Pernahkah kamu bertanya-tanya soal makanan yang mesti dihindari oleh pasien Covid-19? Kalau begitu, rasa penasaranmu dapat segera terjawab dengan menyimak ulasan lengkap di bawah ini!

 

 

 

Selama masa pemulihan, pasien Covid-19 harus menjaga pola makan. Dengan demikian, kekebalan tubuh pun semakin kuat dan meningkat dalam memerangi virus. Utamanya, pasien disarankan mengonsumsi makanan kaya akan vitamin C.

Sumber makanan vitamin C pun dapat ditemukan pada buah, seperti jeruk, kiwi, mangga, nanas, dan strawberry. Sementara, vitamin C dalam sayur terdapat pada kale, brokoli, bayam, dan kubis.

Agar pemenuhan kebutuhan vitamin C pada pasien Covid-19 dapat dilengkapi, disarankan pula untuk rutin mengonsumsi suplemen vitamin C. Salah satunya, seperti multivitamin Enervon-C yang punya kandungan vitamin lengkap.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang baik untuk bantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Jadi, dengan rutin mengonsumsi multivitamin – pasien Covid-19 diharapkan lebih cepat pulih seperti sedia kala ya.

 

 

 

Terlepas dari makanan yang sebaiknya dikonsumsi pasien corona, lalu ada pula sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari, lho – sebab, sejumlah makana tersebut dapat menyebabkan peradangan dan menggangu proses penyembuhan.

Apa saja makanan tersebut? Ini dia ulasan lengkapnya.

 

Makanan Kemasan

5 Makanan Ini Wajib Dihindari Selama Terinfeksi Covid-19 / Credit: blog.printerous.com

Yang pertama, pasien mesti menghindari makanan kemasan, terlebih yang mengandung natrium, pengawet, aditif, dan tambahan gula. Deretan kandungan tersebut bisa menyebabkan peradangan, lho!

Ketika tubuh mengalami peradangan, kekebalan tubuh akan makin terbebani, sehingga membuatnya lebih rentan terhadap penyakit. Jadi, hindari makanan kemasan pada pasien corona ya.

 

Daging Merah

5 Makanan Ini Wajib Dihindari Selama Terinfeksi Covid-19 / Credit: health.clevelandclinic.org

Sebenarnya, makanan ini aman saja dikonsumsi – selama tidak berlebihan! Meskipun pada orang yang tidak terinfeksi Covid-19, konsumsi daging merah perlu dibatasi, mengingat kandungan lemak jenuhnya yang tinggi.

Kandungan lemak jenuh disebut dapat meningkatkan peradangan. Sebaiknya, ganti asupan daging merah dengan lemak nabati, seperti alpukat, minyak zaitun, kacang-kacangan, dan salmon.

 

Makanan yang Digoreng

5 Makanan Ini Wajib Dihindari Selama Terinfeksi Covid-19 / Credit: webmd.com

Makanan yang diolah dengan digoreng juga mengandung banyak lemak. Jadi,  jika dikonsumsi berlebihan – jenis makanan ini juga dapat mengganggu sistem imunitas tubuh.

Selain itu, makanan digoreng juga dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL) yang terkait dengan penyakit kardiovaskular. Ini perlu diwaspadai, karena penyakit kardiovaksular dapat memperparah kondisi pasien corona.

 

Minuman Manis

5 Makanan Ini Wajib Dihindari Selama Terinfeksi Covid-19 / Credit: news-medical.net

Gula tambahan dalam minuman manis juga dapat meningkatkan peradangan pada tubuh! Minuman seperti soda – mesti dihindari ketika mengikuti diet anti-inflamasi. Diet ini yang diterapkan pada pasien corona.

 

Makanan Pedas

5 Makanan Ini Wajib Dihindari Selama Terinfeksi Covid-19 / Credit: eatthis.com

Hindari makanan pedas, karena bumbu dapat mengiritasi tenggorokan atau makin memperparah batuk. Sebaiknya, konsumsi makanan maupun minuman hangat yang dapat meringankan gejala Covid-19.

 

 

 

Nah, sekarang sudah tahu ya beragam makanan yang mesti dihindari oleh pasien corona? Biar kamu tetap terhindari dari penularan virus, selalu terapkan protokol kesehatan 3M sekaligus jalani pola hidup sehat ya!

 

Featured Image - ca.style.yahoo.com

Source - detik.com