Bisa Berakibat Fatal! Ini 4 Penyebab Gejala Tipes yang Kerap Dilakukan Sehari-Hari

Bisa Berakibat Fatal! Ini 4 Penyebab Gejala Tipes yang Kerap Dilakukan Sehari-Hari

font size A Ǎ

Memasuki musim pancaroba – ancaman berbagai macam penyakit kerap mengintai, tak terkecuali gejala tipes. Penyakit yang terjadi karena adanya infeksi bakteri Salmonella Typhi memiliki kaitan erat dengan faktor kebersihan lingkungan dan sanitasi.

Umumnya, gejala tipes ditandai dengan berbagai gejala yang mesti kamu waspadai – yaitu, demam, sakit kepala, nyeri pada sendi, sakit tenggorokan, napsu makan menurun, nyeri pada perut, mual, muntah, batuk, serta merasa lemas.

Kalau kamu merasakan deretan gejala tersebut – penting lho untuk segera mengunjungi dokter, sehingga penanganan lebih lanjut pun bisa segera didapatkan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya – gejala tipes berkaitan erat dengan faktor kebersihan dan sanitasi. Hal ini juga mencangkup sejumlah kebiasaan yang kerap dilakukan sehari-hari. Tanpa kamu sadari, kebiasaan ini buruk dan dapat memicu timbulnya gejala tipes, lho.

Apa saja kebiasaan tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

 

4 Penyebab Gejala Tipes, Kerap Dilakukan Sehari-Hari

Bisa Berakibat Fatal! Ini 4 Penyebab Gejala Tipes yang Kerap Dilakukan Sehari-Hari

Bisa Berakibat Fatal! Ini 4 Penyebab Gejala Tipes yang Kerap Dilakukan Sehari-Hari / Credit: medium.com

Jajan Sembarangan

Apakah kamu sering jajan sembarangan? Hati-hati, kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko gejala tipes. Kalau kamu sering jajan sembarangan – daya tahan tubuh bisa saja menurun. Di sinilah bakteri penyebab tipes akan menyerang tubuhmu.

Bakteri gejala tipes – umumnya hidup di dalam air yang terkontaminasi dan dapat menempel pada makanan maupun minuman yang kurang bersih.

 

Kebersihan Makanan Tidak Terjamin

Mengonsumsi makanan laut yang berasal dari air terkontaminasi dengan bakteri penyebab tipes – juga dapat meningkatkan risiko kamu terserang penyakit ini. Untuk itu, selalu pastikan makanan yang kamu konsumsi sudah terjamin kebersihannya ya.

Selain itu, sebelum makan sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu. Sehingga, tidak ada bakteri dan kuman yang ikut masuk ke dalam tubuhmu.

 

Bisa Berakibat Fatal! Ini 4 Penyebab Gejala Tipes yang Kerap Dilakukan Sehari-Hari

Bisa Berakibat Fatal! Ini 4 Penyebab Gejala Tipes yang Kerap Dilakukan Sehari-Hari / Credit: elpasotimes.com

Air Minum Kotor

Gejala tipes juga dapat menyerang melalui air minum yang kurang bersih. Hal ini penting diperhatikan, terlebih kalau kamu gemar jajan minuman dingin. Es batu yang digunakan dalam minuman tersebut – bisa saja menggunakan air kotor dan mengandung bakteri penyebab tipes.

 

Toilet Kurang Bersih

Tahukah kamu bahwa bakteri Salmonella Typhi bisa bertahan sekalipun di kotoran seseorang yang sudah terinfeksi? Ya, hal ini benar adanya. Jika kamu menggunakan toilet yang sudah tercemar kotoran orang penderita tipes – maka kamu pun bisa ikut terinfeksi.

Sebaiknya, selalu berhati-hati dan jaga kebersihan sebelum serta sesudah menggunakan toilet ya. Jangan lupa untuk rutin cuci tangan agar tidak terinfeksi virus.

 

 

 

Cara Mencegah Gejala Tipes

Bisa Berakibat Fatal! Ini 4 Penyebab Gejala Tipes yang Kerap Dilakukan Sehari-Hari

Bisa Berakibat Fatal! Ini 4 Penyebab Gejala Tipes yang Kerap Dilakukan Sehari-Hari / Credit: ilovelife.co.id

Mudahnya, gejala tipes dapat dicegah dengan menjaga kebersihan diri dan makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Tetapi, masih ada tiga tips lain yang perlu kamu perhatikan dan terapkan, yaitu:

Rutin Cuci Tangan

Yang terpenting – selalu cuci tangan. Kebiasaan ini merupakan langkah pencegahan awal terhadap gejala tipes. Cuci tangan sebelum makan, ketika menyiapkan makanan, dan setelah menggunakan toilet. Atau, kamu bisa gunakan hand sanitizer – jika tidak ada fasilitas cuci tangan yang bisa digunakan.

 

Hindari Konsumsi Air Minum Sembarangan

Seperti yang sudah disebutkan, air minum yang terkontaminasi bakteri tipes – dapat membahayakan kesehatan tubuh kamu. Jadi, pastikan kamu minum dari sumber yang sudah terjamin kebersihannya.

 

Hindari Konsumsi Makanan Mentah

Sebenarnya, mengonsumsi makanan mentah – seperti sayur, boleh saja dilakukan. Asalkan sudah dicuci terlebih dahulu. Dan pastikan kamu mencucinya dengan air matang ya. Kalau ingin aman, sebaiknya masak atau kukus makanan sebelum dikonsumsi.

 

 

 

Ingat, kamu tidak boleh meremehkan penyakit yang satu ini ya! Pasalnya, gejala tipes dapat menyebabkan kondisi kesehatan parah dan komplikasi dalam tubuh. Jika kamu mengalami gejala tipes – segera kunjungi dokter untuk perawatan yang lebih serius.

 

Featured Image - honestdocs.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!