika tubuhmu tidak memiliki waktu istirahat yang cukup, maka imunitas lebih mudah menurun. Sebuah studi menunjukkan bahwa tubuh akan mengalami penurunan kadar hormon stres kortisol ketika tidur dan hal ini dapat membuat imun tubuh bekerja lebih baik.

 

Kekebalan Tubuh Penting Selama Pandemi, Ini 6 Faktor yang Dapat Pengaruhinya

Kekebalan Tubuh Penting Selama Pandemi, Ini 6 Faktor yang Dapat Pengaruhinya / Credit: health.kompas.com

Kebersihan

Meski sebagian besar orang merasa percaya diri akan kebersihan yang dimiliki, tetapi sebuah studi menemukan bahwa hanya ada 67 persen orang yang benar- benar mencuci tangan dengan baik dan benar, dari 85 persen orang yang cuci tangan setelah menggunakan toilet.

Berbagai aktivitas lain juga mengharuskanmu cuci tangan setelahnya, seperti sesudah memegang uang, bersin dan batuk, atau menyentuh berbagai benda di ruang publik.

Direkomendasikan untuk cuci tangan selama 20 detik dengan air mengalir dan sabun.

 

Nutrisi dari Makanan

Buah dan sayur – jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Keduanya dapat menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh.

Terlebih, buah dan sayur yang kaya akan vitamin C, vitamin E, vitamin B kompleks, dan zinc yang penting untuk memelihara sistem kekebalan tubuh. Sebaliknya, hindari makanan tinggi lemak dan gula yang kerap ditemui pada makanan cepat saji.

 

Kekebalan Tubuh Penting Selama Pandemi, Ini 6 Faktor yang Dapat Pengaruhinya

Kekebalan Tubuh Penting Selama Pandemi, Ini 6 Faktor yang Dapat Pengaruhinya / Credit: caredise.com

Usia

Berbagai sumber menjelaskan bahwa usia merupakan faktor yang ikut memengaruhi imunitas tubuh. semakin bertambahnya usia, maka semakin menurun pula aktivitas sel- sel imun dalam tubuh. Ketika beranjak tua, sel imun, termasuk kemampuan produksi protein untuk melawan infeksi virus akan menurun.

 

Stres

Faktor yang turut memengaruhi imunitas tubuh, yaitu stres. Hal ini cukup menjadi tantangan, mengingat banyaknya aktivitas dan beban harian yang mudah membuatmu lelah dan merasa tertekan. Rasa lelah, dapat meningkatkan kadar hormon stres, yaitu kortisol. Kondisi inilah yang akhirnya menyebabkan imunitas tubuh melemah. akibatnya – stres akan ikut memengaruhi pola makan, siklus tidur, suasana hati, dan asupan makanan.

Semua hal tersebut tentu berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh.

 

 

 

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kekebalan Tubuh Penting Selama Pandemi, Ini 6 Faktor yang Dapat Pengaruhinya

Kekebalan Tubuh Penting Selama Pandemi, Ini 6 Faktor yang Dapat Pengaruhinya / Credit: blog.myfitnesspal.com

Agar imunitas tubuh tetap terjaga, ada sejumlah cara yang dapat kamu lakukan. Hal ini juga dapat meminimalisir risiko terjadinya infeksi di dalam tubuh. Berikut ini cara yang bisa dilakukan:

  • Menjaga kebersihan, dengan rutin cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun.
  • Istirahat yang cukup.
  • Olahraga secara teratur.
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh, minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya.
  • Perhatikan pola makan, usahakan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi setiap harinya.
  • Kelola stres dengan baik.
  • Penuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin setiap harinya.

Berkaitan dengan kebutuhan vitamin – salah satu salah satu vitamin yang penting dipenuhi adalah vitamin C. Pasalnya, vitamin C mengandung antioksidan, yang mampu menangkal sejumlah zat asing berbahaya bagi tubuh, termasuk radikal bebas.

Kebutuhan vitamin C dapat dipenuhi dengan mengonsumsi sayur seperti bayam, brokoli dan kangkung. Atau, buah seperti jeruk, jambu biji, pepaya, dan stroberi.

Untuk lebih mudahnya – kamu bisa peroleh vitamin C dengan minum multivitamin Enervon-C setiap hari. Kombinasi kandungan Vitamin C 500 mg dan Vitamin B kompleks nya dapat bantu jaga daya tahan tubuh, agar kamu tidak mudah sakit.

Dan, Enervon-C juga berkhasiat untuk membantu proses metabolisme. Jadi, makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks, ya.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya mengenai faktor yang dapat memengaruhi sistem imunitas tubuh, terlebih selama pandemi. Ingat, imunitas merupakan perlindungan utama bagi tubuh, sehingga menjaganya tetap optimal mesti dilakukan!

 

Featured Image - marcellepick.com

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!