Setiap orangtua mungkin tahu bahwa demam kerap kali dialami oleh anak. Hal ini dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, tetapi yang paling sering disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri.

Nah, selama pandemi – kamu pasti jadi lebih waspada untuk pergi ke rumah sakit ya? Terlebih, membawa anak yang sedang mengalami demam. Lalu, apa yang harus dilakukan?

 

 

 

Menjaga kesehatan anak serta meningkatkan kekebalan tubuhnya, merupakan catatan penting bagi setiap orangtua. Terutama, selama masa pandemi. Ada baiknya, kamu perlu mengajari anak menjalani hidup sehat, seperti penuhi kebutuhan vitaminnya.

Beragam vitamin, terutama vitamin C dikenal ampuh untuk meningkatkan serta menjaga daya tahan tubuh, nih. Untuk itu, orangtua disarankan memenuhi kebutuhan vitamin ini pada anak ya. Bagaimana caranya?

Salah satunya dengan memberi anak suplemen, seperti Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut, dapat membantu anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

 

 

Memang mencegah lebih baik daripada mengobati, tapi bagaimana jika si kecil sudah terlanjur demam? Apa pertolongan pertama yang bisa dilakukan di rumah? Dan kapan anak harus segera di bawa ke rumah sakit?

Untuk menjawab deretan pertanyaan tersebut, berikut ini ulasan lengkapnya.

 

Penyebab Demam Pada Anak

Anak Alami Demam Tapi Tak Bisa Bawa Ke RS? Lakukan Pertolongan Pertama Ini! / Credit: jovee.id

Dilansir dari PopMama – ada beragam penyebab yang mendasari demam pada anak, di antaranya:

  • Adanya kenaikan set point oleh hipotalamus, sehingga suhu tubuh meningkat.
  • Ketidakseimbangan antara produksi panas dengan pengeluarannya.
  • Respon tubuh terhadap rangsangan yang datang dari luar, misalnya setelah imunisasi, atau tumbuh gigi.
  • Penggunaan pakaian terlalu tebal saat cuaca panas.

Ketika suhu tubuh anak meningkat, pastikan terlebih dahulu menggunakan termometer ya.

 

Cara Atasi Anak Demam Di Rumah

Anak Alami Demam Tapi Tak Bisa Bawa Ke RS? Lakukan Pertolongan Pertama Ini! / Credit: halodoc.com

Sebelum bergegas pergi ke rumah sakit, ada baiknya kamu melakukan pertolongan pertama dahulu – yang dapat bantu atasi demam. Berikan anak obat penurun panas, seperti ibuprofen maupun paracetamol.

Tapi, jangan lupa perhatikan dosisnya ya. Karena dosis obat pada demam ringan dan tinggi berbeda. Ibuprofen lebih disarankan untuk menurunkan demam secara cepat, dan mampu bertahan hingga 8 jam lamanya.

Namun, jika anak memiliki riwayat sakit maag, sebaiknya hindari kandungan tersebut!

Lalu, kamu juga dapat mengompres anak, tempelkan kompresan hangat di bagian dahi, serta lipatan tubuh lainnya. Kompres selama 10-15 menit.

 

Kapan Anak Harus Dibawa Ke Rumah Sakit?

Anak Alami Demam Tapi Tak Bisa Bawa Ke RS? Lakukan Pertolongan Pertama Ini! / Credit: alodokter.com

Ada berbagai kondisi yang mengharuskanmu membawa anak ke dokter/ rumah sakit. Jika demam terjadi pada bayi berusia di bawah 3 bulan, bayi berusia 3-36 bulan – serta demam terjadi selama lebih dari tiga hari, maka sebaiknya segera bawa anak ke dokter.

Begitu pula dengan bayi berusia 3-36 bulan yang memiliki suhu tubuh di atas 39 derajat celcius. Sebaiknya segera di bawa ke dokter juga ya!

Kemudian, jika demam anak disertai dengan kejang atau ruam, sudah berlangsung lebih dari 7 hari, anak memiliki riwayat penyakit kronik – kamu juga tak boleh menunda membawa si kecil ke rumah sakit.

 

 

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - popmama.com