Usir Bosan Saat Puasa, Yuk Lakukan 5 Kegiatan Seru Ini Bareng Keluarga

Usir Bosan Saat Puasa, Yuk Lakukan 5 Kegiatan Seru Ini Bareng Keluarga

font size A Ǎ

Saat ini, umat Muslim di seluruh penjuru dunia tengah menjalani ibadah puasa. Momen seperti ini seharusnya dihabiskan dengan melakukan berbagai aktivitas yang positif dan produktif. Meski demikian, rasa lapar dan haus – sering kali membuat diri cenderung malas beraktivitas. Alasannya, takut lemas dan lelah selama berpuasa.

Apakah kamu juga sering merasakan hal yang serupa? Perlu diketahui nih, padahal beraktivitas dapat membuatmu lupa terhadap rasa lapar dan haus – bahkan, tak terasa waktu berbuka pun tiba. Apalagi, kalau berbagai aktivitas tersebut dilakukan bareng keluarga. Selain dapat mengusir bosan, hal tersebut tentu menyenangkan ya.

Untuk memastikan dirimu tetap aktif dan produktif selama bulan Ramadhan – ketahui berbagai kegiatan yang dapat membantu tumbuh secara spiritual, mental, sosial, dan juga fisik. Lalu, apa saja aktivitas tersebut?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Memasak Jadi Kegiatan yang Menyenangkan

Usir Bosan Saat Puasa, Yuk Lakukan 5 Kegiatan Seru Ini Bareng Keluarga

Credit Image - klikdokter.com

Siapa di sini yang suka malas berkegiatan selama berpuasa, terutama di siang hari? Kalau sudah begini, biasanya kamu lebih sering tidur. Memang sih tidurnya orang puasa itu pahala – tapi, bukan berarti kamu boleh menghabiskan hari untuk bermalas-malasan saja sampai sore hari ya! Sebagai gantinya, cobalah memasak bersama keluarga.

Selain cocok untuk mengisi waktu luang di akhir pekan – memasak bersama juga bisa makin mempererat hubungan keluarga, lho. Kamu bisa mencoba resep takjil sederhana yang menarik – dan tentunya mengunggah selera.

 

Ingin Melakukan Hal yang Berbeda? Bisa Coba Berkebun

Kegiatan ngabuburit yang satu ini memang terdengar berbeda ya. Selain punya manfaat untuk kesehatan fisik, tapi berkebun juga memiliki dampak baik untuk psikis nih. Sebab, kegiatan ini bisa dikategorikan sebagai olahraga ringan – untuk bantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Menarik kan?

Ketika berkebun, tubuh otomatis akan banyak bergerak – bahkan dua kali lebih aktif dari biasanya. Aktivitas ini meliputi mengolah tanah, memindahkan tanaman, membersihkan pekarangan, dan menyiram tumbuhan – yang juga dapat meningkatkan kekuatan otot.

Selain itu, berkebun juga dapat meningkatkan hormon melatonin dan serotonin, yang berfungsi untuk menurunkan tingkat stres.

 

Bermain Board Game juga Menyenangkan Lho

Usir Bosan Saat Puasa, Yuk Lakukan 5 Kegiatan Seru Ini Bareng Keluarga

Credit Image - momsindonesia.com

Selanjutnya, jika kamu ingin melakukan aktivitas yang santai, namun tetap menyenangkan bersama keluarga – tidak ada salahnya untuk bermain board game sembari ngabuburit. Kegiatan ini memang cocok untuk mengisi waktu luang ya?

Bermain game seperti ini juga dapat membawa semangat kompetitif satu sama lain, lho. Biar lebih bermakna, pilihlah berbagai game yang dapat mengasah strategi hingga menguji pengetahuan umum. Wah, dijamin seru banget!

 

Berolahraga Untuk Menjaga Stamina

Berpuasa bukanlah alasan untuk bolos berolahraga! Tak perlu takut haus dan lelah – sebab, hal ini tidak akan terjadi, asalkan kamu berolahraga di waktu yang tepat. Biar lebih seru, ajak anggota keluarga lainnya untuk berolahraga bersama ya, baik selepas sahur atau sesaat sebelum berbuka puasa.

Kedua waktu tersebut merupakan saat yang tepat untuk berolaraga, karena tidak membuatmu kehilangan banyak tenaga. Cukup lakukan olahraga ringan, seperi berjalan kaki maupun bersepeda. Walaupun sederhana, tapi kegiatan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, lho.

 

Habiskan Waktu Dengan Menonton Film

Usir Bosan Saat Puasa, Yuk Lakukan 5 Kegiatan Seru Ini Bareng Keluarga

Credit Image - beritagar.id

Jika merasa bosan di rumah, terlebih di akhir pekan saat bulan puasa – kamu bisa menonton film bersama keluarga untuk mengurangi rasa bosan. Sekarang, sudah semakin banyak layanan televisi internet yang menyediakan beragam film terbaru. Jadi, coba manfaatkan platform yang satu ini ya!

Kamu dapat menonton film genre favorit, mulai dari drama, komedi, action, thriller, animasi, maupun documenter, lho. Tapi, pastikan film tersebut cocok untuk segala umur ya – siapa tahu ada anggota keluargamu yang masih berusia muda.

 

Nah, itulah kelima rekomendasi aktivitas yang bisa dilakukan bareng keluarga saat berpuasa. Kalau kamu, berminat untuk melakukan kegiatan yang mana dahulu nih?

 

 

Featured Image - klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!