Makin PeDe Saat Interview Lewat Video Call, Terapkan Tips Ini!

Makin PeDe Saat Interview Lewat Video Call, Terapkan Tips Ini!

font size A Ǎ

Pandemi Covid-19 mengharuskan sebagian besar orang untuk melakukan aktivitasnya di rumah. Hal ini pun berlaku bagi pekerja yang mesti work from home. Lalu, bagaimana dengan seseorang yang sedang mencari pekerjaan dan harus melakukan interview kerja?

Ya, tentu wawancara kerja jadi dilakukan secara online, melalui video call. Meski terlihat lebih santai, tapi ternyata wawancara online bukan perkara mudah bagi beberapa orang, lho. Terkadang, rasa percaya diri pun berkurang, karena adanya ketakutan tersendiri mengenai kendala yang mungkin terjadi.

Tapi, kamu nggak perlu khawatir lagi! Karena di sini akan ada sejumlah tips yang dapat membantumu menumbuhkan rasa percaya diri ketika wawancara online. Penasaran apa saja tips tersebut?

Simak ulasannya berikut ini.

 

 

 

5 Tips Percaya Diri Ketika Wawancara Online

Makin PeDe Saat Interview Lewat Video Call, Terapkan Tips Ini!

Makin PeDe Saat Interview Lewat Video Call, Terapkan Tips Ini! / Credit: yogajournal.com

Melakukan Teknik Pernapasan

Merasa gugup sebelum melakukan wawancara online? Coba deh berlatih pernapasan terlebih dahulu. Hal ini dapat membantu kamu berpikir lebih jernih dan merasa lebih tenang.

Caranya, duduk dengan posisi tegak di kursi, tarik napas dalam- dalam melalui hidung. Kemudian, tahan sejenak dan buang napas hingga hitungan tiga atau lebih. Kamu bisa melakukannya berulang kali selama 10 detik, agar merasa lebih rileks.

 

Berbicara Di Depan Cermin

Agar semakin percaya diri ketika wawancara online, kamu harus bisa berkomunikasi dengan baik. Jangan sampai, karena kurang pede pesan yang kamu sampaikan jadi tidak jelas dan terlalu bertele- tele.

Untuk itu, disarankan melakukan self talk sebelum mulai wawancara. Cara ini dipercaya dapat memberi rasa percaya diri tambahan, lho. Kamu hanya perlu berdiri di depan cermin dan perhatikan mimik wajahmu. Kemudian, mulai berbicara secara jelas, tanpa harus terburu- buru.

Ya, anggap saja kamu sedang berbicara dengan keluarga atau teman dekat kamu sendiri.

 

Makin PeDe Saat Interview Lewat Video Call, Terapkan Tips Ini!

Makin PeDe Saat Interview Lewat Video Call, Terapkan Tips Ini! / Credit: straitstimes.com

Konsentrasi dan Bicara Dengan Tempo Rendah

Tak perlu terlalu cemas dan takut salah ketika wawancara online, ya. Karena, hal ini hanya dapat membuatmu merasa semakin tidak percaya diri.

Agar bisa berkonsentrasi, kamu bisa menggunakan ritme pernapasan yang tepat. Jadi, ketika wawancara nanti, kamu bisa berbicara dengan tempo yang rendah dan tidak terlalu cepat. Selain itu, usahakan untuk menyampaikan pesan secara baik dan jelas, ya.

 

Akrabkan Diri Dengan Pewawancara

Merasa gugup untuk memulai pembicaraan ketika wawancara online – merupakan hal yang wajar. Tapi, alangkah baiknya kamu bisa bersikap tenang, sehingga rasa percaya diri pun dapat meningkat.

Kamu tak perlu berusaha terlalu berlebihan agar pewawancara terkesan padamu. Usahakan untuk bersikap menyenangkan dan lebih mengakrabkan diri – caranya, cukup jadi pendengar yang baik saja!

 

Makin PeDe Saat Interview Lewat Video Call, Terapkan Tips Ini!

Makin PeDe Saat Interview Lewat Video Call, Terapkan Tips Ini! / Credit: successconsciousness.com

Berpikir Positif

Terlepas dari wawancara online yang kerap membuatmu panik. Sekarang, sudah waktunya kamu berpikir lebih positif mengenai wawancara itu sendiri. Coba, bayangkan dirimu sukses pada sesi wawancara yang akan dilakukan.

Usahakan untuk memiliki keyakinan kuat kalau kamu adalah kandidat yang baik dan patut dipertimbangkan.

Cara ini dapat membantu kamu merasa lebih tenang sebelum melakukan wawancara, sekaligus meningkatkan rasa percaya diri.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya mengenai tips agar percaya diri meski kamu melakukan wawancara secara online. Selamat mencoba!

 

Featured Image - jobstreet.com.ph

Source - popmama.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!