gejala ringan maupun berat. Sejumlah gejala yang timbul, tak boleh disepelekan. Pasalnya, jika tidak diberi tindakan secara tepat, maka dapat berakibat fatal.

Mengenai gejala yang kerap dialami oleh pasien Covid-19 – Beberapa lama waktu terakhir, peneliti kembali memperingatkan dua kondisi awal yang jadi tanda utama risiko terinfeksi virus corona.

Kedua gejala tersebut wajib diwaspadai oleh siapapun. Ingat, gejala tersebut dapat berbahaya dan berisiko fatal, karena kerap kali tidak disadari oleh pasien. Lalu, apa saja kedua gejala yang dimaksud sebelumnya?

 

 

 

Dua Tanda Infeksi Awal Covid-19,

Kerap Tak Disadari Pasien

Ahli: 2 Tanda Awal Infeksi Covid-19 yang Sering Tidak Disadari / Credit: cnnindonesia.com

Mengenai kedua gejala yang menjadi indikasi awal virus corona – yaitu, sakit kepala dan kelelahan. Sebuah studi di Inggris menyatakan bahwa pasien sering mengalami kedua kondisi tersebut di tahap awal infeksi.

Data penelitian menunjukkan bahwa gejala awal yang paling umum dialami sebenarnya adalah sakit kepala – sebesar 82 persen dan kelelahan – sebesar 72 persen. Kondisi ini terjadi pada semua umur dan kondisi kesehatan.

Peneliti pun menyebut hanya 9 persen pasien Covid-19 dewasa saja, yang tidak mengalami kedua gejala tersebut. Meski demikian, bukan berarti kondisi lain penyebab sakit kepala dan kelelahan dikesampingkan. Hanya saja, masyarakat perlu lebih waspada ketika mengalami kedua indikasi ini.

“Hanya sembilan persen orang dewasa yang positif COVID-19 berusia 18-65 tahun yang tidak mengalami sakit kepala atau kelelahan. Tentu saja, sakit kepala dan kelelahan biasanya terjadi pada kondisi lain, itulah sebabnya mereka tidak langsung melakukan tes COVID-19 sendiri,” ungkap salah seorang peneliti, dilansir dari Detik.

Dua tanda awal – sakit kepala dan kelelahan sangat umum dialami sehari-hari, sehingga peneliti menyebut perlu ada keluhan gejala Covid-19 khas lainnya yang dirasakan pasien Covid-19. Gejala khas – meliputi demam, batuk, gangguan indera penciuman dan perasa.

 

 

 

Featured Image - artikel.rumah123.com

Source - detik.com