Apakah kamu sering melewatkan sarapan, kerap mengonsumsi makanan siap saji, kurang istirahat, maupun tidak punya waktu untuk berolahraga rutin? Wah, aktivitas yang padat pasti membuatmu lupa dengan deretan kebiasaan baik tersebut ya!

Hati-hati, kalau kamu terus tidak memerhatikan kesehatan – salah satunya dengan menerapkan kebiasaan hidup baik, daya tahan tubuh bisa menurun, lho. Padahal, imunitas yang baik – menjadi kunci utama di masa pandemi, apalagi kalau kamu punya aktivitas padat.

Tak hanya melemahkan daya tahan tubuh saja, tetapi dalam jangka panjang – aktivitas padat bisa menimbulkan risiko yang lebih berbahaya, seperti muncul penyakit darah tinggi, diabetes, hingga jantung koroner.

Tentu saja kamu tidak ingin penyakit-penyakit tersebut menyerang tubuh, kan? Nah, ada baiknya kamu tetap menjaga daya tahan tubuh – meski punya kegiatan yang padat. Lalu, bagaimana caranya?

Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

Konsumsi Makanan Sehat

Credit Image - ibu.sehati.co

Kamu pernah mendengar ungkapan “you are what you eat”? Artinya, apa yang kamu makan – dapat menentukan kualitas tubuhmu. Dalam menjalani fungsinya, tubuh memerlukan asupan. Kalau makanan yang kamu konsumsi sudah baik – pastinya, tubuh dapat berfungsi secara optimal ya.

Biasakan konsumsi makanan sehat – misalnya, dengan mengurangi makanan berlemak, tinggi gula, dan tinggi kandungan garam. Lalu, seimbangkan dengan rajin makan buah dan sayur. Kebiasaan ini bisa bantu tingkatkan daya tahan tubuh, lho.

 

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Punya aktivitas padat, bukan berarti boleh skip minum air putih! Seringkali dianggap sepele, padahal cairan tubuh sangat dibutuhkan untuk menjalani metabolisme organ-organ penting – seperti sel saraf dan otak.

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG), kebutuhan cairan untuk orang dewasa per hari sekitar 2,35 liter – untuk perempuan, sedangkan 2,5 liter bagi laki-laki. Hitungan mudahnya, yaitu sekitar 10 gelas atau 4 botol minum per hari.

 

Tetap Aktif Bergerak

Credit Image - hot.liputan6.com

Terlalu lama duduk karena bekerja? Kebiasaan buruk ini bisa melemahkan daya tahan tubuh, lho! Yuk, coba deh tetap terapkan gaya hidup aktif. Misalnya, sesekali gunakan tangga ketika ke kantor. Atau, kalau membawa kendaraan ke tempat kerja – cari parkir yang tidak terlalu dekat, jadi kamu punya waktu untuk jalan kaki.

Ketika bekerja, usahakan mengambil jeda sekitar 3-5 menit istirahat – dengan berjalan dari tempat duduk, kemudian baru kembali bekerja.

 

Optimalkan Dengan Konsumsi Vitamin

Kalau kamu sudah mulai banyak kegiatan di luar rumah selama pandemi – mengoptimalkan perlindungan tubuh penting dilakukan, nih! Salah satu caranya, yaitu dengan rutin mengonsumsi vitamin, terutama vitamin C ya.

Seperti diketahui, vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh biar kamu tidak mudah sakit. Nah, selain dari sumber makanan – kamu juga disarankan minum suplemen vitamin C setiap hari, biar proteksi tubuh makin maksimal.

Kamu direkomendasikan untuk minum Enervon-C Effervescent yang mengandung 1000 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang bisa beri perlindungan ekstra terhadap daya tahan tubuh, biar tidak mudah sakit.

 

Rencanakan Kebiasaan Baik

Credit Image - mountainsidefitness.com

Melakukan perencanaan dapat bantu segalanya berjalan lebih baik. Ini juga berlaku dalam kebiasaan hidup sehat ya. Kamu dapat mulai membuat jadwal dalam sehari, sepekan, atau sebulan – lalu targetkan kebiasaan sehat yang ingin dilakukan.

Dengan begitu, kamu makin terdorong untuk melakukannya. Kalau sudah berhasil – boleh lho beri hadiah kepada diri sendiri. Menarik untuk dicoba, kan?

Wah, bagaimana nih? Dari penjelasan di atas – sejumlah tips tersebut memang dapat bantu jaga daya tahan tubuh meski kamu punya aktivitas padat ya. Yuk, segera mulai kebiasaan baik ini agar tubuh senantiasa sehat!

 

 

Featured Image - klikdokter.com