6 Tips Rajin Belajar Selama Puasa, Anak Jadi Nggak Malas-Malasan!

6 Tips Rajin Belajar Selama Puasa, Anak Jadi Nggak Malas-Malasan!

font size A Ǎ

Ketika menjalani ibadah puasa, tak jarang rasa malas dan lemas kerap menghampiri. Eits, tidak hanya dirasakan oleh orang dewasa saja – tetapi, Si Kecil juga bisa malas belajar lho, moms. Apalagi, proses belajar daring masih terus berlangsung, wah bisa-bisa ia juga mudah bosan!

Selain rasa malas, tidak sedikit anak yang kerap mengeluhkan lapar – sehingga lebih sulit untuk fokus belajar. Hal tersebut memang sering buat Si Kecil makin tak semangat ya. Kalau sudah begini, orangtua wajib cari tahu cara atasinya – agar anak tetap rajin belajar.

Apakah moms sedang alami hal serupa? Tenang, setidaknya ada enam tips yang bisa membantu anak tetap rajin belajar selama bulan puasa. Apa saja ya?

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

 

Tetap Rajin Belajar: Beri Makanan Bergizi Saat Sahur

6 Tips Rajin Belajar Selama Puasa, Anak Jadi Nggak Malas-Malasan!

Credit Image - klikdokter.com

Langkah terpenting – yang berpengaruh terhadap energi anak, yaitu berikan makanan bergizi ketika makan sahur. Memerhatikan asupan Si Kecil, tentu dapat membuatnya semakin rajin belajar meskipun sedang berpuasa.

Berikan anak makanan kaya serat dan protein. Kedua jenis makanan tersebut dapat membuat perut kenyang lebih lama – sehingga aktivitas belajar pun tak terganggu. Dijamin, anak makin rajin belajar – tanpa harus merasakan lemas seharian!

 

Pastikan Waktu Istirahat Sudah Cukup

Selama berpuasa, pastikan pula waktu istirahat Si Kecil sudah cukup ya, moms. Hal ini dapat bantu menjaga energi – sekaligus kesehatan tubuhnya, biar tidak mudah lemas ketika beraktivitas, termasuk saat belajar.

Selain jam tidur malam – jam istirahat yang tepat juga diperlukan di siang hari, lho. Ketika usai menjalani belajar online, biarkan anak untuk refreshing sejenak – tapi hindari memberinya gadget ya! Sebaiknya, ajak anak untuk menikmati udara segar di halaman rumah, atau melakukan aktivitas menarik lainnya.

 

Hindari Begadang, Bisa Bikin Si Kecil Makin Ngantuk!

6 Tips Rajin Belajar Selama Puasa, Anak Jadi Nggak Malas-Malasan!

Credit Image - review.bukalapak.com

Tak hanya orang dewasa, ternyata anak-anak juga kerap begadang nih. Misalnya, terlalu asyik bermain gadget – apalagi kalau sudah menyentuh game, atau menonton video di YouTube. Wah, bisa-bisa anak melek semalaman!

Coba hindari anak melakukan hal ini, sebab begadang tak baik untuk dijadikan sebuah kebiasaan. Selain memengaruhi kesehatan, begadang juga dapat mengganggu aktivitas keesokan harinya – termasuk dalam proses belajar.

Jangankan belajar, begadang juga bisa buat anak jadi malas bangun sahur, lho.

 

Atur Jam Belajar Anak Ya

Agar Si Kecil makin rajin belajar – pastikan moms sudah mengatur waktu belajarnya. Hal ini dapat memudahkan anak lebih fokus terhadap kegiatan yang perlu dilakukan. Selain itu, mengatur jadwal – juga dapat bantu menghindari rasa bosan.

Jangan lupa, tetap luangkan waktu untuk istirahat sejenak – misalnya, biarkan anak berjalan-jalan di sekitar rumah, menonton TV, menikmati udara segar, atau sekedar membantumu memasak menu buka puasa. Memberikan jeda belajar – dapat bantu anak lebih bersemangat dan rajin belajar selama berpuasa.

 

Tetap Batasi Aktivitas di Siang Hari

6 Tips Rajin Belajar Selama Puasa, Anak Jadi Nggak Malas-Malasan!

Credit Image - klikdokter.com

Masalah yang kerap dialami para siswa ketika belajar di bulan puasa – yaitu, tidak menjaga stamina dan fisik di siang hari. Terlalu aktif di siang hari dapat membuat anak lebih mudah lemas – apalagi menjelang sore hari.

Untuk itu, tetap batasi kegiatan di siang hari ya agar energi tetap terjaga dengan baik. Dengan begitu, anak tetap rajin belajar – dan tidak mudah merasa lemas, kan?

 

Optimalkan Kegiatan Belajar, Beri Asupan Vitamin

Agar Si Kecil makin rajin belajar selama berpuasa – pastikan pula moms sudah memenuhi kebutuhan vitamin, sebagai nutrisi penting untuk dukung kecerdasannya. Tak hanya itu, memberi nutrisi satu ini – dapat bantu pertahankan kekebalan tubuhnya, lho.

Selain dari menu makanan bergizi, sebagai pelengkap, kamu juga bisa berikan multivitamin dengan kandungan tepat.

Moms, direkomendasikan memberi Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D. 

Deretan vitamin tersebut dapat bantu optimalkan proses belajar anak – sekaligus, membuat Si Kecil tetap aktif di masa pertumbuhan, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

 

Nah, itulah berbagai cara yang dapat membuat anak tetap rajin belajar – meskipun sedang berpuasa. Apakah moms sudah menerapkan berbagai tips di atas?

 

Featured Image - ruangmom.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!