Tak Hanya Diabetes dan Hipertensi, Ini Deretan Penyakit yang Bisa Perparah Corona

Tak Hanya Diabetes dan Hipertensi, Ini Deretan Penyakit yang Bisa Perparah Corona

font size A Ǎ

Setiap pasien virus corona, kemungkinan mengalami gejala dan kondisi yang berbeda. Pada sebagian kasus, pasien mungkin tidak merasa gejala sama sekali – sementara, sebagian lainnya justru mengalami gejala dan kondisi yang parah, bahkan membutuhkan bantuan alat pernapasan.

Mengapa kondisi tersebut kian terjadi? Pasalnya, ini bergantung pada imunitas dan kesehatan yang dimiliki oleh pasien. Berbagai masalah kesehatan – juga ikut berpengaruh pada tingkat keparahan pasien Covid-19.

Kamu pun pasti sudah tidak lagi asing dengan hal tersebut. Untuk itu, penting sekali mengetahui beberapa masalah kesehatan mendasar – yang nyatanya bisa meningkatkan keparahan gejala virus corona.

Lalu, apa saja masalah kesehatan yang bisa memperburuk kondisi pasien Covid-19? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

7 Masalah Kesehatan

Dapat Memperburuk Kondisi Covid-19

Tak Hanya Diabetes dan Hipertensi, Ini Deretan Penyakit yang Bisa Perparah Corona

Tak Hanya Diabetes dan Hipertensi, Ini Deretan Penyakit yang Bisa Perparah Corona / Credit: halodoc.com

Masalah Paru-Paru

Seperti yang diketahui, Covid-19 merupakan virus yang menyerang paru-paru – sehingga, bagi pasien yang memiliki masalah pada paru-paru, lebih mudah mengalami gejala yang lebih serius. Adapun risiko gejala parah kemungkinan terjadi pada:

  • Orang dengan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)
  • Orang yang mengidap kanker paru

Kondisi paru-paru yang sudah terinfeksi, ditambah dengan virus corona dapat mengakibatkan risiko penyakit serius, seperti fibrosis kistik dan fibrosis paru.

 

Asma

Sudah banyak diketahui bahwa asma juga dapat memperburuk kondisi pasien Covid-19. Untuk itu, penderita asma sangat disarankan untuk menghindari hal-hal yang bisa memperburuk asma, termasuk pemicunya.

Lalu, pastikan tetap menggunakan obat yang bisa menjaga kondisi asma tetap stabil.

 

Tak Hanya Diabetes dan Hipertensi, Ini Deretan Penyakit yang Bisa Perparah Corona

Tak Hanya Diabetes dan Hipertensi, Ini Deretan Penyakit yang Bisa Perparah Corona / Credit: washingtonexaminer.com

Obesitas

Masih jarang diketahui, obesitas merupakan salah satu penyebab kondisi buruk pada pasien Covid-19. Bagi pasien yang memiliki massa tubuh 30 atau lebih – berisiko mengalami gejala yang parah.

Dilansir dari Kompas, hal ini sudah dibuktikan dari sebuah penelitian – ditunjukkan bahwa lebih dari 75 persen pasien Covid-19 yang memiliki berat badan berlebih, berisiko lebih tinggi mendapat perawatan intensif, dibanding dengan pasien dengan indek massa tubuh lebih sehat.

 

Diabetes Tipe 2

Penderita diabetes tipe dua – juga berisiko lebih tinggi mengalami kasus infeksi Covid-19 lebih parah. Dalam kata lain, diabetes merupakan komorbid yang sangat berbahaya bagi pasien Covid-19. Nantinya, hal ini pun berisiko menyebabkan masalah pada ginjal, jantung, hati, dan sistem saraf.

 

Tak Hanya Diabetes dan Hipertensi, Ini Deretan Penyakit yang Bisa Perparah Corona

Tak Hanya Diabetes dan Hipertensi, Ini Deretan Penyakit yang Bisa Perparah Corona / Credit: health.kompas.com

Hipertensi/Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi, terutama yang tidak ditangani dengan tepat – dapat membuat seseorang berisiko lebih tinggi terpapar virus corona, sekaligus mengalami gejala yang parah.

Sebuah studi menemukan, pasien hipertensi memiliki risiko kematian dua kali lebih besar akibat Covid-19, dibanding mereka yang tidak menderita penyakit tersebut. Dan bagi pasien hipertensi yang tidak minum obat khusus – membuat risiko Covid-19 semakin meningkat.

 

Masalah Pada Jantung

Pasien yang memiliki masalah gagal jantung dan penyakit jantung lainnya – termasuk arteri coroner berisiko menderita Covid-19 dengan kondisi lebih serius. Hal ini disebabkan oleh komplikasi penyakit pernapasan yang memaksa jantung bekerja lebih keras.

 

Tak Hanya Diabetes dan Hipertensi, Ini Deretan Penyakit yang Bisa Perparah Corona

Tak Hanya Diabetes dan Hipertensi, Ini Deretan Penyakit yang Bisa Perparah Corona / Credit: premiermedicalhv.com

Penyakit Ginjal

Pasien dengan masalah pada ginjal, terutama dalam kondisi kronis – paling berisiko mengalami infeksi Covid-19 yang parah. Dari kondisi ini, bisa berlanjut pada masalah kesehatan lainnya. Menurut CDC – kelebihan cairan dan limbah aliran darah, membuat pasien berisiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Dalam skenario terburuk – pasien bisa membutuhkan dialysis atau transplantasi ginjal.

 

 

 

Featured Image - thestar.com.my

Source - kompas.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!