Demam merupakan salah satu keluhan yang wajar dialami – tenang, tak melulu akibat infeksi virus corona kok, tapi masalah kesehatan yang satu ini juga bisa disebabkan oleh hal lainnya, termasuk terlalu lama beraktivitas di luar ruangan.

Suhu tubuh yang tinggi, tentunya bikin dirimu merasa tidak nyaman ya. Apakah kamu setuju? Untungnya, ada berbagai cara menurunkan demam – yang mudah dan efektif untuk dilakukan, bahkan tak memerlukan obat, lho!

Lalu, apa saja cara tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Rendam Kaki Pakai Air Dingin

Credit Image - tribunnews.com

Cara menurunkan demam paling mudah – dan simple, yaitu dengan merendam kaki di air dingin, setidaknya selama 20 menit. Langkah ini dapat membantu tubuh menjadi lebih dingin, dan merasa lebih rileks.

Untuk menambah sensasi menenangkan, kamu dapat campurkan beberapa tetes essential oil pilihanmu, misalnya lavender maupun peppermint. Cara ini diklaim cukup ampuh untuk bantu meredakan suhu tubuh yang tinggi, lho.

 

Konsumsi Sayur dan Buah: Bantu Redakan Demam

Untuk meredakan suhu tubuh yang melonjak tinggi, kamu juga dapat mengonsumsi beberapa makanan – lebih tepatnya, sayur dan buah yang kaya akan kandungan air, seperti:

  • Semangka
  • Stroberi
  • Jeruk
  • Timun
  • Dan, seledri

Sejumlah sayur dan buah tersebut dapat dikonsumsi secara langsung, atau dijadikan smoothie. Kamu dapat tambahkan es batu untuk sensasi yang lebih menyejukkan.

 

Coba Gunakan Pakaian yang Lebih Ringan!

Credit Image - uniqlo.com

Kamu sedang sedikit demam – namun, tetap harus beraktivitas? Nah, cobalah untuk mengenakan bahan pakaian alami, seperti katun dan linen ya. Sebab, kedua bahan tersebut tidak akan “menyimpan” panas – dan lebih ringan digunakan.

Cara menurunkan demam yang satu ini, juga terbilang efektif. Apalagi, kamu harus bepergian dan berada di bawah terik sinar matahari – dijamin, tidak akan bikin dirimu makin tak nyaman!

 

Hindari Banyak Bergerak Ya

Nah, untukmu yang suhu tubuhnya sedang naik, disarankan untuk tidak banyak bergerak dahulu. Pastikan kamu mengurangi – bahkan, menghindari berbagai aktivitas fisik. Jadi, kamu disarankan beristirahat dahulu sampai keadaan pulih.

 

Tetap Jaga Imun Tubuh, Lakukan Hal Ini!

Credit Image - klikdokter.com

Enervoners, untuk menghindari berbagai macam penyakit, termasuk demam – pastikan kamu tetap menjaga imun tubuh ya. Ketika kekebalan sudah kuat – risiko terserang berbagai macam penyakit pun bisa diminimalisir.

Selain menerapkan gaya hidup sehat, kamu disarankan untuk rutin mengonsumsi  multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – varian yang satu ini mampu memberi perlindungan ekstra, apalagi bagimu yang punya aktivitas padat, lho!

Jadi, bagaimana nih? Cara menurunkan demam tak melulu harus minum obat ya – justru, bisa diatasi dengan beberapa tips mudah tersebut.

 

 

Featured Image - klikdokter.com