Tidak Selalu Buruk, Sikap Kompetitif Dapat Beri 5 Hal Baik, Termasuk Tingkatkan Produktivitas!

Tidak Selalu Buruk, Sikap Kompetitif Dapat Beri 5 Hal Baik, Termasuk Tingkatkan Produktivitas!

font size A Ǎ

Kamu pasti sudah tahu kalau dunia kerja memiliki kaitan erat dengan sikap kompetitif. Ya, lingkungan kerja kerap memaksa para karyawan untuk terus berkompetisi dalam mencapai target dan tujuan yang sudah ditentukan. Jadi, nggak heran kalau kamu sering menemui orang bersikap kompetitif di dunia kerja.

Meski sudah kerap terjadi, tetapi sikap kompetitif terkadang bisa menimbulkan konflik – mau tidak mau kamu dituntut untuk jadi ‘lawan’ bagi beberapa rekan kerja. Tapi, tenang saja kompetitif tak selalu mengacu pada hal buruk, kok!

Sama seperti hal lainnya – ada baik dan buruk – sikap kompetitif juga tentu memiliki sisi positifnya tersendiri, terlebih kalau digunakan untuk meningkatkan produktivitas kerja dan menciptakan suatu ambisi baik.

Walaupun masih jarang diketahui, setidaknya ada lima hal baik yang bisa diperoleh dari sikap kompetitif seperti penjelasan berikut ini.

 

 

 

5 Dampak Positif

Dari Sikap Kompetitif

Tidak Selalu Buruk, Sikap Kompetitif Dapat Beri 5 Hal Baik, Termasuk Tingkatkan Produktivitas!

Tidak Selalu Buruk, Sikap Kompetitif Dapat Beri 5 Hal Baik, Termasuk Tingkatkan Produktivitas! / Credit: jasleadership.com

Menguatkan Mental

Memiliki mental yang kuat – perlu ditanamkan dalam setiap manusia, biar tidak stuck dalam kondisi yang kurang memuaskan. Untuk itu, kamu perlu berpikir secara matang mengenai rencana kedepannya. Nah, hal ini membutuhkan sikap kompetitif, lho.

Sikap kompetitif dapat memacu kamu untuk terus bekerja keras dan berjuang. Dengan begitu, kamu mau terus maju dan berkembang jadi lebih baik.

 

Pribadi Bijaksana

Sikap kompetitif memang perlu didampingi dengan sikap sportif. Dengan begitu, kamu lebih bisa mengontrol segala tindakan dan menjadi pribadi yang lebih bijaksana dalam menghadapi situasi serta hasil apapun.

Sebab, fokus kamu tidak hanya bertumpu pada hasil saja, tetapi lebih pada usaha yang kamu lakukan dalam mencapainya.

 

Tidak Selalu Buruk, Sikap Kompetitif Dapat Beri 5 Hal Baik, Termasuk Tingkatkan Produktivitas!

Tidak Selalu Buruk, Sikap Kompetitif Dapat Beri 5 Hal Baik, Termasuk Tingkatkan Produktivitas! / Credit: trainingindustry.com

Mengasah Logika dan Empati

Nyatanya, sikap kompetitif juga dapat melatih logika dan empati kamu, lho. Sikap ini membuat logikamu lebih ‘berjalan’ ketika berpendapat di ruang publik – misalnya, jadi tidak sembarang berpendapat, padahal bisa menyakiti hati orang lain.

Kalau logika sudah terasah, sudah pasti empati pun ikut meningkat ya.

 

Belajar Jadi Pemimpin

Setiap orang pasti ingin menjadi pemimpin yang bisa membawa anggota timnya pada hidup yang lebih baik. Nah, kalau kamu berniat untuk jadi pemimpin seperti demikian – kamu perlu menanamkan sikap kompetitif dalam diri kamu.

Sikap tersebut dapat membuatmu makin termotivasi – yang bisa menguntungkan dirimu dan perusahaan tempatmu bekerja.

 

Terpacu Lebih Produktif

Sikap kompetitif – sudah pasti bisa membantu kamu menjadi lebih produktif. Kamu akan merasa bahwa pekerjaan merupakan sebuah pertandingan yang mesti dijalani dan diselesaikan dengan baik. Tapi ingat, yang terpenting adalah prosesnya ya, bukan hasil semata.

 

 

 

Produktivitas Makin Meningkat,

Lakukan Cara Ini!

Tidak Selalu Buruk, Sikap Kompetitif Dapat Beri 5 Hal Baik, Termasuk Tingkatkan Produktivitas!

Tidak Selalu Buruk, Sikap Kompetitif Dapat Beri 5 Hal Baik, Termasuk Tingkatkan Produktivitas! / Credit: impactplus.com

Agar sikap kompetitif bisa digunakan secara maksimal, kamu perlu mengimbanginya dengan produktivitas yang tinggi. Untuk itu, kamu disarankan menerapkan tips produktif seperti berikut ini:

  • Menetapkan goals kamu secara jelas
  • Gunakan sistem manajemen waktu yang baik. Dengan begitu, seluruh pekerjaan dapat selesai tepat waktu.
  • Rencanakan pekerjaan yang mesti diselesaikan setiap harinya
  • Hindari multitasking – cara ini justru membuatmu makin nggak produktif!
  • Hilangkan kebiasaan buruk, terlebih yang hanya membuang-buang waktu saja
  • Rutin berolahraga agar tetap bugar dan pikiran jadi jernih
  • Yang tidak boleh dilupakan – mencukupi kebutuhan nutrisi untuk bantu kinerja otak

Berkaitan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi – hal ini kerap kali dilupakan, lho. Pasalnya, masih banyak yang menanggap bahwa makanan tidak memiliki pengaruh apapun pada tingkat produktivitas! Padahal, mengonsumsi makanan yang sehat dapat bantu kamu mendapatkan energi dan tetap fokus dalam bekerja.

Kamu bisa rutin mengonsumsi makanan sehat dan bernutirisi. Tetapi mudahnya – kamu disarankan minum multivitamin secara rutin.

Direkomendasikan untuk konsumsi Enervon Active – yang mengandung yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Deretan vitamin dan mineral tersebut dapat menjaga daya tahan tubuh kamu, sekaligus membuatmu tetap aktif sepanjang hari. Jadi, ngga heran deh kamu makin produktif ketika rutin minum Enervon Active!

 

 

 

Apakah kamu sudah siap untuk menerapkan sikap kompetitif di lingkungan kerja? Ingat, tetap imbangi sikap kompetitif kamu dengan hal dan pikiran yang positif ya – jangan jadikan kompetisi dunia kerja jadi hal yang negatif dan mengganggu kehidupanmu!

 

Featured Image - asiaone.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!