Menerapkan protokol kesehatan memang merupakan cara yang paling digencarkan untuk meminimalisir penularan virus corona. Namun, masih ada upaya lainnya – yang kerap dilupakan, yaitu menjaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri.

Menjaga kebersihan penting sekali dilakukan setiap individu, sehingga penyebaran penyakit – baik Covid-19 maupun lainnya dapat dihindari. Selain itu, kebersihan lingkungan – termasuk langkah utama menurunkan risiko infeksi di dalam rumah.

Lalu, bagaimana caranya menjaga kebersihan lingkungan dan diri – yang perlu diterapkan untuk menghindari penularan virus?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Menjaga Kebersihan: Dimulai dari Diri Sendiri

Credit Image - kabar6.com

Memiliki lingkungan sehat dan bersih, memang harus dimulai dari diri sendiri ya. Untuk itu, sepulang dari beraktivitas di luar rumah, pastikan kamu bebersih diri dahulu, dengan melakukan:

  • Melepas sepatu di luar rumah
  • Membuang benda atau sampah bawaan yang tidak perlu – sebelum masuk ke rumah
  • Semprot barang bawaan dengan disinfektan
  • Segera bersihkan diri dengan mencuci tangan, mandi, dan gunakan pakaian bersih

Hindari pula langsung berkumpul dengan anggota keluarga – sepulangnya kamu dari bepergian ya.

 

Bersihkan Permukaan Benda

Berbagai benda yang ada di rumah, terlebih yang sering disentuh banyak orang – wajib dibersihkan, lho! Kamu dapat gunakan pembersih umum yang efektif untuk membunuh virus.

Saat membersihkan permukaan benda, pakai kain lap atau tisu – kemudian lap dari satu sisi permukaan  ke yang lainnya, lakukan dengan gerakan seperti huruf S. Ingat, selalu cuci kain lap setelah pemakaian dan jemur hingga kering ya.

 

Permukaan Lunak Juga Penting Dibersihkan

Credit Image - dekoruma.com

Menjaga kebersihan lingkungan – kurang lengkap rasanya kalau tidak membersihkan permukaan lunak di rumah, seperti sofa, matras, karpet, dan tirai jendela. Sejumlah permukaan tersebut mesti dicuci secara berkala.

Gunakan air hangat dan atur mesin cuci – agar pembilasan serta pengeringan bisa dilakukan secara sempurna. Nah, untuk membersihkan permukaan yang tidak bisa dilepas, gunakan cairan khusus dan tetap bersihkan secara rutin.

 

Jaga Kebersihan Dapur Untuk Hindari Kontaminasi

Setiap dapur harus dipastikan kebersihannya – agar tidak terjadi kontaminasi virus. Selain rutin membersihkan permukaan meja, usahakan untuk mencuci perlengkapan makan menggunakan sabun cuci piring hingga bersih.

Pastikan kamu sudah menggosok permukaan piring dan gelas dengan merata. Tapi, jika ingin lebih maksimal – bilas menggunakan air panas, keringkan, dan simpan di rak tertutup.

 

Mengelola Sampah yang Baik

Credit Image - regional.kompas.com

Menjaga kebersihan lingungan juga termasuk mengelola sampah dengan baik. Kedua hal tersebut memang berkaitan erat ya. Jika ada anggota keluarga yang sakit – gunakan tempat sampah khusus untuk menampung seluruh sisa benda yang digunakan.

Lalu, saat membuang sampah tersebut – gunakan sarung tangan sekali pakai dan segera cuci tangan.

 

Menjaga Kebersihan Tangan: Cara Paling Efektif

Meskipun terkesan sepele, namun menjaga kebersihan tangan – merupakan cara paling efektif dalam mengurangi kontaminasi virus. Selalu rutin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir – setiap kali sehabis bepergian, menyentuh benda, sesudah menggunakan toilet, dan sebelum makan.

Bersihkan seluruh permukaan tangan, termasuk bagian telapak, sela jari, dan pergelangan tangan – setelah itu, bilas dengan air bersih dan keringkan. Cuci tangan yang baik, dilakukan setidaknya selama 20 detik.

Selama pandemi, pastikan kamu juga terus memerhatikan kesehatan tubuh ya. Konsumsi makanan sehat – disarankan perbanyak konsumsi buah dan sayur, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, dan minum multivitamin – untuk optimalkan kesehatan tubuh.

Kamu direkomendasikan minum multivitamin Enervon-C dalam bentuk tablet, yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Untuk kamu yang membutuhkan perlindungan ekstra, dapat konsumsi Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg!

Yuk, mulai sekarang jaga kebersihan lingkungan dan diri sendiri – untuk hindari penularan berbagai macam virus penyebab penyakit.

 

 

Featured Image - dekoruma.com