Bagi umat Muslim di seluruh penjuru dunia, berpuasa merupakan ibadah yang wajib dijalani. Aturan ini berlaku bagi orang dewasa, maupun anak-anak yang sudah mengalami akil baligh. Tetapi, nyatanya tidak sedikit – anak-anak berusia dini yang tertarik ikut melakukan ibadah puasa lho.

Sebenarnya, waktu ideal untuk mengajari anak berpuasa dapat dimulai dari usia 4 tahun. Tetapi, orangtua juga mesti memperhatikan berbagai faktor lain – terutama, yang terkait dengan perkembangan anak, seperti nutrisi penting yang mesti tetap dipenuhi agar pertumbuhannya tidak terganggu.

Pemenuhan gizi seimbang memang berperan penting dalam perkembangan anak. Dengan memberinya asupan makanan bernutrisi, metabolisme tubuh akan berjalan lebih optimal – sehingga, tumbuh kembangnya dapat dicapai secara maksimal. Ini penting lho, apalagi kalau Si Kecil sedang dalam masa golden age.

Ada sejumlah kebutuhan variasi nutrisi yang penting dipenuhi – sehingga kebutuhan gizi anak selama berpuasa pun bisa diperoleh seimbang. Lantas, apa saja jenis nutrisi tersebut?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Kalsium: Nutrisi Penting Untuk Dukung Perkembangan Anak

Credit Image - hot.liputan6.com

Selama berpuasa, moms tak boleh melewatkan asupan kalsium untuk Si Kecil ya. Kalsium merupakan salah satu nutrisi – yang paling dibutuhkan anak, bahkan sejak dalam kandungan lho. Selain dapat mengoptimalkan pertumbuhan gigi dan tulang, kalsium juga penting untuk perkembangan jantung, otot, dan saraf.

Selain itu, kalsium juga mampu menurunkan risiko pengeroposan tulang ketika dewasa nanti, hingga mengurangi kecenderungan melemahnya tulang akibat kekurangan vitamin D. Dengan demikian, perkembangan anak pun bisa berjalan secara maksimal.

 

Zat Besi Jadi Asupan Gizi Penting Lainnya

Moms, tahukah bahwa dalam tubuh manusia – zat besi berperan untuk membantu memproduksi sel darah merah baru, dan menyusun hemoglobin yang berperan dalam meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh? Ya, karena fungsinya yang sangat esensial, maka asupan zat besi juga mesti dipenuhi selama anak beribadah puasa ya.

Jika tidak mendapat asupan zat besi yang cukup, maka perkembangan anak pun bisa terganggu. Selain itu, hal ini juga akan berdampak buruk pada kecerdasan Si Kecil, menurunkan kemampuan motoriknya, hingga berisiko mengalami anemia – kalau yang ini sering terjadi pada anak berusia di bawah 2 tahun.

Untuk memenuhi kebutuhan zat besi anak, beri ia beberapa jenis makanan seperti daging merah, tahu, tempe, hati, dan bayam.

 

Protein Juga Tak Boleh Dilewatkan, Moms!

Credit Image - suara.com

Selanjutnya, protein menjadi nutrisi penting yang mesti dipenuhi untuk bantu dukung perkembangan Si Kecil, termasuk saat ia berpuasa. Tapi, kebutuhan protein harus disesuaikan dengan usia dan keadaan anak ya.

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 75 Tahun 2013 tentang angka kecukupan gizi, jumlah protein harian anak sesuai umur adalah bayi 0-6 bulan sebanyak protein 12 gram; bayi 7-11 bulan sekitar 18 gram; anak 1-3 tahun membutuhkan 26 gram; dan anak 4-6 tahun sebanyak anak 35 gram setiap harinya.

Nah, ada beragam jenis sumber protein yang bisa moms berikan pada Si Kecil nih – di antaranya, susu, telur, daging merah, daging putih, kacang-kacangan serta berbagai olahannya. Ingat, asupan nutrisi dari protein sangat mempengaruhi perkembangan anak di masa mendatang lho.

 

Vitamin – Nutrisi Untuk Bantu Dukung Imunitas

Selain ketiga nutrisi sebelumnya, asupan vitamin pun juga wajib dipenuhi selama anak berpuasa. Selain dapat mendukung perkembangan anak – vitamin berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, terutama terkait kerja sistem kekebalan. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin – imunitas anak pun lebih kuat dan terjaga.

Ada berbagai jenis vitamin yang mesti didapatkan Si Kecil, seperti vitamin A – untuk meningkatkan kesehatan mata, lalu ada pula vitamin B kompleks yang berfungsi memaksimalkan perkembangan otak anak. Kemudian, vitamin C – yang sudah pasti dapat menjaga daya tahan tubuh, serta vitamin D yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Tak sulit kok untuk mencari makanan kaya akan sejumlah vitamin tersebut, moms. Misalnya, dari daging-dagingan, susu dan produk olahannya, buah dan sayuran, hingga produk olahan ikan.

Selain dari sumber makanan, moms bisa lengkapi kebutuhan vitamin anak dengan memberinya multivitamin Enervon-C Plus Sirup nih! Multivitamin lengkap yang satu ini tentu memiliki banyak manfaat baik untuk anak.

Enervon-C Plus Sirup mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – yang dapat mengoptimalkan proses perkembangan anak, menjaga daya tahan tubuhnya, meningkatkan napsu makan, hingga menjaga kesehatan tulang dan gigi Si Kecil.

 

Jadi, tunggu apa lagi moms? Yuk, segera berikan sejumlah asupan nutrisi di atas – untuk dukung perkembangan anak, termasuk ketika ia sedang belajar berpuasa. Dengan begitu, tumbuh kembang Si Kecil makin optimal – dan kesehatan tubuhnya pun semakin terjaga.

 

 

Featured Image - news.labsatu.co