Weekend Ingin Makan Junk Food? Begini Cara Sehat Menikmatinya

Weekend Ingin Makan Junk Food? Begini Cara Sehat Menikmatinya

font size A Ǎ

Akhir pekan sudah tiba! Di waktu seperti ini, kamu pasti punya kecenderungan untuk mengonsumsi beragam makanan yang kurang sehat ya, termasuk junk food. Tenang, kamu tetap boleh mengonsumsi jenis makanan tersebut kok, tapi dengan cara yang lebih sehat! Tapi, bagaimana caranya?

 

Kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji alias fast food atau junk food – memang dapat membahayakan kesehatan. Kebiasaan ini biasanya sering dilakukan selama akhir pekan. Wah, hati-hati ya, karena junk food bisa meningkatkan berat badan, kadar gula darah, hingga kolesterol, lho.

Selain itu, junk food juga bisa meningkatkan risiko diabetes militus tipe dua dan penyakit jantung! Kamu pasti tak ingin merasakan deretan penyakit tersebut kan?

Memang, mengonsumsi junk food tak disarankan. Tapi, bagaimana kalau lagi ‘ngidam’? Kamu tetap bisa mengonsumsinya, namun dengan cara yang lebih sehat.

Berikut ini cara sehat makan junk food yang wajib kamu terapkan!

 

 

 

Pilih Ayam

Weekend Ingin Makan Junk Food? Begini Cara Sehat Menikmatinya

Weekend Ingin Makan Junk Food? Begini Cara Sehat Menikmatinya / Credit: mealthy.com

Di restoran fast food, pasti kamu sering menjumpai menu burger sapi dan ayam ya. Untuk opsi yang lebih sehat, sebaiknya kamu memilih ayam sebagai sumber protein.

Jika ada pilihan ayam panggang atau goreng – pilihlah yang dipanggang. Hal ini bertujuan agar kamu tak berlebihan dalam mengonsumsi kandungan minyak pemicu kolesterol. Dan yang penting – hindari meminta tambahan mayonnaise agar jumlah kalori tak terlalu tinggi!

 

Pesan Salad

Saat ini, sudah banyak restoran fast food yang menyediakan menu salad. Nah, kamu bisa memesannya ya! Pilihlah salad yang dilengkapi dengan protein seperti ayam panggang, kacang-kacangan, atau telur rebus.

Lalu, kamu bisa minta saus dressing terpisah, sehingga kandungan kalori jadi tidak berlebihan.

 

Pilih Kentang Goreng Porsi Kecil

Weekend Ingin Makan Junk Food? Begini Cara Sehat Menikmatinya

Weekend Ingin Makan Junk Food? Begini Cara Sehat Menikmatinya / Credit: splendidtable.org

Kentang goreng merupakan menu yang sudah melewati banyak proses. Seperti di goreng berulang kali, hingga diberi taburan garam yang banyak. Tapi, jika kamu ingin menikmatinya, pilihlah porsi kecil ya.

Namun, sebaiknya kamu bisa memilih camilan yang lebih sehat, seperti salad, buah-buahan, atau yogurt.

 

Hindari Soda

Minuman bersoda memang identik dengan restoran fast food ya. Agar tetap sehat, sebaiknya kamu menghindari minuman yang satu ini! Sebab, minuma bersoda memiliki kandungan gula yang sangat tinggi.

Sebagai gantinya, kamu bisa memilih air mineral ya.

 

Siapkan Sambal

Tips yang satu ini masih jarang diketahui nih! Kamu wajib membawa sambal sendiri. Mengapa demikian? Karena, sambal yang ada di restoran fast food mengandung tinggi sodium dan gula!

Selain sambal, kamu bisa menyiapkan cocolan lainnya, seperti mustard atau guacamole.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang sudah tahu ya sejumlah tips sehat makan fast food. Mulai sekarang, kamu bisa coba untuk menerapkan kelima kiat tersebut, sehingga tubuh tetap sehat!

 

Featured Image - newsweek.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!