Ini 5 Strategi Penting Untuk Mengambil Keputusan Secara Tepat

Ini 5 Strategi Penting Untuk Mengambil Keputusan Secara Tepat

font size A Ǎ

Mengambil keputusan, terutama untuk hal yang besar memang tidak mudah ya. Belum lagi, kalau keputusan yang kamu ambil tersebut akan berdampak bagi banyak orang. Wah, rasanya seperti memiliki beban tambahan ya?

Tapi, kamu tak perlu khawatir! Masih ada berbagai cara yang bisa kamu terapkan untuk mengambil keputusan secara tepat – dan meminimalisir dampak buruk yang mungkin ditimbulkan. Lantas, apa saja cara tersebut?

Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

 

5 Strategi Tepat

Dalam Mengambil Keputusan

Ini 5 Strategi Penting Untuk Mengambil Keputusan Secara Tepat

Ini 5 Strategi Penting Untuk Mengambil Keputusan Secara Tepat / Credit: hrdailyadvisor.blr.com

Fokus dan Tidak Terburu-Buru

Yang terpenting – hindari mengambil keputusan dalam keadaan tergesa-gesa ya! Seburuk apapun kondisinya, pastikan kamu selalu berusaha untuk fokus sejenak. Sebab, mengambil keputusan membutuhkan perhatikan ekstra, lho.

Lalu, pertimbangkan pula sisi baik dan buruk dari keputusan yang akan kamu ambil secara fokus tanpa sembari memikirkan hal lainnya.

 

Kumpulkan Fakta

Sebaiknya, kumpulkan informasi sebisa mungkin – yang bisa dijadikan sebagai landasan dalam mengambil keputusan. Adanya informasi yang lengkap dapat membantu kamu mengurangi ketidakpastian dalam sebuah pilihan.

Jadi, kamu pun dapat mengambil hal yang terbaik dari yang baik.

 

Tetap Terbuka

Ini 5 Strategi Penting Untuk Mengambil Keputusan Secara Tepat

Ini 5 Strategi Penting Untuk Mengambil Keputusan Secara Tepat / Credit: idntimes.com

Hindari menutup mata terhadap fakta atau informasi yang ada. Sebaiknya, kamu terbuka untuk semua kemungkinan, termasuk yang tidak kamu sukai sekalipun.

Dengan tetap terbuka dengan semua kemungkinan, kamu pun dapat terhindar dari keputusan yang salah – atau, keputusan yang hanya akan memberi efek senang sementara, tetapi tidak baik untuk jangka panjang.

 

Dampak Positif dan Negatif

Setiap keputusan yang diambil, sudah pasti memiliki dampak baik dan buruknya masing-masing. Begitu pula dengan pilihan yang akan kamu pilih. Jika kamu bingung dalam mengambil keputusan – coba tulislah daftar hal positif dan negatif yang mungkin akan kamu terima.

Bandingkan di antara pilihan tersebut – hal mana yang paling banyak membawa dampak baik, tetapi minim hal negatifnya. Jika kamu sudah menemukannya, kamu bisa mengeliminasi pilihan lain – terlebih, pilihan yang paling besar risiko buruknya.

 

Ubah Cara Pandang

Ketika kamu sudah semakin yakin dalam mengambil keputusan – maka kamu perlu mengevaluasinya kembali. Periksa kembali apakah keputusan tersebut sudah menjawab permasalahan yang ada. Posisikan dirimu sebagai orang lain – yang bisa mengurangi kecenderungan membuat pilihan kurang bijak.

 

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang sudah tahu ya strategi yang bisa kamu terapkan dalam mengambil keputusan? Yang terpenting – dalam mengambil keputusan hati perlu yakin dan percaya bahwa pilihan tersebutlah yang terbaik.

 

Featured Image - indozone.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!