Memiliki kegiatan untuk pengembangan diri – yang tidak terkait bidang pekerjaan, penting dimiliki lho. Sebab, hal positif ini dapat membantu mematangkan karakter, baik dalam kehidupan sehari-hari, maupun dalam dunia kerja.

Belum lagi, aktivitas self improvement yang baik dapat buat kamu makin produktif. Tentu saja, di tengah kondisi yang serba terbatas dan tak menentu ini – punya kegiatan yang bisa bikin produktif, bisa membuatmu tak mudah bosan, kan?

Memang, tidak ada salahnya kok mengisi waktu luang untuk bersantai sembari mendengarkan musik, maupun menonton film favorit. Namun, ada baiknya juga kamu gunakan waktu kosongmu untuk kegiatan self improvement.

Tertarik melakukannya? Berikut 4 hal yang dapat kamu lakukan. Simak ulasannya sampai habis ya!

 

 

Cari Bidang Lain yang Kamu Minati

Credit Image - kumparan.com

Sedang bosan dengan pekerjaan utamamu? Kalau iya, yuk coba cari hal-hal baru yang menyenangkan. Dari sini, kamu bisa mengembangkan bidang atau hobi baru – yang juga dapat menjadi pemicu semangatmu.

Nah, perlahan-lahan kamu bisa mencintai bidang baru ini, lho. Dari yang awalnya Cuma penasaran, lalu jadi tertarik untuk mempelajarinya. Hobi yang bisa didalami pun bermacam – mulai dari memasak, menulis, fotografi, desain grafis, hingga digital marketing.

 

Mulai Dengan Baca Artikel atau Buku Ya

Membaca termasuk kegiatan self improvement yang baik, nih. Kalau kamu sudah menemukan bidang yang diminati, mulai untuk gali rasa kepo kamu terhadap bidang tersebut ya. Perkaya diri dengan membaca referensi terkait, baik dari buku atau artikel di internet.

Kebiasaan membaca juga dapat memperbaiki mood – berguna banget ketika sudah jenuh bekerja! Mengalihkan pikiran sejenak ke hal lainnya penting dilakukan lho. Termasuk dengan membaca – yang juga dapat memberi wawasan baru.

 

Buat Jurnal Mengenai Bidang Tersebut

Credit Image - ruangmahasiswa.com

Apakah kamu seorang yang mudah lupa? Wah, kalau gitu membuat jurnal bisa jadi pilihan baik! Memang, tidak semua orang dapat menyimpan memori dengan baik seusai membaca. Jadi, kamu dapat merangkumnya dalam bentuk jurnal ya.

Poin penting dalam kegiatan self improvement – yaitu, tetap berpikir kritis. Nah, menulis dapat membantu agar tetap berada di jalur tersebut. lama-kelamaan kamu pun terbiasa menulis ide yang berkaitan dengan hobi baru sebagai bahan untuk belajar.

 

Mulai Praktikkan Ilmu yang Sudah Didapat!

Yang terakhir dalam kegiatan self improvement – jangan lupa praktikkan semua ilmu yang telah didapat. Setelah memahami bidang yang ingin kamu tekuni – lakukan hal tersebut secara rutin untuk mengisi waktu luangmu.

Buat jadwal untuk aktivitas self improvement dari bidang atau hobi kamu. Kalau kamu tertarik pada fotografi, coba berlatih memotret selama 30 menit sebelum tidur. Atau, kamu dapat lakukan kegiatan tersebut di akhir pekan.

Tanpa disadari – kegiatan seperti ini dapat membuka peluang untuk pekerjaan baru di masa mendatang, lho. Sangat bermanfaat, kan?

Wah, deretan kegiatan self improvement di atas memang punya banyak manfaat ya. Selain dapat mengisi waktu luang – produktivitas kamu juga ikut bertambah, lho. Nah, biar makin produktif – jangan lupa tetap penuhi kebutuhan nutrisi harian, seperti mengonsumsi multivitamin.

Kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – yang mengandung non acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat jaga daya tahan tubuh, sekaligus menjaga stamina agar tak mudah lelah!

Jadi, apakah kamu tertarik melakukan kegiatan pengembangan diri ini?

 

 

Featured Image - ef.co.id