Mengulas Kembali Pentingnya Protokol VDJ Dalam Meminimalisir Penularan Covid-19

Mengulas Kembali Pentingnya Protokol VDJ Dalam Meminimalisir Penularan Covid-19

font size A Ǎ

Adaptasi kebiasaan baru atau AKB memang memperbolehkan setiap orang melakukan aktivitas seperti biasa. Pemerintah pun mewajibkan masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan guna memutus mata rantai virus Corona. 

Sayangnya, sebagian orang banyak yang tidak mematuhi anjuran ini, padahal pandemi belum kunjung usai. Supaya semakin sadar akan pentingnya mematuhi protokol kesehatan, kami kenalkan konsep protokol V-D-J (Ventilasi-Durasi-Jarak). Berikut ini penjelasannya:

 

 

Ventilasi 

Mengulas Kembali Pentingnya Protokol VDJ Dalam Meminimalisir Penularan Covid-19

Mengulas Kembali Pentingnya Protokol VDJ Dalam Meminimalisir Penularan Covid-19 / Credit: softexbebasworry.com

Menghindari ruang publik atau transportasi publik dengan ventilasi atau sirkulasi udara yang tertutup. Ruangan yang tertutup akan menghambat pergantian udara menyebabkan udara akan kembali resirkulasi. Dengan menghindari tempat-tempat tersebut risiko penularan virus Corona akan lebih kecil jika ada aliran udara segar hingga terjadi dispersi virus. 

 

Durasi 

Batasi bertemu atau bercakap dengan orang maksimal 15 menit. Jika di atas 15 menit sebaiknya dilakukan secara daring, karena resiko penularan akan tinggi seiring lama durasi berinteraksi dengan orang yang belum terinfeksi. Sebab jika orang tersebut sudah terinfeksi Covid-19, maka virus akan bisa keluar dari mulut ataupun hidang di saat bernapas, berbicara, bersin, atau batuk. 

 

Jarak 

Mengulas Kembali Pentingnya Protokol VDJ Dalam Meminimalisir Penularan Covid-19

Mengulas Kembali Pentingnya Protokol VDJ Dalam Meminimalisir Penularan Covid-19 / Credit: klikdokter.com

Jika terpaksa melakukan aktivitas keluar rumah dan bertemu dengan orang lain sebaiknya menerapkan physical distaning atau jaga jarak fisik. Menjaga jarak di ruang publik sejauh 2 meter dan batasi jumlah orang dalam ruangan tersebut. 

Selain itu, kita juga dilarang untuk mendatangi kerumunan, dan dianjurkan untuk mengurangi kontak fisik dengan orang lain, dan tidak mengadakan acara yang mengundang banyak orang.  

 

Yang terpenting adalah selalu jaga kesehatan, pastikan kesehatan fisik tetap terjaga dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan melakukan olahraga secara rutin serta selalu gunakan masker kemana pun. Masker medis hanya boleh dipakai satu kali dan harus segera diganti. Jangan lupa buang di tempat sampah tertutup dan cuci tangan setelah itu. 

Pastikan pula kamu mengonsumsi vitamin secara rutin, salah satunya dengan mengonsumsi multivitamin Enervon-C. Kombinasi kandungan Vitamin C dan Vitamin B Kompleks di dalam Enervon-C dapat bantu jaga daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah sakit. 

Selain itu, kandungan Vitamin B Kompleks dapat bantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. 

 


Demikian penjelasan mengenai konsep V-D-J yang bisa kamu terapkan jika di kondisi new normal. Jika tiga hal yang disebutkan di atas kamu patuhi, bisa meminimalisir resiko penularan virus Corona.⁣

 

Featured Image - edition.cnn.com

Source - instagram.com/@pandemictalks


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!