Benarkah Covid-19 Diprediksi Jadi Endemik Seperti Flu?

Benarkah Covid-19 Diprediksi Jadi Endemik Seperti Flu?

font size A Ǎ

Meski kini status Covid-19 masih menjadi pandemi – tetapi beberapa waktu terakhir, World Health Organization (WHO) menyebutkan bahwa virus corona bakal menjadi endemik, sama halnya seperti flu biasa. Vaksin Covid-19 sedang dalam tahap uji klinis akhir – sayangnya, ahli menanggap bahwa kemungkinan virus corona tak dapat diberantas seutuhnya.

Dilansir dari Detik, seorang ahli dari Inggis, Patrick Vallance, mengungkapkan bahwa vaksin pun tidak bisa menghilangkan virus corona secara total. Bahkan, nantinya Covid-19 bisa muncul sewaktu-waktu. Ia pun turut menyebutkan bahwa hanya ada satu penyakit yang berhasil diberantas vaksin, yaitu cacar.

 

 

 

Covid-19,

Diprediksi Bakal Jadi Endemik

Benarkah Covid-19 Diprediksi Jadi Endemik Seperti Flu?

Benarkah Covid-19 Diprediksi Jadi Endemik Seperti Flu?  / Credit: klikdokter.com

Lebih lanjut mengenai hal tersebut – Patrick Vallance juga mengungkapkan vaksin memang dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi dan tingkat keparahan kondisi, tetapi hal ini justru  membuat pola Covid-19 semakin mirip dengan flu tahunan.

Solusi terbaik yang tetap bisa dilakukan oleh masyarakat, yaitu menerapkan 3M – mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker. Ketiga langkah tersebut merupakan kunci utama dalam mencegah penyebaran dan penularan virus.

 

Lalu, Apa Perbedaan Endemik dan Pandemi?

Benarkah Covid-19 Diprediksi Jadi Endemik Seperti Flu?

Benarkah Covid-19 Diprediksi Jadi Endemik Seperti Flu? / Credit: timesofindia.indiatimes.com

Covid-19 disinggung WHO akan menjadi endemik baru, sama halnya seperti flu tahunan – apa sebenarnya perbedaan antara endemik dan pandemi?

Mengacu pada kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) – endemik merupakan penyakit yang muncul dalam wilayah tertentu. Pada umumnya, penyakit endemik juga menetap di suatu wilayah tertentu dalam waktu yang lama.

Di Indonesia, salah satu penyakit endemik yang paling dikenal, yaitu Demam Berdarah Dengue (DBD). Penyakit ini kerap muncul setiap tahunnya, terutama memasuki musim hujan. Selain DBD, penyakit endemik lainnya di Indonesia – di antaranya malaria, hepatitis, dan kusta.

Sementara pandemi – merupakan penyebaran penyakit ke beberapa negara lain dan memengaruhi sejumlah masyarakat di seluruh dunia. Pandemi juga kerap disebut sebagai penyakit global, karena cakupannya yang lebih luas.

Kini, Covid-19 merupakan pandemi yang sedang dialami oleh hampir seluruh negara di dunia. Tetapi sebelumnya, dunia pun sudah pernah merasakan pandemi seperti Black Death, kolera, flu babi (H1NI), dan flu Spanyol.

 

 

 

Featured Image - smith.queensu.ca

Source - detik.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!