Meditasi Miliki Efek Redakan Stres, Kegiatan yang Cocok Dilakukan Saat Akhir Pekan

Meditasi Miliki Efek Redakan Stres, Kegiatan yang Cocok Dilakukan Saat Akhir Pekan

font size A Ǎ

Akhir pekan memang waktu yang tepat untuk melepas rasa stres dan penat – yang menghantuimu selama hari kerja. Saat weekend, kamu dapat melakukan berbagai kegiatan relaksasi agar pikiran kembali jernih.

Kegiatan tersebut tak harus sesuatu yang mewah dan mahal, lho. Sesimple melakukan meditasi di rumah pun – bisa jadi sarana baik untuk membuat pikiran rileks! Meditasi bisa kamu lakukan tanpa peralatan khusus dan di mana saja. Yang kamu perlukan hanya suasana yang tenang dan mendukung.

Dilansir dari Kompas, meditasi dapat bermanfaat untuk menghilangkan rasa cemas, rasa sakit, dan depresi. Bahkan, meditasi punya efek yang sama seperti antidepresan, lho.

Apakah kamu tertarik melakukan meditasi di akhir pekan nanti? Sebelumnya, kamu perlu mengetahui beragam jenis meditasi dan bagaimana cara memulainya.

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

Serba-Serbi Meditasi

Meditasi Miliki Efek Redakan Stres, Kegiatan yang Cocok Dilakukan Saat Akhir Pekan

Meditasi Miliki Efek Redakan Stres, Kegiatan yang Cocok Dilakukan Saat Akhir Pekan / Credit: lifestyle.okezone.com

Beragam Jenis Meditasi

Tahukah kamu bahwa meditasi terbagi dalam berbagai jenis? Dilansir dari Harvard Medical School – setidaknya ada enam jenis meditasi yang bisa dilakukan secara rutin. Di antaranya:

  • Meditasi konsentrasi. Mengajarkanmu cara memusatkan pikiran. Ini merupakan fondasi utama untuk berbagai jenis meditasi lainnya.
  • Meditasi berpusat pada jantung. Melibatkan proses menenangkan pikiran dan membawa kesadaran ke jantung – yang merupakan pusat energi di tengah dada.
  • Meditasi mindfulness. Mendorong kamu untuk fokus secara objektif pada pikiran negatif dalam pikiranmu. Dengan begitu, kamu dapat meraih ketenangan.
  • Tai chi. Merupakan bentuk meditasi yang menggabungkan latihan fisik dengan pernapasan dan fokus.
  • Meditasi transendental. Di sini kamu perlu mengulangi mantra, kata, frasa, dan suara – yang berperan untuk menenangkan pikiran dan mencapai kesadaran secara maksimal.
  • Meditasi berjalan. Mengubah fokus kamu ke tubuh dan pikiran ketika bernapas.

 

 

 

Cara Memulai Meditasi

Meditasi Miliki Efek Redakan Stres, Kegiatan yang Cocok Dilakukan Saat Akhir Pekan

Meditasi Miliki Efek Redakan Stres, Kegiatan yang Cocok Dilakukan Saat Akhir Pekan / Credit: genpi.co

Seperti yang sudah disebutkan, melakukan meditasi tidak memerlukan peralatan khusus. Kamu hanya perlu menyiapkan ruangan yang sunyi dan tenang. Dan terpenting – lakukan meditasi secara konsisten selama beberapa menit dalam sehari.

Kamu disarankan untuk melakukan meditasi di waktu yang sama setiap pagi – cara ini juga dapat bantu kamu membangun kebiasaan bermeditasi, lho. Untuk jenis meditasi, kamu bisa memilih apapun yang cocok dengan dirimu.

Lalu, kamu dapat memulai meditasi dengan sejumlah langkah berikut:

  • Siapkan tempat khusus untuk bermeditasi.
  • Duduk dengan nyaman di kursi atau di lantai. Pastikan kamu duduk dengan posisi punggung lurus.
  • Tutup mata atau fokuskan pandangan pada objek yang kamu pilih.
  • Bernapas secara perlahan, dalam, dan lembut.
  • Jaga pikiran tetap fokus pada objek.

Setelah melakukan deretan hal tersebut – kamu bisa merasakan ketenangan di hati dan pikiran. Lakukan meditasi secara konsisten – dan kamu pun bisa merasakan perubahan yang positif terhadap suasana hati dan rasa stres!

 

 

 

Apakah kamu sudah siap untuk melakukan meditasi di akhir pekan nanti? Melakukan kegiatan ini secara rutin dapat bantu mengurangi rasa stres yang kerap muncul dan menjadikan pikiran lebih rileks!

 

Featured Image - senamyoga.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!