Kualitas kesehatan dan kenyamanan keluarga – sangat dipengaruhi oleh lingkungan tempat tinggal. Untuk itu, tak heran jika kamu sangat disarankan memilih, atau menjaga lingkungan sehat, sehingga kesehatan tubuh tetap optimal.

Ciri lingkungan sehat bukan hanya berdasarkan lokasi saja, lho – melainkan ada berbagai poin penting lainnya yang wajib diperhatikan, seperti pengolahan limbah, drainase, sirkulasi udara yang baik, dan lain sebagainya.

Apakah lingkungan rumahmu sudah termasuk sehat, bersih, dan nyaman? Untuk mengetahuinya, setidaknya lingkunganmu memiliki delapan ciri-ciri! Yuk, langsung simak kelanjutannya di bawah ini.

 

 

Sirkulasi Udara: Lancar dan Bersih

Credit Image - ghac.com

Salah satu ciri yang paling mudah dikenali, yaitu lingkungan sehat mesti memiliki sirkulasi udara yang lancar dan bersih. Tempat tinggal berkualitas baik – biasanya bebas dari polusi, sehingga kualitas udaranya tetap terjaga.

Sirkulasi yang baik ditandai dengan udara yang tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak menyebabkan gangguan saluran pernapasan ketika dihirup.

 

Sumber Air yang Bersih

Lingkungan sehat juga biasanya memiliki sumber air alami yang bersih. Ini bisa berasal dari sumur, sungai, atau mata air yang tidak tercemar. Air bersih yang berasal dari sumber alami – dapat digunakan untuk kebutuhan mandi, atau diolah sedemikian rupa agar bisa dikonsumsi.

 

Dikelilingi Oleh Pepohonan Rindang

Credit Image - rumah.com

Sirkulasi udara yang lancar dan bersih – tentu tidak terlepas dari peran pepohonan rindang. Hal ini tidak hanya berfungsi sebagai peneduh saja, tetapi penghasil oksigen yang mendukung kelancaran sirkulasi udara.

Jadi, tidak heran dengan adanya pepohonan rindang, lingkungan menjadi lebih teduh, sejuk, dan nyaman.

 

Adanya Tempat Sampah yang Mudah Ditemukan

Kebiasaan membuang sampah sembarangan, ternyata bisa dipengaruhi oleh tidak adanya tempat sampah di lingkungan sekitar, lho. Jadi, untuk menciptakan lingkungan sehat – pastikan jumlah tempat sampah banyak dan mudah ditemukan ya.

Nantinya, sejumlah tempat sampah yang tersedia mesti dikosongkan secara teratur agar tidak menumpuk terlalu lama.

 

Sistem Pengelolaan Sampah, Jadi Ciri Lainnya

Credit Image - timesindonesia.co.id

Lingkungan sehat juga bisa diidentifikasi melalui sistem pengelolaan sampah yang baik. Sejumlah sampah yang didiamkan terlalu lama – apalagi dalam kondisi terbuka, bisa menimbulkan bau tak sedap dan menjadi sumber penyakit.

Setiap sampah seharusnya juga diolah menjadi diklasifikasikan, sehingga sampah organik – bisa diolah menjadi bahan kompos, sedangkan sampah anorganik bisa didaur ulang agar nilai ekonomisnya meningkat.

 

Tersedia Saluran Air Lancar dan Bersih

Ciri yang satu ini juga sangat memengaruhi kondisi lingkungan, lho. Adanya saluran air yang lancar dan bersih – menjadi tanda penting lingkungan sehat. Sistem drainase tidak boleh dibiarkan tersumbat oleh tanah dan lumpur ya.

Karena, saluran air yang tersumbat bisa rentan menyebabkan banjir, serta menjadi tempat perkembangbiakan virus, bakteri, maupun kuman penyebab penyakit.

 

Melakukan Pengelolaan Limbah yang Efektif

Credit Image - lenterabanten.com

Adanya sistem pengelolaan limbah yang dimiliki suatu lingkungan, tidak hanya berperan untuk kesehatan saja – namun, hal ini juga bisa meningkatkan kreativitas masyarakat. Bentuk pengelolaan limbah sederhana, bisa dilakukan oleh kelompok masyarakat.

Nantinya, dari kegiatan ini dapat dihasilkan pupuk kompos, mendirikan bank sampah, dan membuat produk kerajinan tangan dari bahan daur ulang.

Wah, memiliki lingkungan sehat memang penting ya – agar kesehatan diri dan keluarga tetap terjaga. Untuk optimalkannya, pastikan kamu sudah menerapkan kebiasaan hidup yang sehat pula – termasuk mengonsumsi multivitamin lengkap.

Kamu direkomendasikan minum multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C 1000 mg – untuk berikan perlindungan tubuh yang lebih ekstra!

Jadi, apakah lingkunganmu sudah memiliki sejumlah kriteria di atas?

 

 

Featured Image - tokoinoac.com