Jika belakangan waktu terakhir tubuhmu mudah lelah – mungkin, hal ini disebabkan kamu kekurangan asupan vitamin B kompleks, lho! Yuk, segera perhatikan kembali tanda-tanda yang kamu alami, serta segera ambil langkah untuk mengatasi masalah mudah lelah ini ya!

 

 

Memiliki aktivitas segudang memang kerap kali membuat tubuhmu mudah lelah, tetapi bagaimana jika hal ini justru dialami secara terus menerus? Wah, bisa jadi tubuh kamu kekurangan asupan vitamin dan nutrisi – seperti vitamin B kompleks!

Vitamin B kompleks memiliki delapan jenis yang berbeda, oleh karena itu masalah kesehatan yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin tersebut pun bermacam-macam – tetapi, yang paling signifikan adalah tubuhmu mudah lelah.

Jenis vitamin yang satu ini merupakan larut air, sehingga memenuhi kebutuhannya setiap hari – baik dari sumber makanan maupun multivitamin memang penting adanya. Dengan demikian, tubuh pun dapat bekerja sesuai fungsinya.

Lebih lengkap mengenai tanda tubuh kekurangan vitamin B kompleks, simak ulasan lengkapnya berikut ini ya.

 

Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin B Kompleks

Vitamin B Kompleks: Kekurangan Asupannya Bisa Sebabkan Tubuh Mudah Lelah / Credit: koranmadura.com

Vitamin B1 (Thiamin)

Thiamin memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf tubuh, serta mengubah makanan menjadi energi untuk tubuh. Jika kamu kekurangan vitamin B1, maka kamu akan mengalami mudah lelah, gampang tersinggung, mengalami gangguan daya ingat, sulit tidur, hingga penurunan berat badan.

 

Vitamin B2 (Riboflavin)

Berikutnya, yaitu vitamin B2 alias Riboflavin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan sistem saraf, serta membantu mencerna karbohidrat, protein, dan juga lemak.

Ketika tubuhmu kekurangan vitamin B2 – maka, kamu akan mengalami sejumlah gejala seperti mata merah, kulit kering dan bersisik, bibir pecah-pecah, kemungkinan mengalami infeksi pada mulut, serta sensitif terhadap cahaya.

 

Vitamin B3 (Niasin)

Vitamin yang satu ini memiki peran penting untuk mengubah makanan menjadi energi, serta membantu pencernaan dan nafsu makan kamu. Lalu, bagaimana jika tubuh kekurangan vitamin B3?

Kamu akan mengalami sejumlah masalah kesehatan, termasuk sariawan, mudah lelah, sering mual maupun muntah, hingga mengalami depresi.

 

Vitamin B Kompleks: Kekurangan Asupannya Bisa Sebabkan Tubuh Mudah Lelah / Credit: doktersehat.com

Vitamin B5 (Asam Pantotenat)

Jika kamu kekurangan vitamin B5 atau Asam Pantotenat, tubuh pun menjadi lebih mudah lelah. Selain itu, kamu akan merasa sakit kepala, mudah emosi, rambut mudah rontok, detak jantung meningkat, adanya gangguan pencernaan, serta sensasi perih di kaki atau lengan.

 

Vitamin B6 (Piridoksin)

Piridoksin alias vitamin B6 dapat membantu tubuh dalam melawan infeksi. Tak hanya itu, bagi ibu hamil – asupan vitamin B6 sangatlah penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang otak bayi dalam kandungan.

Ketika kamu kekurangan vitamin B6, kamu akan mengalami sejumlah gejala berupa depresi, kebingungan, bibir pecah-pecah, dan anemia.

 

Vitamin B7 (Biotin)

Biotin berperan untuk mengubah karbohidrat dan lemak menjadi energi untuk tubuh. selain itu, Biotin juga berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, pertumbuhan rambut, membantu proses metabolisme, hingga menjaga kadar gula tetap stabil.

Kalau tubuhmu kekurangan vitamin B7, maka akan timbul sejumlah masalah kesehatan seperti rambut rontok, kulit kering, timbul ruam di sekitar area makan dan mulut, mudah lelah, hingga depresi.

 

Vitamin B9 (Asam Folat)

Dikenal sebagai vitamin yang penting dipenuhi oleh ibu hamil – asam folat memiliki peran penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan sel darah merah, serta mengurangi risiko cacat lahir.

Kekurangan vitamin ini dapat menimbulkan gejala seperti mudah lelah, sariawan, pertumbuhan tubuh yang buruk, dan lidah membengkak.

 

Vitamin B12 (Kobalamin)

Yang terakhir, vitamin B12 yang memiliki peran penting dalam mengatur sistem saraf, serta menghasilkan energi untuk tubuh. Jika kamu kekurangan vitamin ini – akan timbul sejumlah gejala seperti mudah lelah yang berlebihan, lesu, gampang marah, kesemutan pada kaki dan tangan, serta depresi.

 

 

Lalu, Bagaimana Cara Memenuhi Kebutuhan Vitamin B Kompleks?

Vitamin B Kompleks: Kekurangan Asupannya Bisa Sebabkan Tubuh Mudah Lelah / Credit: supplemania.net

Sejatinya, sejumlah vitamin B kompleks dapat diperoleh dan dipenuhi dengan mengonsumsi sumber makanan tertentu, seperti daging merah, produk susu dan olahannya, hati sapi, ikan salmon, telur, ayam, biji-bijian, hingga sayur seperti brokoli.

Tapi, bagaimana kalau punya aktivitas yang padat? Tenang, kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks secara mudah, yaitu dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon-C!

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang berperan untuk menjaga daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah sakit.

Selain itu, sudah pasti kandungan Vitamin B Kompleks – akan membantu proses metabolisme tubuh, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi energi untuk beraktivitas. Jadi, jangan khawatir mudah lelah ya!

Nah, kamu bisa minum Enervon-C dalam bentuk tablet – yang ini punya kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg!

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Dari penjelasan di atas, kalau kamu mudah lelah – sebaiknya perhatikan kembali penyebabnya ya! Bisa jadi, kondisi tersebut terjadi akibat kamu kekurangan vitamin dan nutrisi, termasuk vitamin B kompleks.

 

Featured Image - manyasahilmu.com