Vitamin C: Salah Satu Nutrisi Penting Untuk Cegah Demam Berdarah

Vitamin C: Salah Satu Nutrisi Penting Untuk Cegah Demam Berdarah

font size A Ǎ

Memasuki musim hujan ancaman penyakit Demam Berdarah Dengue mulai mengintai. Di Indonesia – demam berdarah bukanlah penyakit yang asing. Meski demikian, bahaya dari penyakit ini tentu tidak boleh disepelekan.

Untuk itu, berbagai langkah pencegahan pun mesti dilakukan. Yang paling sering dianjurkan, masyarakat perlu membersihkan berbagai bak atau tempat penyimpanan air, rutin membersihkan pekarangan rumah, atau melakukan fogging. Deretan langkah ini – dapat menghindari nyamuk berkembang biak.

Tetapi, masih ada cara lain dalam mencegah demam berdarah – yaitu memenuhi kebutuhan vitamin C per hari. Yang satu ini mungkin masih jarang diketahui, ya?

Lalu, mengapa memenuhi kebutuhan vitamin C penting untuk mencegah demam berdarah? Dan dari sumber makanan apa saja vitamin C dapat diperoleh?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

Peran Vitamin C Dalam Mencegah Demam Berdarah

Vitamin C: Salah Satu Nutrisi Penting Untuk Cegah Demam Berdarah

Vitamin C: Salah Satu Nutrisi Penting Untuk Cegah Demam Berdarah / Credit: gooddoctor.co

Seperti yang sudah diketahui – vitamin C merupakan nutrisi yang berperan untuk melindungi tubuh dari paparan virus, bakteri, dan kuman penyebab penyakit. Kebutuhan vitamin C mesti dipenuhi tiap harinya, karena vitamin C tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh.

Demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus – dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti – artinya, vitamin C mampu untuk mencegah hingga mengobati demam berdarah. Jadi, untuk pasien demam berdarah bisa diberikan vitamin C dalam dosis yang tinggi agar proses pemulihan lebih cepat.

Hal tersebut sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2007. Peneliti menganalisis efek vitamin C dalam merawat pasien demam berdarah. Dari 100 pasien yang mendapat asupan vitamin C – mengalami peningkatan trombosit yang lebih signifikan, dibanding pasien yang tidak mengonsumsi vitamin C.

 

Meningkatkan Asupan Vitamin C Untuk Mencegah Demam Berdarah

Vitamin C: Salah Satu Nutrisi Penting Untuk Cegah Demam Berdarah

Vitamin C: Salah Satu Nutrisi Penting Untuk Cegah Demam Berdarah / Credit: budwigcenter.com

Sejatinya, vitamin C dapat ditemukan pada sumber makanan sehat seperti buah dan sayur. Tetapi, dari sekian banyaknya sumber makanan tersebut – jambu biji merupakan sumber vitamin C paling tinggi. Di Indonesia, jambu biji pun tidak sulit ditemukan.

Jambu bji memiliki peran untuk meningkatkan trombosit darah, sekaligus menjaga daya tahan tubuh dalam melawan infeksi virus demam berdarah. Selain itu, jambu biji mengandung flavonoid – berfungsi untuk menghambat virus berkembang dalam tubuh.

 

Sumber Vitamin C Lainnya

Vitamin C: Salah Satu Nutrisi Penting Untuk Cegah Demam Berdarah

Vitamin C: Salah Satu Nutrisi Penting Untuk Cegah Demam Berdarah / Credit: zoomtventertainment.com

Tidak hanya jambu biji, kamu dapat menemukan sejumlah sumber makanan lainnya yang kaya akan vitamin C. Di antaranya:

  • Jeruk
  • Kiwi
  • Pepaya
  • Mangga
  • Strawberry
  • Blueberry
  • Nanas
  • Kale
  • Brokoli
  • Kubis
  • Kembang kol
  • Bayam

Lebih mudahnya – kamu dapat mengonsumsi multivitamin untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Kamu direkomendasikan untuk minum Enervon-C.

Enervon-C mengandung sejumlah vitamin baik, seperti Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat bantu jaga daya tahan tubuhmu, biar tidak mudah sakit.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C – dapat optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat energi yang lebih tahan lama.

Nah, kamu bisa minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg. Atau, jika ingin lebih maksimal, minum Enervon-C Effervescent – mengandung Vitamin C 1000 mg dan bisa memberi sensasi segar, lho!

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, memenuhi kebutuhan vitamin C untuk mencegah penyakit demam berdarah memang diperlukan, ya. Meningkat, sekarang sudah memasuki musim hujan – artinya kamu mesti lebih giat dalam menjaga daya tahan tubuh.

Ingat, daya tahan tubuh yang optimal adalah kunci agar tubuh tetap sehat!

 

Featured Image - kishmishorganic.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!