Fungsi Vitamin C: Tak Hanya Untuk Imunitas, Tapi Bisa Tingkatkan Energi Tubuh

Fungsi Vitamin C: Tak Hanya Untuk Imunitas, Tapi Bisa Tingkatkan Energi Tubuh

font size A Ǎ

Kurangnya energi dan rendahnya stamina – dapat menyebabkan aktivitas sehari-hari menjadi terhambat. Bagaimana tidak? Energi yang cukup sangat dibutuhkan tubuh untuk bisa melakukan berbagai kegiatan dengan nyaman. Kalau tidak, alih-alih bersemangat, kamu malah lelah ketika beraktivitas.

Rasa lelah, lesu, dan kurangnya energi yang kamu miliki bisa jadi tanda dari kurangnya nutrisi – termasuk vitamin C. Kurang nutrisi dapat muncul ketika kamu berhenti mengonsumsi sejumlah makanan tertentu, atau mengonsumsi makanan rendah nutrisi – kedua hal tersebut sama-sama dapat sebabkan energi tubuh menurun.

Untuk mengatasinya, memenuhi kebutuhan nutrisi sangatlah penting. Tahukah kamu bahwa salah satu fungsi vitamin C – dapat bantu tingkatkan kembali energi tubuh? Jadi, tak hanya dapat menjaga imunitas tubuh saja ya – tapi, vitamin C bisa bantu kamu memperoleh stamina yang cukup.

Mengapa demikian?

 

 

 

Fungsi Vitamin C,

Juga Bisa Bantu Tingkatkan Energi

Fungsi Vitamin C: Tak Hanya Untuk Imunitas, Tapi Bisa Tingkatkan Energi Tubuh

Fungsi Vitamin C: Tak Hanya Untuk Imunitas, Tapi Bisa Tingkatkan Energi Tubuh / Credit: theladders.com

Kamu pasti sudah tahu bahwa fungsi utama vitamin C, yaitu untuk meningkatkan dan memelihara daya tahan tubuh. Meski demikian, hal tersebut bukanlah satu-satunya peran baik dari vitamin C. Masih ada yang lainnya – termasuk untuk meningkatkan energi.

Fungsi vitamin C – juga berperan dalam menjaga metabolisme agar berjalan dengan baik. Seperti yang diketahui, metabolisme merupakan proses pembentukan energi untuk tubuh manusia. Ketika kamu rutin mengonsumsi vitamin C – maka imunitas akan terpelihara secara optimal. Dengan begitu, metabolisme pun turut meningkat.

Selain itu, fungsi vitamin C juga baik untuk menyembuhkan luka, menjaga aliran darah tetap lancar, serta memelihara kesehatan tulang dan gigi. Deretan hal tersebut, tentu memengaruhi imunitas dan metabolisme tubuh.

Vitamin C – juga dapat bantu penyerapan zinc yang juga berperan untuk meningkatkan energi tubuh. Zinc dapat bantu memproduksi hemoglobin, agar bisa diedarkan ke seluruh tubuh. Ini dapat bantu kamu tetap merasa bertenaga.

 

Waktu Tepat Konsumsi Vitamin C

Fungsi Vitamin C: Tak Hanya Untuk Imunitas, Tapi Bisa Tingkatkan Energi Tubuh

Fungsi Vitamin C: Tak Hanya Untuk Imunitas, Tapi Bisa Tingkatkan Energi Tubuh / Credit: womansworld.com

Setelah mengetahui fungsi vitamin C untuk meningkatkan energi tubuh – kamu sangat dianjurkan untuk rutin mengonsumsinya setiap hari. Tetapi, sebelumnya kamu perlu mengetahui waktu tepat minum vitamin C, agar manfaatnya semakin maksimal – terutama, jika kamu emenuhi kebutuhan vitamin C per hari dari multivitamin dan suplemen.

Kamu dianjurkan minum vitamin C pada waktu:

  • Di pagi hari, misalnya 30 menit sebelum makanan. Atau, 2 jam sesudah makan, agar makanan sudah dicerna dahulu.
  • Jika kamu memiliki pencernaan sensitif, bisa dikonsumsi bersama dengan makanan, ya.
  • Konsumsi vitamin C dengan makanan tinggi zinc, agar penyerapannya semakin optimal.
  • Kalau kamu memiliki masalah sulit tidur, sebaiknya hindari konsumsi vitamin C di malam hari.

 

Memenuhi Kebutuhan Vitamin C

Fungsi Vitamin C: Tak Hanya Untuk Imunitas, Tapi Bisa Tingkatkan Energi Tubuh

Fungsi Vitamin C: Tak Hanya Untuk Imunitas, Tapi Bisa Tingkatkan Energi Tubuh / Credit: womenshealthmag.com

Sejatinya – vitamin C bisa kamu temukan di berbagai sumber makanan, seperti buah dan sayuran. Buah yang mengandung vitamin C, yaitu jeruk, stroberi, kiwi, apel, pepaya, jambu biji, dan mangga. Sedangkan, vitamin C dalam sayuran bisa ditemui pada bayam, kale, kembang kol, brokoli, dan kubis.

Namun sayangnya, dengan mengonsumsi sejumlah sumber makanan di atas, belum tentu dapat memenuhi kebutuhan vitamin C per hari, lho! Lalu, apa yang bisa dilakukan?

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C, untuk bantu memenuhi kebutuhan vitamin C per hari. Cara ini pun lebih praktis, cocok untuk kamu yang memiliki berbagai aktivitas padat setiap harinya.

Mengapa kamu direkomendasikan untuk minum Enervon-C setiap hari?

Karena, Enervon-C mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat dalam Enervon-C dapat menjaga imunitas tubuh, sehingga daya tahan tubuh tetap dalam kondisi optimal.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dapat bantu proses metabolisme. Jadi, makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi energi tahan lama!

Kamu dapat minum Enervon-C dalam bentuk tablet – yang ini mengandung Vitamin C 500 mg, ya. Atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg – agar performa daya tahan tubuhmu makin maksimal.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sudah cukup jelas ya mengenai fungsi vitamin C untuk meningkatkan energi – sekaligus berbagai langkah tepat untuk memenuhi kebutuhannya. Hal tersebut penting lho dilakukan, agar tubuh tetap berenergi dan daya tahan tubuh pun tetap terjaga!

 

Featured Image - lifehack.org


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!