Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari, Benarkah Bisa Cegah Anemia?

Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari, Benarkah Bisa Cegah Anemia?

font size A Ǎ

Anemia merupakan kondisi kesehatan yang kerap terjadi di kalangan masyarakat. Ketika mengalami anemia – kamu cenderung mudah lelah, kulit menjadi pucat, sering merasa pusing dan sakit kepala, serta tangan dan kaki dingin. Sejumlah gejala tersebut tentu tidak lagi asing, ya.

Anemia sendiri diakibatkan tubuh yang kekurangan sel darah merah, sehingga oksigen tak dapat diedarkan ke seluruh jaringan tubuh. Anemia – dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya kekurangan kebutuhan vitamin C per hari.

Seperti kebanyakan vitamin lainnya, tubuh kamu tidak bisa memproduksi vitamin C secara alami. Kebutuhan vitamin C per hari, umumnya diperoleh melalui sejumlah sumber makanan kaya vitamin C dan suplemen.

Untuk itu, memenuhi kebutuhan vitamin C per hari penting untuk dilakukan – termasuk untuk mencegah anemia.

Lalu, sebenarnya apa peran vitamin C dalam mencegah anemia? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

Peran Vitamin C Dalam Mencegah Anemia

Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari, Benarkah Bisa Cegah Anemia?

Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari, Benarkah Bisa Cegah Anemia? / Credit: medicalnewstoday.com

Anemia bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi vitamin C setiap harinya. Pasalnya, vitamin C berperan untuk meningkatkan penyerapan zat besi – yang juga berperan dalam memproduksi hemoglobin, bagian sel darah merah pembawa oksigen.

Jadi, secara tidak langsung vitamin C pun turut mengambil andil dalam produksi sel darah merah. Yang artinya – tidak memenuhi kebutuhan vitamin C per hari dapat meningkatkan risiko anemia.

Selain anemia, kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan daya tahan tubuh yang menurun – sehingga risiko terkena penyakit lebih tinggi, serta mengganggu kemampuan tubuh kamu dalam menyerap sejumlah vitamin lainnya.

 

Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari, Dapat Bantu Produksi Sel Darah Merah

Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari, Benarkah Bisa Cegah Anemia?

Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari, Benarkah Bisa Cegah Anemia? / Credit: theconversation.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memenuhi kebutuhan vitamin C per hari dapat membantu penyerapan dan penyimpanan zat besi dalam tubuh, sehingga mengonsumsi vitamin C dapat meningkatkan kadar hemoglobin – ini karena zat besi tersebut akan diubah jadi sel darah.

Mengonsumsi vitamin C bersamaan dengan zat besi dapat mengatasi berbagai jenis anemia. Untuk itu, kamu sangat disarankan memilih sumber makanan yang kaya akan vitamin C untuk meningkatkan penyerapan zat besi.

 

Sumber Vitamin C Terbaik

Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari, Benarkah Bisa Cegah Anemia?

Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Per Hari, Benarkah Bisa Cegah Anemia? / Credit: blog.watson-inc.com

Sejatinya, kamu dapat menemukan kandungan vitamin C pada buah dan sayur. Untuk buah kaya akan vitamin C – kamu bisa mengonsumsi:

  • Jeruk
  • Jambu biji
  • Buah lemon
  • Pepaya
  • Kiwi
  • Strawberry
  • Blueberry
  • Nanas
  • Leci
  • Mangga

Sedangkan, untuk sayur kamu bisa temukan kandungan vitamin C pada jenis sayur yang mudah ditemukan seperti berikut:

  • Cabai merah
  • Kangkung
  • Brokoli
  • Kale
  • Paprika merah dan hijau
  • Kubis
  • Bayam
  • Kembang kol

Yang perlu kamu ketahui – kamu mesti memperhatikan proses pengolahan sayuran yang mengandung vitamin C. Jika tidak, kandungan vitaminnya justru dapat hilang. Pastikan, kamu mengolah sayur dengan suhu rendah dan tambahkan sedikit air untuk mengurangi risiko vitamin C yang terbuang.

Untuk mudahnya, kamu dapat bantu memenuhi kebutuhan vitamin C per hari dengan minum suplemen. Kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon-C setiap hari, nih. Mengapa mesti Enervon-C?

Karena, Enervon-C mengandung sejumlah vitamin yang baik untuk tubuh – seperti Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – untuk bantu jaga daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah sakit.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C – terlebih vitamin B12 – dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh mendapat energi yang lebih tahan lama. Dan, vitamin B12 pun juga berperan dalam pembentukan sel darah merah – tentu, ini dapat bantu cegah kamu mengalami anemia.

Kamu bisa mengonsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – yang mengandung Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C 1000 mg dan memiliki sensasi segar.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Dari penjelasan di atas, memenuhi kebutuhan vitamin C per hari memang penting dilakukan untuk mencegah anemia, ya. Kamu bisa penuhi kebutuhan tersebut dengan mengonsumsi sejumlah sumber makanan kaya vitamin C, serta dibantu dengan minum Enervon-C setiap hari!

 

Featured Image - tasteofhome.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!