Siapa di sini yang suka merasakan gampang lemas, lesu, dan lelah selama berpuasa? Wah, tak perlu khawatir – sebab, hal ini wajar dirasakan kok. Tidak mengonsumsi makanan dan minuman sejak subuh hingga senja dapat menyebabkan tubuh kehilangan energi.

Meskipun wajar dialami, ketika kondisi badan lemas – aktivitas pun bisa terganggu ya. Apakah kamu merasakan hal serupa? Bahkan, tidak jarang hal ini membuat suasana hati berantakan – dan akhirnya mood untuk melakukan berbagai kegiatan pun hilang, termasuk saat sedang bekerja.

Umumnya, badan lemas digambarkan dengan kondisi kurang tenaga – dan seringkali dihubungkan dengan adanya suatu penyakit. Tidak hanya dikarenakan sedang berpuasa, akan tetapi ada beberapa kondisi tertentu yang bisa membuat badan lemas. Bisa jadi, suatu hal yang tidak terduga sebelumnya, lho.

Lalu, apa saja sih kondisi yang menyebabkan tubuh mudah lemas selama berpuasa? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini ya!

 

 

Terlalu Banyak Konsumsi Karbohidrat Olahan

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Seperti diketahui, karbohidrat merupakan sumber energi tercepat yang sering dikonsumsi. Ketika tubuh menerima asupan ini, maka karbohidrat akan dipecah menjadi gula – yang digunakan untuk bahan bakar. Namun, terlalu berlebihan mengonsumsi karbohidrat, justru menyebabkanmu mudah lelah sepanjang hari, lho.

Terlalu banyak makan karbohidrat saat berbuka maupun sahur – dapat menyebabkan gula darah meningkat secara cepat. Walaupun jenis asupan ini memang bisa buat tubuh bertenaga secara cepat, tapi kadar gula darah pun ikut mudah menurun drastis. Jadi, tak heran kalau kamu gampang lemas ya.

 

Punya Kualitas Tidur Buruk Juga Membuat Tubuh Mudah Lemas

Tidur yang cukup dan berkualitas merupakan salah satu cara untuk memberikan energi pada tubuh, sekaligus menjaga imunitas. Sebaliknya, jika memiliki pola tidur yang buruk – maka kamu pun menjadi mudah lemas. Nah, orang yang berpuasa identik dengan kurang beristirahat nih.

Padahal, tubuh melakukan banyak hal ketika tidur lho, termasuk menyimpan memori dan melepaskan hormon – yang berperan dalam mengatur tingkat metabolisme dan energi. Untuk itu, cobalah cukupi kebutuhan tidurmu, termasuk saat berpuasa ya.

Untuk orang dewasa, direkomendasikan beristirahat setidaknya selama 7 jam per malam – agar kesehatan dapat didukung secara optimal.

 

Kurang Melakukan Aktivitas Fisik

Credit Image - winnetnews.com

Jika kamu kurang aktif secara fisik, tubuh pun ikut mudah merasa lemas. Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga rutin dapat mengurangi rasa lelah – termasuk pada orang sehat, maupun mereka yang memiliki masalah kesehatan lainnya.

Ketika berpuasa, kamu juga sangat dianjurkan untuk tetap berolahraga, sehingga kondisi fisik tetap bugar. Tapi ingat, pilihlah waktu berolahraga yang tepat – seperti sebelum berbuka puasa, atau beberapa saat usai sahur. Lakukan aktivitas yang secukupnya saja, jangan terlalu berlebihan ya.

 

Gampang Lemas Saat Puasa? Bisa Jadi Kekurangan Kalori!

Apakah kamu sudah mengonsumsi cukup kalori ketika berpuasa? Kalau belum, hal ini juga menjadi penyebab tubuh mudah lemas, lho. Mengonsumsi terlalu sedikit kalori – akan membuat badan lebih mudah kehilangan energi.

