Apakah belakangan waktu terakhir tubuhmu jadi mudah lelah? Mungkin ketujuh faktor berikut ini yang jadi penyebabnya! Yuk, perhatikan kembali – dan segera ambil langkah untuk atasi tubuh yang mudah lelah ya.

 

 

 

Tubuh merasa mudah lelah, terlebih setelah beraktivitas ekstra memang wajar dialami. Tetapi, kondisi ini tak boleh dirasakan terus menerus ya – sebab, jika tubuh mudah lelah dalam jangka panjang, bisa jadi ada masalah kesehatan yang dialami.

Meski demikian, kamu nggak perlu khawatir kok. Umumnya, penyebab tubuh mudah lelah tidak berbahaya – dilansir dari Kompas.com, berikut ini 7 faktor tubuh mudah lelah yang wajib kamu ketahui!

 

7 Penyebab Tubuh Mudah Lelah

Tubuh Mudah Lelah, Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya / Credit: health.detik.com

Kurang Istirahat

Kamu kurang beristirahat atau tidak mendapat waktu tidur berkualitas? Tak heran kalau tubuhmu mudah lelah! Kurang istirahat bisa disebabkan oleh beragam hal, misalnya memiliki masalah tidur di malam hari, maupun sleep apnea.

Orang dewasa setidaknya butuh tidur selama 7-8 jam dalam semalam – agar tubuh bisa mendapatkan kembali energi dan stamina.

 

Stres

Stres juga merupakan penyebab tubuh mudah lelah, bahkan hingga jatuh sakit, lho. Umumnya, stres dan gangguan mental lainnya memiliki kaitan erat dengan pola tidur.

Biasanya, orang yang mengalami kondisi tersebut memiliki masalah pada pola tidurnya – entah jadi doyan tidur, atau bahkan sulit sekali untuk tidur. Kedua hal ini dapat mengganggu pola tidur yang semestinya.

Jadi, dengan terganggunya pola tidur – tubuh pun lebih mudah merasa lelah.

 

Konsumsi Karbohidrat Berlebihan

Tubuh Mudah Lelah, Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya / Credit: klikdokter.com

Karbohidrat memang merupakan sumber energi tubuh. Tapi, jika dikonsumsi berlebihan – asupan karbohidrat justru membuat kamu mudah lelah, nih. Terlebih, ketika kamu mengonsumsi karbohidrat yang tinggi gula.

Kok bisa konsumsi karbohidrat berlebihan, lalu tubuh jadi gampang lelah?

Karena, ketika kamu mengonsumsi karbohidrat dan asupan manis, kadar gula darah tubuh akan melonjak drastis – lalu, kembali turun dengan cepat. Hal ini menandakan pankeras memproduksi insulin untuk mengeluarkan gula dari darah ke tubuh.

Nah, naik turunnya kadar gula secara dratis dan cepat inilah yang menyebabkan tubuhmu mudah lelah.

 

Kurang Kalori

Kalau sebelumnya konsumsi karbohidrat berlebihan bisa buat tubuhmu mudah lelah – begitu pula dengan asupan kalori yang terlalu sedikit.

Seperti diketahui, kalori merupakan asupan energi sehari-hari – digunakan untuk bergerak, bernapas, hingga menjaga suhu tubuh. Ketika tubuh kekurangan kalori, maka proses metabolisme pun akan melambat, sehingga kamu lebih mudah lelah.

Untuk kebutuhan kalori, sebenarnya berbeda-beda setiap orang ya. Ini bergantung pada berat badan, tinggi, usia, dan jenis aktivitas harian. Tetapi, rata-rata orang dengan aktivitas normal membutuhkan 2.000 kalori per hari.

Sedangkan, batas bawah kalori agar metabolisme tubuh tetap stabil, yaitu 1.200 kalori per hari.

 

Kurang Protein

Tubuh Mudah Lelah, Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya / Credit: doktersehat.com

Kurangnya asupan protein juga mampu membuat kamu mudah lelah, lho. Sebab, protein punya peran penting dalam mengoptimalkan proses metabolisme. Jadi, kamu disarankan menjaga asupan protein ya – tetapi, pilih sumber protein yang rendah lemak!

 

Cairan Tubuh Tak Tercukupi

Kamu termasuk yang jarang minum? Wah, hati-hati hal ini bisa membuatmu mudah lelah, lho. Memenuhi kebutuhan cairan dapat menjaga energi dalam tubuhmu. Tanpa adanya energi, sudah pasti tubuh jadi tak bertenaga dan gampang letih ya.

 

Mager

Untuk kamu yang punya kebiasaan malas bergerak alias mager – perlu segera diatasi nih. Karena, orang yang jarang bergerak, justru lebih mudah lelah. Cobalah untuk rutin melakukan aktivitas fisik – misalnya, memilih menggunakan tangga ketimbang eskalator atau lift.

 

 

 

Bagaimana Cara Mengatasi Tubuh yang Mudah Lelah?

Tubuh Mudah Lelah, Bisa Jadi 7 Hal Ini Penyebabnya / Credit: limone.id

Jika kamu sedang mengalami masalah tubuh mudah lelah – tak perlu khawatir ya. Ada berbagai hal sederhana dan mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Apa saja hal tersebut?

Yang juga bisa kamu lakukan, yaitu rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan vitamin lengkap, seperti Enervon-C.

Enervon-C mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – sejumlah vitamin ini dapat optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuhmu bisa mengolah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama.

Selain itu, yang sudah pasti – Enervon-C juga dapat membantu jaga daya tahan tubuh kamu agar tak mudah sakit ya! Kalau yang ini tentu berkat kandungan Vitamin C.

Nah, dengan rutin minum Enervon-C kamu tak perlu khawatir lagi soal tubuh yang mudah lelah. Jadi, kamu pun bisa lebih produktif dalam beraktivitas, nih.

 

 

 

Wah, bagaimana? Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai penyebab tubuh mudah lelah. Kalau kamu sedang mengalami kondisi ini – yuk, segera perhatikan faktor penyebabnya dan segera atasi ya!

 

Featured Image - halodoc.com