Upaya untuk menekan angka kasus virus corona makin digencarkan – berbagai sejumlah vaksin yang mulai memasuki proses uji coba, sebelum nantinya diberikan pada masyarakat.

Seperti yang diketahui – berbagai lembaga ternama sedang berupaya untuk menyelesaikan vaksin virus corona. Rencananya, di akhir tahun 2020 hingga awal tahun 2021, vaksin sudah bisa diterima oleh masyarakat.

Sembari menunggu vaksin selesai dikembangkan – Pemerintah Republik Indonesia juga sedang berupaya untuk merencanakan program imunisasi bagi warga. Terlepas dari hal ini, sebenarnya bagimana cara kerja vaksin terhadap tubuh?

Berikut ulasan lengkap mengenai cara kerja vaksin dan terkait ketersediaannya.

 

 

 

Cara Kerja Vaksin Covid-19

Vaksin Bisa Segera Didapatkan, Begini Cara Kerjanya Menurut Satgas Covid-19 / Credit: dhakatribune.com

Dilansir dari CNN Indonesia, berdasarkan laman resi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional – vaksin merupakan produk biologis yang diberikan kepada seseorang untuk melindungi dirinya dari sejumlah penyakit yang berbahaya.

Vaksin berperan untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi secara efektif – vaksin dapat mengaktifkan respons tubuh terhadap suatu penyakit terentu.

Dengan memasukkan vaksin – tubuh akan mengingat virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit. Sehingga, jika di kemudian hari tubuh terserang virus dan bakteri penyakit tersebut – maka tubuh dapat melindungi dirinya sendiri.

Jika pun tetap sakit, tubuh akan mengalami gejala yang lebih ringan, ketimbang tubuh yang tidak mendapatkan vaksin.

 

Ketersediaan Vaksin Covid-19

Vaksin Bisa Segera Didapatkan, Begini Cara Kerjanya Menurut Satgas Covid-19  / Credit: sciencemag.org

Mengenai ketersediaan vaksin virus corona, sejumlah lembaga sedang melakukan proses pengembangan vaksin dan menyelesaikan tahapan uji klinis. Rencananya, paling lambat di awal tahun 2021 – vaksin sudah dapat tersedia. Lalu, harga yang diberikan pun dapat terjangkau bagi masyarakat.

Saat ini, beberapa lembaga Indonesia sedang mengembangkan vaksin Covid-19, yaitu PT Bio Farma yang bekerja sama dengan Sinovac. Proses pengembangkan vaksin – sudah mencapai uji klinis fase tiga.

Selain itu, ada vaksin G24 Uni Emirat Arab – juga sudah memasuki tahap uji klinis fase tiga. Dan vaksin dari Genezine Korea – yang sekarang sedang memasuki proses uji klinis fase I dan fase IIA.

Ditegaskan – berbagai vaksin tersebut dapat dipastikan keamanannya dan efektif untuk digunakan. Pembuatan vaksin dilakukan melalui sejumlah tahapan yang panjang dan memenuhi prosedur yang ketat – sebelum akhirnya dapat diproduksi secara massal.

 

 

 

Featured Image - paho.org

Source - cnnindonesia.com