Vitamin B Kompleks: 4 Jenisnya Untuk Menunjang Ibadah Puasa

Vitamin B Kompleks: 4 Jenisnya Untuk Menunjang Ibadah Puasa

font size A Ǎ

Selama puasa, memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, termasuk vitamin merupakan hal esensial yang wajib dilakukan sehari-hari. Mengingat, berkurangnya waktu makan dan minum – yang berisiko membuat tubuh kekurangan asupan nutrisi. Hal ini mesti diwaspadai ya, sebab bisa membuat organ tubuh tak mampu berfungsi dengan baik, mudah lelah, hingga imunitas yang menurun.

Dari beragam jenis vitamin yang mesti dipenuhi asupannya selama bulan puasa, salah satu yang paling penting, yaitu vitamin B kompleks. Walaupun bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan – tapi, ketika berpuasa, asupan vitamin ini cenderung berkurang lho.

Sejatinya, vitamin B kompleks terdiri dari 8 macam vitamin – tetapi, ada empat jenis yang paling dibutuhkan asupannya selama berpuasa nih. Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

 

 

Vitamin B1: Untuk Mengubah Makanan Jadi Energi

Vitamin B Kompleks: 4 Jenisnya Untuk Menunjang Ibadah Puasa

Credit Image - das-ernaehrungshandbuch.de

Yang pertama, vitamin B1 alias Thiamin – yang berperan untuk memberi asupan energi pada tubuh. selama berpuasa hampir 13 jam lamanya, tubuh akan kekurangan asupan berbagai jenis makanan, hingga kehilangan banyak energi. Di sinilah, vitamin B1 menjalani perannya.

Vitamin B1 akan membantu tubuh dalam melakukan proses pencernaan zat glukosa – yang dihasilkan dari makanan yang sudah dikonsumsi. Pengolahan ini bertujuan agar glukosa diubah menjadi energi untuk beraktivitas sehari-hari.

Nah, selain memberikan energi pada tubuh, vitamin B1 juga berperan penting dalam menjalani fungsi sistem kerja jantung, menyehatkan sistem pencernaan, dan sistem endorkin – selama menjalani ibadah puasa.

Agar asupan Thiamin terpenuhi, konsumsi makanan seperti daging sapi, hati sapi, gandum, kacang-kacangan, buah beri, bayam, dan jagung – ketika sahur dan berbuka ya.

 

Vitamin B2 – Berperan Memecah Karbohidrat, Protein, dan Lemak

Selanjutnya, vitamin B2 atau disebut juga Riboflavin yang juga penting dipenuhi asupannya selama berpuasa. Memangnya mengapa sih vitamin ini sangat dibutuhkan? Sebab, Riboflavin memiliki fungsi penting – termasuk memudahkan proses pemecahan karbohidrat, protein, dan lemak untuk menghasilkan cukup energi. Jadi, kamu tidak akan mudah lemas nih saat puasa!

Selain itu, vitamin B2 sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit – bisa mengurangi risiko kulit kering ketika puasa lho, kemudian menyehatkan organ mata, hingga membantu kelancaran fungsi organ vital lainnya dalam tubuh.

Riboflavin bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan sehat, seperti kuning telur, daging merah, ikan salmon dan tuna, kacang kedelai dan almond, hingga berbagai jenis gandum. Jangan lupa untuk mengonsumsinya saat sahur dan buka puasa ya, Enervoners!

 

Vitamin B6 yang Membantu Penyerapan Nutrisi

Vitamin B Kompleks: 4 Jenisnya Untuk Menunjang Ibadah Puasa

Credit Image - ugro.com

Vitamin B6 atau Pyridoxine juga menjadi salah satu jenis vitamin B kompleks – yang wajib dipenuhi kebutuhannya selama berpuasa. Vitamin B6 punya peran penting untuk mengoptimalkan proses penyerapan nutrisi, sehingga energi pun dapat terbentuk.

Tak hanya itu, vitamin B6 memiliki fungsi penting lainnya, seperti menjaga kesehatan rambut, kulit, dan penglihatan. Kemudian, Pyridoxine juga dapat membantu kerja hati, otak, sistem saraf, serta membentuk sel-sel darah merah.

Biar kebutuhannya terpenuhi saat puasa, kamu dapat masukkan jenis makanan daging sapi, daging ayam, ikan tuna, kacang-kacabgan, pisang, dan kentang ke dalam menu masakan.

 

Vitamin B12 Untuk Dukung Kerja Otak

Apakah kamu seringkali mudah lemas sampai sulit berkonsentrasi selama berpuasa? Wah, bisa jadi disebabkan kekurangan asupan vitamin B12 nih! Memiliki nama lain Cobalamin – vitamin ini juga tidak kalah penting dibanding jenis vitamin B lainnya.

Adapun kerja utama dari vitamin B12, yaitu mendukung kerja otak dan sistem saraf. Serta, berpran penting dalam membantu produksi sel DNA di dalam tubuh, yang juga berperan penting dalam pembentukan tulang dan sel-sel darah merah.

Dengan mencukupi kebutuhan Cobalamin, tulang pun jadi lebih kuat dan kamu terhindar dari risiko pengeroposan tulang, lho. Asupan vitamin B12 bisa diperoleh dari jenis makanan, seperti daging sapi dan unggas, ikan tuna, susu, keju, yogurt, dan telur.

 

Selain Dari Makanan, Vitamin B Juga Bisa Diperoleh Dari….

Vitamin B Kompleks: 4 Jenisnya Untuk Menunjang Ibadah Puasa

Credit Image - klikdokter.com

Kalau dari penjelasan di atas, disebutkan bahwa sejumlah sumber vitamin B kompleks tersebut dapat diperoleh dari makanan – nah, masih ada sumber lainnya yang dapat kamu konsumsi nih, yaitu dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon-C dan Enervon Active.

Enervon-C merupakan multivitamin yang terdiri dari Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B2, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Sudah pasti, kandungan Vitamin B Kompleks di dalamnya dapat membantu proses metabolisme tubuh, sehingga makanan dapat diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Jadi, tidak perlu khawatir badan tidak berenergi selama berpuasa ya.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet dengan kandungan Vitamin C 500 mg, atau Enervon-C Effervescent – yang satu ini memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg!

Untukmu yang memiliki aktivitas padat, dapat minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk memberi stamina pada tubuh sehingga tak mudah lelah, sekaligus menjaga imunitas.

 

Jadi, tunggu apa lagi? Sudah saatnya kamu rutin memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks selama puasa ya – tidak hanya dari makanan alami, vitamin ini juga bisa diperoleh dari suplemen yang tepat lho!

 

 

Featured Image - jovee.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!