Proses vaksinasi Covid-19 masih terus berjalan – saat ini, golongan lansia yang menjadi prioritas penerima vaksin. Dengan terus berlanjutnya tahapan vaksinasi, berarti herd immunity atau kekebalan kelompok – akan segera terbentuk.

Tujuan vaksin memang untuk mencapai herd immunity – agar penyebaran penyakit dapat dihentikan. Dilansir dari Detik, mencapai kekebalan kelompok merupakan cara yang baik untuk menghentikan atau mengendalikan Covid-19.

 

 

Herd Immunity: Kapan Bisa Terbentuk?

Credit Image - money.kompas.com

Herd immunity dapat terjadi ketika banyak orang dalam satu komunitas menjadi kebal terhadap penyakit menular – dengan demikian, penyebaran penyakit dapat dihentikan. Ini bisa terjadi dengan dua cara, yaitu:

  • Banyak orang tertular penyakit dan pada waktunya membangun respons kekebalan terhadapnya. Dalam kata lain, terbentuknya kekebalan alami.
  • Banyak orang yang divaksinasi untuk melawan penyakit dan mencapai kekebalan.

Dapat dikatakan – vaksin menjadi harapan utama agar herd immunity tercapai. Sehingga, penyebaran virus dapat dihentikan segera. Melakukan vaksinasi ke banyak orang – sedang diupayakan oleh berbagai pihak.  Para ahli memperkirakan bahwa 70 hingga 90 persen orang mungkin perlu kebal terhadap virus untuk mencapai kekebalan kelompok.

Meski demikian, orang yang telah diberi vaksin pun masih bisa menyebarkan virus corona. Untuk itu, masyarakat tetap harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

 

Protokol Kesehatan Perlu Diterapkan Walau Sudah Dapat Vaksin

Credit Image - health.detik.com

Protokol kesehatan 5M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan menghindari keramaian – masih harus diterapkan, hingga nanti sudah terbukti kondisi pandemi telah terkendali.

Setelah itu, secara bertahap protokol kesehatan bisa dilonggarkan. Namun, mencuci tangan tetap harus dijalani – untuk penggunaan masker, hanya diterapkan ketika sedang bergejala. Sementara, jaga jagak dijalani ketika bertemu orang yang tidak dalam lingkungan sehari-hari.

Namun, mengenai kelonggaran protokol kesehatan tersebut – masih belum jelas kapan. Jadi, tetap terapkan protokol kesehatan secara ketat.

 

Lengkapi Dengan Menerapkan Hidup Sehat

Credit Image - barbararudnik.com

Meskipun nantinya vaksin sudah didapatkan – hidup sehat juga harus tetap dijalani agar imunitas tubuh tetap kuat. Adapun berbagai kebiasaan hidup sehat yang bisa diterapkan, yaitu:

  • Mengonsumsi makanan bergizi seimbang
  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh
  • Istirahat yang cukup, setidaknya tidur selama 7-8 jam semalam
  • Rutin berolahraga
  • Kelola stres dengan baik
  • Lengkapi dengan rutin mengonsumsi multivitamin

Kamu bisa minum multivitamin lengkap, seperti Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – kombinasi sejumlah vitamin tersebut dapat bantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dapat bantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi energi yang lebih tahan lama.

Kamu dapat minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg dengan rasa yang segar dan berkhasiat untuk memberi perlindungan ekstra.

Demikian penjelasan mengenai herd immunity yang dibutuhkan untuk bantu mengendalikan penularan virus. Selama pandemi, selalu terapkan protokol kesehatan dan jalani hidup sehat – untuk dukung imunitas tubuhmu, ya!

 

 

Featured Image - globaltimes.cn

Source - detik.com