5 Tips Menentukan Jenjang Karir, Patut Kamu Terapkan Nih!

5 Tips Menentukan Jenjang Karir, Patut Kamu Terapkan Nih!

font size A Ǎ

Setiap orang pasti memiliki karir cemerlang – tentu saja, kamu pun menginginkan hal yang sama ya? Untuk itu, menentukan jenjang karir yang tepat menjadi kunci utamanya. Dengan demikian, kamu pun bisa lebih produktif – dan merasa tak terbebani saat melakukan pekerjaan.

Sebuah survei mengatakan – bahwa seseorang bisa berganti pekerjaan sebanyak tiga kali, untuk memastikan pekerjaan tersebut dapat memberi loncatan karir yang menjanjikan.

Nah, jika kamu belum menentukan tujuanmu – maka, hal tersebut lebih sulit untuk dilakukan nih. Jadi, langkah pertama, tentukan dahulu jenjang karir dan miliki gambaran sederhana mengenai hal yang ingin dilakukan.

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai jenjang karir – agar kamu makin produktif, jangan lupa selalu minum Enervon Active ya! Multivitamin andalan ini mengandung non acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks, dan Zinc yang dapat membantu jaga daya tahan tubuh – sekaligus menjadikanmu tetap aktif dan nggak mudah lelah!

 

 

Bagi kamu yang masih bingung untuk menentukan jenjang karir – berikut ini lima langkah yang bisa dilakukan!

 

Cari Bidang yang Membuatmu Semangat

5 Tips Menentukan Jenjang Karir, Patut Kamu Terapkan Nih!

Credit Image - bola.net

Pertama, kamu mesti mempelajari dirimu sendiri – hal ini bisa diketahui dari berbagai pengalaman yang pernah kamu miliki, misalnya selama kuliah maupun saat menjalani pekerjaan pertama. Nah, seiring berjalannya waktu – pengalaman pun bisa mengubah dirimu.

Kamu akan lebih menyadari nilai-nilai yang sebenarnya kamu sukai, soft skill pun bertambah, serta mengenal berbagai bidang baru yang membuatmu makin semangat. Sejumlah hal tersebut tentu dapat membantumu menentukan jenjang karir – yang tepat dan sesuai passionmu!

 

Buat Daftar Pekerjaan yang Kamu Minati

Untuk menentukan jenjang karir – buatlah daftar sejumlah pekerjaan yang kamu inginkan. Tentukan pula langkah-langkah yang perlu diambil untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Misalnya, kalau kamu ingin menjadi seorang digital marketer – kamu mungkin perlu mengikuti kelas maupun kursus tertentu. Dengan cara ini, kamu bisa menambah dan memperkaya diri dengan ilmu dan skill baru.

 

Eksplor Daftar Pekerjaan Tersebut

5 Tips Menentukan Jenjang Karir, Patut Kamu Terapkan Nih!

Credit Image - purewow.com

Setelah menentukan target pekerjaan yang ingin kamu jalani – yuk, segera eksplor setiap pilihan yang telah dibuat. Kamu dapat mencari tahu persyaratan dari setiap pekerjaan dalam daftar tersebut. Kemudian, cari tahu skill yang dibutuhkan – dan, kulik informasi mengenai perusahaan yang punya lowongan tersebut.

 

Ikuti Program Magang

Kamu bisa memulai jenjang karir dengan ikut program magang, lho. Melalui kegiatan ini – kamu bisa mematangkan pilihanmu di industri tersebut. Selain itu, kamu juga dapat menambah wawasan, mempelajari hal baru, serta mengenal dunia kerja.

 

Terapkan Formula G+P+V

5 Tips Menentukan Jenjang Karir, Patut Kamu Terapkan Nih!

Credit Image - glints.com

G+P+V alias gifts, passion, and value – merupakan ‘formula’ khusus yang bisa membantumu menentukan jenjang karir.

Setiap orang pasti lahir dengan kemampuan – tapi, terkadang ada kemampuan yang sudah ada dari lahir, yang biasa disebut dengan gifts. Kemudian, ada pula suatu hal yang membuatmu bersemangat alias passion. Dan, terakhir value – nilai yang dianut dalam hidup. Inilah tiga hal utama yang wajib kamu pertimbangkan dalam menentukan perjalanan karirmu.

Itulah kelima tips untuk menentukan jenjang karir – apakah kamu sudah mulai menerapkannya?

 

 

Featured Image - anakrantau.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!