Perlengkapan Cuci Tangan Untuk Anak, Begini Tips Dalam Memilihnya

Perlengkapan Cuci Tangan Untuk Anak, Begini Tips Dalam Memilihnya

font size A Ǎ

Mencegah penularan virus corona dapat dilakukan dengan berbagai cara – salah satunya rutin cuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Agar perlindungan maksimal, cuci tangan pun harus dilakukan secara tepat, dengan durasi minimal 20 detik.

Langkah pencegahan penularan virus dengan cuci tangan berlaku bagi siapa saja, termasuk anak- anak. Oleh karena itu, para ahli medis meminta para orangtua untuk mengajarkan anak- anak cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Cara mengajari anak cuci tangan – bisa diawali dengan memberinya sejumlah perlengkapan cuci tangan. Tapi, dalam memilih perlengkapan tersebut, setidaknya ada lima hal yang mesti kamu perhatikan dan terapkan.

Apa saja hal tersebut? Berikut ulasannya.

 

 

 

5 Cara Memilih Perlengkapan Cuci Tangan Untuk Anak

Perlengkapan Cuci Tangan Untuk Anak, Begini Tips Dalam Memilihnya

Perlengkapan Cuci Tangan Untuk Anak, Begini Tips Dalam Memilihnya / Credit: id.theasianparent.com

Mudah Dijangkau

Yang pertama, kamu mesti memastikan bahwa tempat cuci tangan mudah dijangkau anak- anak. Misalnya, letakkan wastafel lebih rendah, jadi anak tidak kesulitan ketika cuci tangan. Atau, kamu bisa siasati dengan menaruh bangku di bawah wastafel sebagai pijakan.

 

Tampilan Menarik

Agar si kecil semakin semangat mencuci tangan, berikan ia berbagai perlengkapan yang menarik perhatian. Sekarang, sudah banyak produk cuci tangan menarik yang beredar di pasaran, kok. Jadi, kamu tak perlu repot mencarinya.

Gunakan sabun sesuai aroma atau warna favorit anak, termasuk memilih handuk dengan berbagai karaktek kesukaan si kecil.

 

Perlengkapan Cuci Tangan Untuk Anak, Begini Tips Dalam Memilihnya

Perlengkapan Cuci Tangan Untuk Anak, Begini Tips Dalam Memilihnya / Credit: thewittygrittylife.com

Aman dan Nyaman

Selain memperhatikan tampilan produk cuci tangan, kamu mesti menyesuaikan perlengkapan cuci tangan dengan kondisi anak. Masing- masing anak pasti memiliki reaksi atau alergi yang berbeda- beda terhadap suatu produk tertentu.

Misalnya, kamu dapat memilih sabun dengan kandungan anti-iritasi. Ini penting dilakukan, terutama jika anak memiliki kulit yang cenderung sensitif.

 

Gunakan Produk Pengering Tangan yang Tepat

Mengeringkan tangan juga penting dalam proses cuci tangan – sehingga kuman, bakteri, dan virus tidak langsung menempel kembali. Hal ini juga perlu diperhatikan dalam memberi anak perlengkapan cuci tangan.

Berikan ia handuk kertas sekali pakai, bukan handuk kain ketika mengeringkan tangan. Dilansir dari CNN Indonesia, handuk tangan yang digunakan secara bergantian dan berkali- kali, dapat menyebabkan transmisi kuman.

Tapi, jika tidak memungkinkan untuk menyediakan handuk kertas – pastikan kamu menyediakan handuk bersih dalam jumlah yang banyak.

 

Hand Sanitizer

Ketika bepergian, berikan anak perlengkapan pembersih tangan berupa hand sanitizer – pilih produk hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol. Kandungan ini dianggap efektif untuk membunuh kuman dan mudah kering di tangan.

Tapi, pastikan kandungan hand sanitizer yang diberikan pada anak benar- benar aman, ya. Karena, bisa saja ada kandungan yang dapat menyebabkan iritasi.

 

Selain Cuci Tangan, Ajak Si Kecil Menerapkan Protokol Kesehatan Lainnya

Perlengkapan Cuci Tangan Untuk Anak, Begini Tips Dalam Memilihnya

Perlengkapan Cuci Tangan Untuk Anak, Begini Tips Dalam Memilihnya / Credit: gulfnews.com

Selain cuci tangan, si kecil pun perlu menerapkan sejumlah langkah pencegahan lainnya, seperti menggunakan masker ketika bepergian ke luar rumah dan ajari ia untuk menerapkan physical distancing saat di tempat publik.

Ajak pula anak untuk menjalani pola hidup sehat, seperti:

  • Pastikan anak mendapat istirahat yang cukup.
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuhnya.
  • Ajak ia berolahraga secara rutin.
  • Memberi makanan bergizi seimbang dan kaya nutrisi.
  • Beri anak multivitamin untuk jaga daya tahan tubuh, sekaligus untuk optimalkan perkembangannya.

Berkaitan dengan multivitamin anak – kamu bisa berikan multivitamin sirup yang mengandung sejumlah vitamin penting, seperti Enervon-C Plus Sirup.

Enervon-C Plus Sirup memiliki kandungan vitamin lengkap untuk si kecil. Yaitu, Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu optimalkan tumbuh kembang si kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

 

 

Dari penjelasan di atas, memberi anak perlengkapan cuci tangan yang tepat penting dilakukan – agar ia semakin semangat dalam cuci tangan. Dengan begitu, perlindungan terhadap dirinya pun bisa semakin optimal.

 

Featured Image - review.bukalapak.com

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!