Tingkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan 5 Cara Sederhana Ini

Tingkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan 5 Cara Sederhana Ini

font size A Ǎ

Di dalam dunia kerja, setiap karyawan pasti dituntut untuk dapat berpikir kreatif. Meski demikian, tak semua orang dapat berpikir kreatif secara mudah, lho. Sebagian dari kamu mungkin terlahir dengan kemampuan berpikir kreatif yang lebih tinggi, tapi ada pula yang tidak.

Nggak perlu berkecil hati! Karena, sejumlah tips berikut ini bisa bantu kamu berpikir kreatif, lho!

Yuk, cari tahu informasi lengkapnya di sini ya.

 

 

 

Berpikir kreatif alias creative thinking – merupakan kondisi di mana kamu berusaha melihat sesuatu dari kacamata dan perspektif yang berbeda. Dengan berpikir kreatif, kamu bisa mengambil berbagai kesempatan baik, terlebih yang berhubungan dengan karier.

Kemampuan berpikir kreatif dapat selalu diasah dan semakin berkembang. Lalu, bagiamana untuk melatihnya? Berikut ini 5 tips yang bisa kamu terapkan!

 

Tingkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan 5 Cara Sederhana Ini

Tingkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan 5 Cara Sederhana Ini / Credit: country-guide.ca

Bekali Diri

Melatih diri untuk berpikir kreatif, tentu memerlukan pengetahuan yang luas. Hal inilah yang menjadi bekal utama kamu. Tambah wawasanmu tentang beragam peristiwa yang terjadi di dunia. Kamu cukup bergabung di dalam diskusi, datang ke berbagai seminar dan kelas, hingga rajin membaca.

 

Rutin Menulis Jurnal

Memang sih, menulis merupakan kegiatan yang sulit, terlebih bagi kamu yang belum terbiasa. Tapi ternyata, menulis efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, lho! Dengan rajin menulis jurnal – ini berarti kamu melatih diri untuk berimajinasi dan menciptakan suatu kreativitas baru!

 

Menonton Film

Tingkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan 5 Cara Sederhana Ini

Tingkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan 5 Cara Sederhana Ini / Credit: tribunnews.com

Kamu suka menonton film? Kegiatan yang satu ini juga dapat melatihmu untuk berpikir kreatif, nih. Menonton film pilihanmu dapat membuat pikiran lebih aktif untuk memahami alur cerita dari film tersebut.

Berusaha menebak plot cerita, mengikuti alur, dan menyelesaikan konflik yang ada – tanpa disadari, kamu sedang melatih dirimu untuk berpikir kreatif!

 

Berpegang Teguh Pada Prinsip

Ini berkaitan dengan prinsip “terkadang kreativitas bukan berarti menciptakan sesuatu yang baru, namun mencari koneksi dari setiap hal yang sudah ada”. Nah, prinsip ini mesti selalu kamu ingat ya!

Kamu mungkin pernah berpikir bahwa kreativitas berarti menciptakan suatu hal baru. Tapi, hal ini salah, lho! Memang, kreativitas berarti menciptakan sesuatu yang baru – namun, bukan benar-benar memikirkan hal baru.

Tetapi, berpikir kreatif bisa dipicu dengan mencari inspirasi dari berbagai sumber – dan berpikir dengan cara berbeda berdasarkan sumber tersebut.

 

Pilih Makanan Tepat

Berpikir kreatif juga berkaitan dengan jenis makanan yang kamu pilih. Kamu disarankan mengonsumsi makanan yang tinggi akan omega-3, seperti ikan. Sebab, jenis makanan tersebut dapat meningkatkan kemampuan otak.

Atau, bisa pula konsumsi gandum – yang merupakan sumber karbohidrat dan kaya akan antioksidan. Jangan lupa, lengkapi dengan rutin mengonsumsi buah dan sayuran ya!

 

 

Itulah kelima tips untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Yuk, mulai sekarang kamu bisa coba untuk menerapkannya, lho! Lalu, gunakan ide kreatifmu untuk meningkatkan jenjang kariermu.

 

Featured Image - mssbizsolutions.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!