Ingin Olahraga Kardio Makin Maksimal? Yuk, Coba Terapkan 5 Tips Ini

Ingin Olahraga Kardio Makin Maksimal? Yuk, Coba Terapkan 5 Tips Ini

font size A Ǎ

Apakah kamu gemar melakukan olahraga? Dari sekian jenis aktivitas fisik yang ada – olahraga kardio merupakan salah satu kegiatan yang paling disukai dan dipilih banyak orang. Bagaimana tidak? Olahraga kardio – mudah dan efektif untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Olahraga kardio bisa berupa berlari, jogging, bersepeda, senam aerobik, hingga kick boxing. Kalau kamu sering melakukan olahraga kardio yang mana nih? Apapun jenis olahraganya, yang penting kamu mesti melakukannya secara konsisten, sehingga manfaat baiknya bisa dirasakan.

Selain konsisten – kamu masih harus memperhatikan sejumlah hal lainnya, yang berkaitan dengan olahraga kardio. Deretan hal tersebut dapat bantu maksimalkan olahraga kardio yang kamu lakukan, lho.

Lalu, apa saja hal yang bisa bantu maksimalkan olahraga kardio agar makin efektif? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

Rutin Olahraga Kardio,

Jangan Lupa Perhatikan 5 Hal Ini!

Ingin Olahraga Kardio Makin Maksimal? Yuk, Coba Terapkan 5 Tips Ini

Ingin Olahraga Kardio Makin Maksimal? Yuk, Coba Terapkan 5 Tips Ini / Credit: runnersworld.com

Sepatu yang Tepat

Sebelum memutuskan untuk berolahraga, termasuk olahraga kardio – kamu perlu mempertimbangkan jenis sepatu yang akan digunakan. Pasalnya, sepatu yang tak tepat bisa membuatmu cedera, bahkan menjadikan sesi olahraga jadi tak menyiksa!

Pilihlah sepatu yang nyaman, sehingga kaki dan tulang kamu pun tetap terlindungi selama melakukan olahraga kardio.

 

Pemanasan

Dalam olahraga manapun, kamu pasti diminta untuk melakukan pemanasan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan suhu tubuh, pengambilan oksigen yang lebih baik, mengurangi rasa ‘kaget’ pada jantung dan otot, serta meningkatkan sistem kardiovaskular.

Dengan melakukan warming up – berarti kamu juga sudah mencegah terjadinya kram otot nih!

 

Ingin Olahraga Kardio Makin Maksimal? Yuk, Coba Terapkan 5 Tips Ini

Ingin Olahraga Kardio Makin Maksimal? Yuk, Coba Terapkan 5 Tips Ini / Credit: verywellfit.com

Tetapkan Tujuan

Ingat, melakukan olahraga kardio bukan hanya sekedar untuk ikut-ikutan orang lain saja ya. Tapi, kamu perlu memiliki target tersendiri. Terus motivasi diri kamu sembari menghitung durasi olahraga yang sudah ditargetkan.

 

Mulai Perlahan

Kamu tak perlu melakukan olahraga secara berlebihan – sebaiknya, sesuaikan dengan kemampuan diri kamu. Dan tingkatkan secara perlahan. Hal ini penting diterapkan, terutama bagi kamu yang pemula dalam olahraga kardio.

Misalnya, ketika jogging kamu bisa mulai dengan berjalan dahulu dan beri waktu untuk tubuh beradaptasi. Lakukan jalan kaki selama 15-30 menit sehari, sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. Lalu, setelah terbiasa, baru kamu bisa tingkatkan durasi dan kecepatan jogging.

 

Teknik Pernapasan

Tak boleh dilupakan nih! Dalam olahraga kardio – kamu mesti mempelajari teknik pernapasan yang baik. Ini dapat bantu kamu tak mudah lelah dan membantu proses pemompaan oksigen ke seluruh tubuh.

Gunakan teknik pernapasan dengan menghitung langkah, kemudian tarik napas melalui hidung dan buang melalui mulut. Dan, pastikan kamu bernapas menggunakan diafragma secara efisien agar tidak terengah-engah.

 

 

 

Manfaat Olahraga Kardio

Ingin Olahraga Kardio Makin Maksimal? Yuk, Coba Terapkan 5 Tips Ini

Ingin Olahraga Kardio Makin Maksimal? Yuk, Coba Terapkan 5 Tips Ini / Credit: cbdhacker.com

Nah, setelah kamu mengetahui sejumlah hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan olahraga kardio. Kamu perlu mengenal apa saja manfaat yang mungkin diperoleh. Berikut ini di antaranya:

Berkaitan dengan manfaat olahraga kardio untuk memelihara imunitas tubuh – sebenarnya, setiap jenis olahraga dapat menjaga imunitas tubuh – demikian pula dengan olahraga kardio. Dari sebuah penelitian yang pernah dilakukan – para ahli membandingkan pesepeda amatir berusia 56-79 tahun, dengan orang berusia sama tapi tak pernah berolahraga.

Hasilnya – kelompok pesepeda memiliki sistem imunitas yang jauh lebih baik dan terlihat lebih sehat. Bisa dibilang, tubuh mereka mirip dengan orang yang masih muda.

Dalam kata lain, olahraga kardio memang dapat bantu pelihara imunitas tubuh. Tapi, agar lebih maksimal kamu perlu mengimbanginya dengan pola hidup sehat lainnya, lho. Apa saja?

Pola hidup sehat dapat diterapkan dengan konsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan minum air putih minimal 8 gelas per hari. Yang tak boleh dilupakan – penuhi pula kebutuhan vitamin harian kamu, terlebih vitamin C dan vitamin B kompleks yang berperan dalam pemeliharaan sistem imunitas. Untuk itu, kamu disarankan minum multivitamin Enervon-C setiap hari.

Enervon-C mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung Vitamin C 500 mg. atau, Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg – sehingga perlindungan terhadap tubuh lebih maksimal!

 

 

 

Tunggu apa lagi? Dari penjelasan di atas, sudah jelas bahwa kamu direkomendasikan untuk melakukan olahraga kardio secara rutin ya. Ingat, terapkan pula deretan hal tersebut agar manfaat yang bisa kamu rasakan makin maksimal!

 

Featured Image - womenshealthmag.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!