Gizi Seimbang Dapat Jaga Imunitas, Begini Cara Penuhinya

Gizi Seimbang Dapat Jaga Imunitas, Begini Cara Penuhinya

font size A Ǎ

Memerhatikan keseimbangan gizi selama pandemi, mungkin menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Padahal, pemenuhan gizi seimbang penting untuk menunjang kesehatan di segala usia, lho. Jika kesehatan sudah terjaga, maka kekebalan tubuh pun akan bekerja secara optimal.

Ya, seperti diketahui kekebalan tubuh memegang peranan penting sebagai perlindungan utama tubuh. Individu yang memiliki imunitas lemah, memiliki risiko lebih tinggi dalam terserang berbagai macam virus penyebab penyakit, termasuk Covid-19.

Bahkan, pada anak-anak memenuhi gizi seimbang – juga penting dilakukan. Hal ini merupakan poin penting untuk membantu tumbuh kembang dan kecerdasannya.

 

 

Lalu, bagaimana cara tepat memenuhi gizi seimbang selama pandemi, sehingga imunitas tubuh pun tetap terjaga?

Berikut ini 5 di antaranya.

 

5 Tips Penuhi Gizi Seimbang Selama Pandemi

Gizi Seimbang Dapat Jaga Imunitas, Begini Cara Penuhinya

Gizi Seimbang Dapat Jaga Imunitas, Begini Cara Penuhinya / Credit: cnnindonesia.com

Nutrisi Makro dan Mikro

Memenuhi kebutuhan nutrisi makro dan mikro – wajib jadi perhatian utama! Untuk nutrisi makro, bisa diperoleh dari sumber karbohidrat, protein, dan lemak. Sementara, nutrisi makro berupa vitamin dan mineral.

Kedua nutrisi ini dapat diperoleh dari sumber makanan sehari-hari. Dan mampu memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

 

Perhatikan Porsi

Porsi makanan yang sesuai juga penting dalam pemenuhan gizi, lho.

Berdasarkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan, satu piring harus diisi dengan asupan karbohidrat sebanyak sepertiga, begitu pula dengan sayuran – yang diisi sepertiga piring. Kemudian, sepertiga lainnya merupakan gabungan lauk pauk dan buah.

 

Variasi Makanan

Agar gizi terpenuhi dengan baik, pastikan kamu memvariasikan menu makanan setiap hari. Misalnya, lauk pauk sebagai sumber protein dapat diganti-ganti dengan ayam, ikan, daging, maupun tahu dan tempe.

Lalu, pilih sayuran dan buah yang kaya warna – agar nutrisi mikro pun semakin terpenuhi secara maksimal.

 

Batasi Konsumsi Gula, Garam, Lemak

Ketiga kandungan tersebut memang boleh dikonsumsi, tapi harus dalam batas wajar! Hindari mengonsumsi gula, garam, dan lemak secara berlebihan – hal ini dilakukan agar tidak memicu masalah kesehatan.

Direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan, konsumsi gula mesti dibatasi tidak lebih dari 50 gram atau setara 4 sendok makan, garam 5 gram – alias 1 sendok teh per hari, dan lemak 60 gram yang setara dengan 5 sendok makan.

 

Perhatikan Label Makanan

Ketika kamu membeli makanan dari luar, selalu baca dan cermati label makanan untuk mengetahui kandungan gizinya. Bijaklah dalam melihat label pangan dan pilih produk yang tepat.

 

 

Pastikan Pula Kamu Penuhi Kebutuhan Vitamin!

Gizi Seimbang Dapat Jaga Imunitas, Begini Cara Penuhinya

Gizi Seimbang Dapat Jaga Imunitas, Begini Cara Penuhinya / Credit: lcca.com

Seperti diketahui, vitamin merupakan mikronutrisi yang penting dipenuhi sehari-hari. Dari sekian banyaknya vitamin, salah satu vitamin yang penting dipenuhi selama pandemi, yaitu vitamin C – yang punya peran dalam menjaga imunitas tubuh.

Selain dari sumber makanan, vitamin C juga bisa dipenuhi dengan mengonsumsi suplemen, lho. Kamu direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C yang punya kandungan vitamin lengkap!

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat bantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Lalu, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C juga dapat optimalkan proses metabolisme. Sehingga, makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi untuk beraktivitas!

Nah, Enervon-C tersedia dalam dua jenis. Yang pertama, tablet dengan kandungan 500 mg Vitamin C. Kemudian, Enervon-C Effervescent yang punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – cocok untuk kamu yang membutuhkan perlindungan ekstra, sekalius menyukai sensasi rasa segar!

Tapi, apapun pilihanmu – kedua jenis Enervon-C tersebut dapat memberikan manfaat yang baik.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Dari penjelasan di atas, cukup jelas bahwa kamu perlu memenuhi kebutuhan gizi seimbang selama pandemi, ya. Hal ini dilakukan untuk menjaga fungsi tubuh, sekaligus mempertahankan imunitas yang baik!

 

Featured Image - weeksmedical.org

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!