Tubuh menggunakan kalori untuk bergerak dan memicu proses seperti bernapas dan mempertahankan suhu tubuh yang konstan. Ketika tubuh kekurangannya – maka, metabolisme pun melambat untuk menghemat energi. Hal ini sangat berpotensi menyebabkan kelelahan.

Untuk kebutuhan kalori, sebagian besar orang biasanya membutuhkan minimal 1.200 kalori per hari – agar metabolisme bisa berjalan lancar. Tapi, kebutuhan ini bisa disesuaikan berdasarkan berat badan, tinggi badan, usia, dan beragam faktor lainnya.

 

Kekurangan Asupan Protein

Credit Image - liputan6.com

Tahukah kamu kalau kekurangan asupan protein – juga menjadi penyebab badan mudah lemas, termasuk saat berpuasa? Nutrisi yang satu ini dapat memengaruhi kondisi tubuh. Protein telah terbukti meningkatkan laju metabolisme, bahkan lebih tinggi dibanding karbohidrat dan lemak.

Dalam sebuah penelitian di Korea Selatan, ditemukan bahwa mahasiswa yang mengonsumsi makanan berprotein tinggi, seperti ikan, daging, telur, dan kacang-kacangan ternyata jarang mengalami kelelahan. Beragam sumber makanan tersebut, dikonsumsi sebanyak dua kali dalam sehari.

Jadi, untuk menghindari – atau bahkan mengatasi masalah tubuh mudah lemas saat berpuasa, pilihlah menu sahur yang kaya akan kandungan protein.

 

Kebutuhan Cairan Tidak Terpenuhi alias Dehidrasi

Dehidrasi juga kerap terjadi selama berpuasa – hal ini pun termasuk salah satu penyebab tubuh mudah lemas. Dari hasil berbagai penelitian, ditunjukkan bahwa dehidrasi ringan dapat menyebabkan tingkat energi menjadi lebih rendah dan menyebabkan seseorang sulit untuk fokus.

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik sangatlah penting untuk menjaga energi tubuh. Untuk itu, cukupi kebutuhan minum saat berbuka puasa, malam hari, dan di waktu sahur ya. Dengan demikian, risiko dehidrasi pun bisa diminimalisir.

 

Stres Juga Dapat Sebabkan Badan Mudah Lemas Lho!

Credit Image - pikiran-rakyat.com

Penyebab tubuh mudah lemas yang satu ini – mungkin masih jarang diketahui ya. Stres kronis memang memiliki efek mendalam pada tingkat energi dan kualitas hidup. Dalam beberapa penlitian, stres memang normal terjadi, namun kalau berlebihan – ini bisa menyebabkan kelelahan. Selain itu, respons kamu terhadap stres juga dapat memengaruhi kondisi tubuh.

 

Lalu, Bagaimana Cara Atasi Badan Lemas Saat Berpuasa?

Jika kamu sedang mengalami masalah badan gampang lemas selama bulan puasa – tak perlu khawatir ya. Ada berbagai hal sederhana dan mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya, seperti:

  • Konsumsi makanan bergizi saat sahur dan berbuka, terutama yang mengandung vitamin B kompleks. Perlu diketahui – vitamin B kompleks merupakan vitamin yang berperan dalam pembentukan energi.
  • Batasi konsumsi kafein.
  • Selalu cukupi kebutuhan cairan tubuh.
  • Kelola stres dengan baik.
  • Rutin berolahraga.
  • Dan, selalu cukupi kebutuhan tidur!

Yang juga bisa kamu lakukan, yaitu rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan vitamin lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, sejumlah vitamin dalam Enervon Active dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuhmu bisa mengolah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama. Jadi, kamu tak perlu khawatir lagi soal tubuh yang mudah lelah. Jadi, kamu pun bisa lebih produktif dalam beraktivitas, nih.

 

Nah, itulah berbagai penyebab tubuh mudah lemas saat berpuasa. Apakah kamu sedang mengalaminya? Jika iya, yuk segera atasi – agar ibadah puasa, sekaligus aktivitas harianmu tidak lagi terganggu. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image - jeda.id