Vitamin B Kompleks: Nutrisi Penting Untuk Tingkatkan Semangat Belajar Anak

Vitamin B Kompleks: Nutrisi Penting Untuk Tingkatkan Semangat Belajar Anak

font size A Ǎ

Orangtua mana yang tidak senang kalau melihat anaknya semangat belajar? Setiap orangtua pasti senang, mungkin termasuk kamu yang sedang membaca artikel ini. Menjaga semangat belajar anak – memang gampang-gampang susah. Terlebih, kini ia menjalani belajar online. Wah, tak jarang lho semangat belajar anak menurun karena ia bosan.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Selain melakukan sejumlah cara mendasar, seperti memberi ia hadiah, mengajak anak untuk banyak membaca, hingga mengenali gaya belajarnya. Orangtua juga mesti memberi nutrisi lengkap.

Nutrisi seimbang merupakan kunci utama, agar anak bisa menerima segala pelajaran yang diberikan, sekaligus meningkatkan semangat belajarnya. Salah satu nutrisi penting – yaitu vitamin B kompleks, yang memiliki peran penting dalam pembentukan energi dan suasana hati.

 

 

 

Vitamin B Kompleks,

Nutrisi Penting Untuk Tingkatkan Semangat Belajar Anak

Vitamin B Kompleks: Nutrisi Penting Untuk Tingkatkan Semangat Belajar Anak

Credit: timesnownews.com

Sejatinya, vitamin B kompleks terdiri dari 8 jenis vitamin, yaitu vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (pyridoxine), vitamin B7 (asam folat), dan vitamin B12 (kobalamin).

Gabungan vitamin tersebut memang dapat meningkatkan suasana hati dan energi dalam tubuh – yang akhirnya memengaruhi semangat belajar anak. Tetapi, dari kedelapan vitamin tersebut, ada empat jenis vitamin yang benar- benar berpengaruh.

Berikut ini ulasan lengkapnya.

Vitamin B5 (Asam Panotenat)

Kandungan vitamin B5 – ternyata dapat membantu anak merasa lebih bertenaga dan bersemangat. Ini karena vitamin B5 memiliki peran dalam proses produksi melatonin – hormon yang diperlukan otak untuk mengatur siklus tidur dan bangun anak.

Lalu, apa kaitannya? Perubahan kadar melatonin dalam otak, bisa membuat anak mengantuk di malam hari, kemudian bangun di pagi hari. Tentu, hal ini bisa menjaga si kecil mudah mengantuk ketika beraktivitas.

Jadi, secara tidak langsung – vitamin B5 dapat bantu menjaga sekaligus meningkatkan semangat belajar anak.

 

Vitamin B6 (Piridoksin)

Tahukah kamu bahwa vitamin B6 memiliki peran menjaga kesehatan mental, termasuk pada anak? Vitamin B6 pun bisa membantu si kecil merasa bertenaga dan bahagia. Ini karena vitamin B6 dapat meningkatkan proses sintesis dopamin – yaitu, zat yang diperlukan otak untuk berkomunikasi dan berhubungan dengan rasa bahagia.

Kekurangan vitamin B6 bisa berdampak negatif pada tingkat kebahagiaan, sekaligus membuat anak lebih mudah marah. Kalau si kecil tidak bahagia, sudah pasti semangat belajarnya dapat menurun ya?

 

Vitamin B9 (Asam Folat)

Asam folat juga memiliki peran penting dalam produksi sel baru dalam tubuh. Jadi, kekurangan vitamin B9, tak hanya dapat memengaruhi fungsi tubuh, tetapi juga memicu timbulnya depresi.

Asam folat dapat bantu memiliki peran dalam mengatur suasana hati seseorang. Instruktur Kesehatan Nutrisi, Kerri Axelrod mengatakan bahwa banyak orang yang mengalami depresi – disebabkan oleh kurangnya kadar vitamin B12 dan vitamin B9.

 

Vitamin B12 (Kobalamin)

Sama seperti Vitamin B6, Vitamin B12 juga dikenal sebagai nutrisi yang dapat bantu meningkatkan suasana hati dan energi positif di dalam tubuh si kecil. Jadi, memenuhi kebutuhan vitamin B Kompleks harian, termasuk vitamin B12, dapat mempertahankan energi baik dalam tubuh.

 

 

 

Penuhi Kebutuhan Vitamin B Kompleks Anak,

Ketahui Sumber Terbaiknya

Vitamin B Kompleks: Nutrisi Penting Untuk Tingkatkan Semangat Belajar Anak

Vitamin B Kompleks: Nutrisi Penting Untuk Tingkatkan Semangat Belajar Anak / Credit: consumerlab.com

Vitamin B kompleks dapat ditemukan kandungannya dalam berbagai sumber makanan. Berikut ini sejumlah sumbernya:

Sumber Hewani:

  • Daging sapi.
  • Daging ayam
  • Ikan salmon.
  • Hati sapi.
  • Tiram.
  • Telur.
  • Kerang.
  • Susu.

 

Sumber Lainnya:

  • Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, selada, kubis dan brokoli.
  • Sereal
  • Yogurt.
  • Gandum dan biji- bijian.

Deretan sumber makanan tersebut, bisa kamu berikan pada si kecil secara rutin. Tapi, setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya, kan? Untuk itu, kamu dianjurkan memberi multivitamin khusus anak – agar manfaat vitamin B kompleks pada semangat belajar anak, bisa dirasakan secara optimal.

Kamu direkomendasikan memberi Enervon-C Plus Sirup anak – yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu optimalkan tumbuh kembang si kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

 

 

Sudah jelas ya bahwa memenuhi nutrisi anak, terutama vitamin B kompleks – memiliki peran penting dalam menjaga sekaligus meningkatkan semangat belajarnya. Jadi, sudah saatnya kamu penuhi kebutuhan vitamin B kompleks si kecil, dengan memberinya sejumlah sumber terbaiknya dan optimalkan dengan multivitamin!

 

Featured Image - schmoopie-lb.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!