Masih Bingung Tentukan Tujuan Karir? Yuk, Coba 5 Cara Ini!

Masih Bingung Tentukan Tujuan Karir? Yuk, Coba 5 Cara Ini!

TAGS : Karir tips sukses
font size A Ǎ

Bagi sebagian pekerja, atau fresh graduate melakoni pekerjaan tanpa adanya tujuan karir – mungkin kerap dilakukan. Wah, hal yang satu ini sangat keliru, lho. Sebab, kamu bisa saja kurang sreg dengan pilihan pekerjaan tersebut.

Alih-alih makin produktif dan jenjang karir jadi cemerlang – kamu justru jadi tidak menikmati apa yang sedang dijalani. Tentu saja, kamu tidak hal ini terjadi padamu ya?

Menentukan tujuan karir, tidak melulu menjadi pekerja kantoran saja kok. Ini juga berlaku bagimu yang berminat dalam bidang entrepreneurship, lho. Karir seorang pengusaha yang berjenjang – dapat membawa keberhasilan pada usaha yang dibukanya.

Nah, dalam menentukan hal ini, setidaknya kamu harus memerhatikan kelima hal penting. Apa saja? Yuk, langsung simak ulasannya di bawah ini!

 

 

Langkah Pertama: Ketahui Keahlian

Masih Bingung Tentukan Tujuan Karir? Yuk, Coba 5 Cara Ini!

Credit Image - banksinarmas.com

Sebelum memilih jenjang karir, kamu mesti mengetahui dahulu bidang apa yang menjadi keahlian. Coba pikirkan kembali, keahlian atau kegiatan yang disenangi – dan ingin dicoba sebagai karir dalam jangka panjang.

Selain mencari tahu dari diri sendiri, kamu juga bisa menentukan keahlian melalui pendidikan yang sudah ditempuh, ketertarikan pribadi dalam bidang tertentu, atau keahlian sesuai hobi yang dimiliki.

 

Metode Ikigai, Bantu Temukan Nilai Kehidupan

Dalam menentukan tujuan karir – kamu juga perlu menemukan ikigai. Ini merupakan istilah Jepang, yang berarti nilai kehidupan. Ikigai bisa ditemukan dengan mempertimbangkan kesenangan dan makna hidup, lho.

Untuk menemukannya, kamu harus tahu hal yang menjadi kesenanganmu dan manfaatnya bagi orang lain. Melakukan kegiatan favorit dan bermanfaat – tentu membuatmu makin mantap dalam menjalaninya ya.

 

Pilih Bidang yang Berpotensi

Masih Bingung Tentukan Tujuan Karir? Yuk, Coba 5 Cara Ini!

Credit Image - kabeje.com

Kamu juga disarankan memilih bidang yang memiliki potensi jangka pannjang. Perhatikan kembali industri yang potensial – dan sekiranya bisa terus berkembang dalam waktu lama. Hindari gonta-ganti bidang, karena keahlian jadi tidak konsisten – dan jenjang karir cemerlang sulit diperoleh!

 

Memilih Profesi: Pastikan yang Punya Jenjang Karir!

Kalau kamu sudah memilih bidang yang potensial – lalu, pilihlah profesi yang tepat, sebaiknya yang memiliki jenjang karir ya. Sebab, kalau salah memilih profesi, kamu justru bisa stuck pada level tertentu saja.

 

Terus Kembangkan Kemampuanmu

Masih Bingung Tentukan Tujuan Karir? Yuk, Coba 5 Cara Ini!

Credit Image - ekrut.com

Tetap mengembangkan kemampuan – juga menjadi poin penting dalam menentukan tujuan karir. Terus perbarui keahlianmu, baik dari segi bidang kerja maupun sikap bekerja. Jadilah sosok yang mau terus belajar, serta memiliki attitude yang baik pada rekan kerja.

 

 

Ingin Makin Produktif? Terapkan Hal yang Satu Ini!

Menentukan tujuan karir memang penting – untuk bantu meraih kesuksesan di masa mendatang. Hal ini juga mampu membuatmu makin produktif, lho.

Tapi, biar kamu makin produktif – dan semangat dalam meraih karir cemerlang jangan lupa selalu minum Enervon Active ya! Multivitamin andalan ini mengandung non acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat membantu jaga daya tahan tubuh – sekaligus menjadikanmu tetap aktif dan tidak gampang lelah.

Nah, itulah deretan tips dalam menentukan tujuan karir. Apakah kamu sudah mulai menerapkannya?

 

Featured Image - cermati.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!