Kabar baik untuk masyarakat Indonesia – stimulus pemerintah berupa token listrik gratis dan diskon daya listrik sudah bisa diklaim sejak hari ini, 7 Januari 2021. Nantinya, bantuan listrik tersebut dapat dinikmati masyarakat hingga bulan Maret 2021 mendatang.

 

 

 

Untuk pelanggan golongan rumah tangga, industri, dan bisnis kecil dengan listrik berdaya 450 VA – bisa menikmati diskon 100 persen alias token listrik gratis. Sementara, bagi pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi yang sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Kemenkes – memperoleh diskon tarif listrik sebesar 50 persen.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril mengatakan bahwa skema penyaluran dan akses listrik gratis ini masih sama seperti sebelumnya. Yaitu, dengan dua cara utama – melalui situs website PLN dan WhatsApp resmi perseroan.

Selain itu, pelanggan juga bisa mengklaim bantuan biaya listrik melalui aplikasi PLN mobile.

 

Kabar Baik! Mulai 7 Januari Masyarakat Bisa Klaim Gratis Listrik / Credit: minews.id

Untuk mendapatkan token gratis melalui website resmi PLN, bisa dilakukan dengan cara berikut.

  • Pelanggan dapat mengakses website resmi PLN, di pln.co.id online. Atau layanan pln.co.id
  • Pilih menu ‘pelanggan’. Kemudian, pilih opsi ‘Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon)
  • Masukkan ID pelanggan atau nomor meteran di kolom pencarian dan identitas.
  • Isi kode captcha di kolom ‘masukkan kata di samping’
  • Klik tombol ‘cari’
  • Token listrik gratis akan tampil pada kolom keterangan
  • Setelah berhasil mendapatkan token listrik, pelanggan bisa memasukkan angka tersebut ke kWh meter

 

Sementara, untuk mendapatkan token listrik gratis melalui WhatsApp – yaitu dengan cara berikut ini.

  • Hubungi PLN via WhatsApp di nomor 08122123123
  • Pelanggan bisa memulai perbincangan dengan mengetik keyword ‘listrik gratis’ atau langsung menuliskan nomor ID pelanggan
  • Masukkan ID pelanggan atau nomor meter sesuai dengan petunjuk yang muncul pada percakapan tersebut
  • Setelah token listrik berhasil didapatkan, pelanggan bisa memasukkan angka tersebut ke kWh meter

 

 

 

Terakhir, untuk mengklaim token listrik via aplikasi PLN mobile, bisa dilakukan dengan sejumlah langkah ini.

  • Buka aplikasi PLN mobile
  • Klik ‘PLN Peduli Covid-19’ pada bagian info dan promo
  • Masukkan ID pelanggan/nomor meter
  • Token gratis akan segera muncul
  • Setelah itu, pelanggan tinggal memasukkan nomor token gratis ke meteran yang sudah sesuai dengan ID

 

Bantuan token gratis dan potongan harga sudah dapat dinikmati, bahkan hingga di daerah terpencil. PLN juga bekerja sama dengan perangkat pemerintah setingkat Kecamatan, Desa, dan Kelurahan untuk memastikan bantuain listrik selama pandemi dapat dinikmati masyarakat.

Untuk informasi lebih lengkap, pelanggan bisa menghubungi contact center PLN 123.

 

 

 

Featured Image - mediaindonesia.com

Source - kompas.com