3 Hal Penting yang Mesti Diperhatikan Dalam Tumbuh Kembang Anak

3 Hal Penting yang Mesti Diperhatikan Dalam Tumbuh Kembang Anak

Setiap orangtua, pasti menginginkan buah hatinya tumbuh dan berkembang secara optimal. Moms, pasti setuju akan hal ini ya? Seiring bertambahnya usia, tentu perkembangannya pun – akan semakin meningkatkan dalam berbagai aspek.

Untuk tumbuh kembang anak, bisa diperhatikan melalui dua aspek – tumbuh yang menggambarkan perubahan fisik pada anak, serta perkembangan yang berpengaruh pada kemampuan struktur dan fungsi tubuh kompleks.

Biasanya, proses pertumbuhan anak akan terjadi di usia 0-3 tahun. Dalam rentang usia tersebut, perkembangannya pun berjalan secara pesat. Untuk mengoptimalkannya – moms perlu mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi si kecil ya.

Selain itu, ada tiga poin penting – yang perlu diperhatikan dalam proses tumbuh kembang anak nih. Apa saja? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini, yuk moms!

 

 

Tinggi dan Berat Badan: Perubahan yang Terlihat

3 Hal Penting yang Mesti Diperhatikan Dalam Tumbuh Kembang Anak

Credit Image - sinarharapan.co

Moms, perlu memerhatikan tumbuh kembang anak – dimulai dari hal-hal yang paling terlihat, yaitu secara fisik. Mulai sekarang, kamu bisa mengukur tinggi anak. Nah, untuk anak berusia 1 tahun – pertumbuhan tinggi paling ideal, sekitar 60-70 cm. sedangkan berat badan adalah 10-11 kilogram.

Untukmu yang memiliki anak berusia 2 tahun, biasanya anak akan memiliki tinggi antara 87-94 cm, dengan berat badan sekitar 12-14 kilogram.

 

Hitung Lingkar Kepala Anak

Kemudian, kamu juga perlu mengukur lingkar kepala si kecil ya. Meski terlihat sepele – tapi, hal ini penting dilakukan untuk memastikan tumbuh kembang anak semakin optimal. Jadi, moms sesekali perlu mengetahui lingkar kepala anak.

Di usia 1 tahun, biasanya anak akan memiliki lingkar kepala, sekitar 43-46 cm. Sementara, untuk anak usia 2 tahun – umumnya, lingkar kepala mencapai 44-47 cm. Kemudian, di setiap tahunnya, lingkar tersebut akan bertambah 2 cm.

Namun, jika anak memiliki kelebihan atau kekurangan lingkar kepala dari besar yang diperkirakan tersebut – tak perlu khawatir ya, ini wajar terjadi kok. Tapi, jika selisih angka cukup jauh, kamu bisa tanyakan pada dokter.

 

Perkembangan Anak Juga Mesti Diperhatikan

3 Hal Penting yang Mesti Diperhatikan Dalam Tumbuh Kembang Anak

Credit Image - kumparan.com

Selain secara fisik, perkembangan tumbuh si kecil – juga jadi hal yang penting diperhatikan. Misalnya, apakah anak mengalami hambatan dalam proses pertumbuhannya? Jika iya, moms bisa segera mengambil tindakan tepat.

Di usia 1 sampai 1,5 tahun, biasanya anak sudah mulai belajar berdiri dan berjalan sendiri. Selain itu, kemampuan berbahasanya pun sudah semakin meningkat – seperti, ia mulai mampu menyebutkan beberapa kata dalam percakapan sehari-hari.

Sementara, di usia 2 tahun – anak sudah mengerti petunjuk sederhana yang diberikan oleh orangtua, maupun orang di sekelilingnya. Dan, anak pun sudah dapat mengendalikan mainannya sendiri, atau merangkai beberapa kata menjadi kalimat sederhana.

Moms, itulah ketiga hal penting – yang wajib diperhatikan dalam tumbuh kembang anak. Untuk mengoptimalkannya, pastikan kamu memberikan asupan nutrisi, serta vitamin lengkap – yang diperoleh melalui makanan bergizi maupun multivitamin.

Untuk multivitamin, kamu disarankan memberi anak Enervon-C Plus Sirup – yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Deretan vitamin tersebut dapat membantu menjaga imun tubuh anak, bantu memenuhi kebutuhan nutrisinya, memelihara kesehatan anak selama masa pertumbuhan, meningkatkan nafsu makan, serta bantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Jadi, apakah kamu sudah rutin memerhatikan berbagai poin di atas, yang terkait dengan tumbuh kembang anak, moms?

 

 

Featured Image - klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!