5 Alasan Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari. Bisa Bantu Jaga Imunitas, Lho!

5 Alasan Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari. Bisa Bantu Jaga Imunitas, Lho!

font size A Ǎ

Vitamin C – merupakan vitamin yang sudah dikenal dengan manfaatnya dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin C termasuk dalam jenis nutrisi dalam air yang tidak diproduksi oleh tubuh. Jadi, memenuhi kebutuhan vitamin C per hari penting dilakukan.

Terlepas dari perannya dalam menjaga kekebalan tubuh, vitamin C juga diperlukan untuk perkembangan dan menjaga fungsi kerja organ tubuh lainnya. Bahkan, vitamin C dapat dijadikan sebagai asupan nutrisi pelengkap yang bermanfaat.

Ya, dari sejumlah manfaat vitamin C tersebut, semuanya memiliki kaitan dengan imunitas tubuh. Hindari menyepelekan ini, ya! Pasalnya, imunitas tubuh sangatlah penting. Apalagi, selama pandemi Covid-19. Dengan imunitas yang kuat, maka risiko terinfeksi virus pun menurun.

Masih berkaitan dengan memenuhi kebutuhan vitamin C per hari – mengapa hal ini penting untuk dilakukan? Berikut ini sejumlah alasan yang mesti kamu ketahui!

 

 

 

Alasan Penting Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari

5 Alasan Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari. Bisa Bantu Jaga Imunitas, Lho!

5 Alasan Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari. Bisa Bantu Jaga Imunitas, Lho! / Credit: fiveoaksfarmal.com

Setiap orang, mulai dari anak-anak, orang dewasa, bahkan hingga ibu hamil dan menyusui pun perlu memenuhi kebutuhan vitamin C per harinya. Karena, vitamin C memiliki berbagai peran penting dan manfaat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Ada pun sejumlah manfaat tersebut, di antaranya:

  • Yang pasti – meningkatkan dan memelihara daya tahan tubuh, serta dapat membantu proses pemulihan. Berbagai penyakit seperti flu dan batuk, dapat dicegah dengan memenuhi kebutuhan vitamin C per hari.
  • Vitamin C mengandung antioksidan, yang berperan untuk membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Jadi, dapat menurunkan risiko kanker, dan penyakit jantung.
  • Vitamin C mampu meningkatkan penyerapan zinc dari makanan. Penyerapan zinc yang optimal – mampu mendukung sistem kekebalan tubuh juga.
  • Vitamin C bisa membantu menjaga kesehatan tulang rawan, tulang, dan gigi. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta mencegah terjadinya serangan stroke.
  • Berperan dalam produksi kolagen – protein yang dibutuhkan untuk membantu proses penyembuhan luka, dan memperlambat proses penuaan dini.

 

Waktu Tepat Mengonsumsi Vitamin C

5 Alasan Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari. Bisa Bantu Jaga Imunitas, Lho!

5 Alasan Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari. Bisa Bantu Jaga Imunitas, Lho! / Credit: thehealthy.com

Setelah mengetahui sejumlah alasan penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin C per hari, kini kamu juga mesti memahami kapan saja waktu yang tepat untuk mengonsumsi vitamin C, sehingga penyerapan dan manfaatnya makin optimal.

Jika kamu memenuhi kebutuhan vitamin C per hari dari multivitamin dan suplemen, dianjurkan untuk mengonsumsinya pada sejumlah waktu berikut:

  • Di pagi hari, misalnya 30 menit sebelum makanan. Atau, 2 jam sesudah makan, agar makanan sudah dicerna dahulu.
  • Jika kamu memiliki pencernaan sensitif, bisa dikonsumsi bersama dengan makanan, ya.
  • Konsumsi vitamin C dengan makanan tinggi zinc, agar penyerapannya semakin optimal.
  • Kalau kamu memiliki masalah sulit tidur, sebaiknya hindari konsumsi vitamin C di malam hari.

 

Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari

5 Alasan Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari. Bisa Bantu Jaga Imunitas, Lho!

5 Alasan Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari. Bisa Bantu Jaga Imunitas, Lho! / Credit: jovee.id

Sejatinya – vitamin C bisa kamu temukan di berbagai sumber makanan, seperti buah dan sayuran. Buah yang mengandung vitamin C, yaitu jeruk, stroberi, kiwi, apel, pepaya, jambu biji, dan mangga. Sedangkan, vitamin C dalam sayuran bisa ditemui pada bayam, kale, kembang kol, brokoli, dan kubis.

Namun sayangnya, dengan mengonsumsi sejumlah sumber makanan di atas, belum tentu dapat memenuhi kebutuhan vitamin C per hari, lho! Lalu, apa yang bisa dilakukan?

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C, untuk bantu memenuhi kebutuhan vitamin C per hari. Cara ini pun lebih praktis, cocok untuk kamu yang memiliki berbagai aktivitas padat setiap harinya.

Mengapa kamu direkomendasikan untuk minum Enervon-C setiap hari?

Karena, Enervon-C mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat dalam Enervon-C dapat menjaga imunitas tubuh, sehingga daya tahan tubuh tetap dalam kondisi optimal.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dapat bantu proses metabolisme. Jadi, makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi energi tahan lama!

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, memenuhi kebutuhan vitamin C per hari penting dilakukan, ya. Jadi, daya tahan tubuhmu tetap terjaga dan kamu terhindar dari paparan virus yang berbahaya!

 

Featured Image - avogel.co.uk


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!