Pada dasarnya, anak- anak memang suka bermain. Itu sebabnya banyak orangtua yang sengaja memanfaatkan games online  di ponsel, komputer, atau gadget lainnya untuk membuat anak tenang. Namun, sayangnya terlalu sering bermain game online  dapat memberikan dampak buruk pada kesehetan anak.

Dampak buruk anak sering main game online

Credit Republika

Bermain game online  memang menyenangkan. Namun, game online  dapat membuat anak kecanduan. Disebut demikan karena selama bermain anak cenderung tidak memperhatikan hal- hal yang ada di sekitarnya. Ia pun jadi semakin penasaran dengan permainan tersebut dan enggan untuk meninggalkan gadget. Bahkan, ia bisa menolak untuk bermain di luar dengan teman- teman seusianya.

Jika hal ini terus dibiarkan, kesehatan dan perkembangan anak bisa terganggu. Paparan cahaya biru dari gadget  bisa merusak mata. Selain itu, dorongan kuat untuk terus bermain juga berdampak buruk pada kepribadian serta prestasi anak. Nantinya, ia bisa lebih sering berbohong, tidur lebih malam, dan meniru kekerasan yang ada di dalam permainan tersebut.

Cara mencegah anak kecanduan game online

Untuk mencegah anak tidak kecanduan bermain game online,  kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini

1. Batasi waktu anak bermain sendiri

Credit: Liputan6

Bermain sendiri memang memberikan manfaat baik bagi anak. Ia pun jadi menjadi mengenal diri serta kemampuannya. Namun, memberikan waktu anak bermain sendiri juga bisa memberikan peluang baginya untuk bermain game online sesuka hatinya.

Walaupun ia tidak bisa main di rumah, tetapi bisa saja anak pergi ke warung internet. Jadi, sebaiknya hindari membiarkan anak bermain sendiri dalam waktu yang lama.

2. Simpan gadget dan berikan kata sandi

Credit: BusinessInsider

Media anak untuk bermain game online adalah gadget. Jadi, hindari meletakkan gadget  sembarangan atau di tempat yang mudah dijangkau oleh anak. Kamu bisa menyimpannya di laci lemari.

Selain itu, kamu bisa menggunakan kata sandi yang sulit ditebak anak agar ia tidak bisa mengaksesnya dengan mudah. Kemudian, jangan biarkan gadget secara otomatis terpasang dengan internet. Dengan begitu, mau tidak mau anak harus mendapatkan izin darimu terlebih dahulu sebelum bermain game online.

3. Tunjukkan sikap tegas

Credit: LifestyleOkezone

Ketika waktu untuk bermain gadget sudah habis, meminta anak untuk berhenti main adalah hal yang sulit. Mungkin ia bisa terus mengulur waktu atau bahkan tantrum. Jika sudah seperti ini, jangan manjakan anak dan membiarkannya bermain kembali. Cobalah untuk bersikap tegas dengan mengambil atau mematikan gadget secara paksa.

Agar pikirannya teralihkan dari permainan, kamu bisa mengajaknya melakukan aktivitas lain. Misalnya, menyuruhnya mandi, makan, atau membantumu untuk beres- beres.

4. Isi dengan kegiatan yang menyenangkan

Credit: Kumparan

Mengurangi waktunya bermain, memang bisa mencegah anak kecanduan game online. Namun, hal ini bisa saja membuat anak menjadi bosan. Untuk mengatasinya, kamu perlu mencari kegiatan pengganti yang menyenangkan, seperti mengajaknya berbelanja, menyiram tanaman, membersihkan halaman, atau melakukan kegiatan bersama lainnya.

 

Featured Image - Hello Sehat