Memiliki menu sahur sehat memang perlu diutamakan agar tubuh tetap kuat dan berenergi dalam menjalani ibadah puasa. Selain itu, makanan sehat bernutrisi – juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Mengingat, Ramadhan tahun ini masih dibarengi dengan pandemi Covid-19.

Untuk itu, kamu perlu membuat menu makan sahur yang kaya akan vitamin, sehingga tubuh tetap fit meskipun sedang berpuasa. Mengonsumsi makanan kaya akan vitamin – pun berperan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, lho.

Sebagai referensi, CDC memberikan rekomendasi mengenai pola makan yang sehat rendah kalori – dan kaya akan vitamin, seperti perbanyak buah-buahan, sayur, biji-bijian, dan produk susu. Kemudian, konsumsi daging tanpa lemak, unggas, ikan, telur, dan kacang-kacangan. Serta hindari lemak jenuh, lemak trans, kolesterol, garam, dan tambahan gula.

Tapi, apa saja sih menu sahur sehat yang kaya akan vitamin? Nah, berikut ini ada 6 rekomendasi menu yang dapat kamu coba di rumah. Tanpa perlu berlama-lama, ini dia ulasan lengkapnya!

 

 

Capcai: Menu Sahur Sehat kaya Akan Vitamin

Credit Image - kompas.com

Menu pertama yang bisa kamu coba, yaitu sayur capcai. Menu yang sehat dan lezat ini – memiliki arti “aenak sayuran”, jadi wajar saja jika isi masakannya terdiri dari beragam jenis sayuran, seperti wortel, kapri, brokoli, jagung, dan lain sebagainya. Menu capcai dapat bantu penuhi kebutuhan vitamin tubuhmu, lho.

Capcai mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat penting – seperti vitamin A pada wortel, atau vitamin C pada jagung dan brokoli. Dengan mengonsumsi menu capcai, tak hanya kebutuhan vitamin saja yang terpenuhi – maka, daya tahan tubuh pun bisa semakin terjaga.

 

Sop Kacang Merah Jadi Pilihan Lainnya

Sayuran bernutrisi lainnya yang dapat dijadikan menu makan sahur kaya vitamin, yaitu sop kacang merah. Bagimu pecinta makanan beruah – menu yang satu ini cocok di saat sahur, lho. Bahkan, sop kacang merah dianggap sebagai menu sahur sehat keluarga!

Dikutip dari Orami, kacang merah merupakan sumber makanan kaya serat tidak larut yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan usus, serta membantu mencegah terjadinya sembelit. Selain itu, sumber makanan ini mengandung pati resisten – sejenis karbohidrat kompleks yang bertindak seperti serat makanan.

Kandungan tersebut juga memberi fungsi penting pada kesehatan pencernaan – dengan memberi makan bakteri baik dalam usus besar.

 

Tempe dan Tahu Goreng, Menu Favorit Banyak Orang

Credit Image - sajiansedap.grid.id

Siapa sih yang tidak suka tahu dan tempe goreng? Hampir seluruh orang pasti menyukai menu yang satu ini ya. Tahu dan tempe dikenal sebagai sumber protein nabati – yang dapat berperan sebagai sumber protein dan memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Per 100 gram tahu mengandung 1 mg zat besi, bahkan beberapa jenis tahu kaya akan vitamin B12, vitamin D, dan kalsium ekstra. Sejumlah kandungan tersebut penting untuk pembentukan energi, sekaligus menjaga kesehatan tulang.

Sementara, per 100 gram tempe ada sekitar 10 persen kebutuhan zat besi dan kalsium harian, lho. Karena, proses tempe difermentasi, sehingga makanan ini dapat bantu menjaga kesehatan usus. Dan, keduanya pun mengandung nutrisi lain – seperti magnesium, kalium, natrium, dan zinc.

 

Jus Jambu Biji yang Segar dan Menyehatkan

Selain sayuran, kamu juga dapat menyajikan buah-buahan sebagai menu sahur – sehingga asupan nutrisi dapat dilengkapi secara sempurna. Salah satu rekomendasi buah untuk sahur bernutrisi, yaitu jus jambu merah. Jenis buah yang satu ini juga kaya akan kandungan vitamin C dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, lho.

Bahkan, kandungan vitamin C dalam jambu biji empat kali lipat lebih tinggi – dibanding dengan jeruk. Jadi, buah ini dapat bantu meningkatkan kekebalan, serta melindungi tubuh dari patogen penyebab infeksi lebih maksimal ya.

 

Tumis Jamur: Menu Pengganti Daging

Credit Image - kompas.com

Selanjutnya, kamu juga dapat mencoba menu tumis jamur – yang punya cita rasa lezat, serta bisa memenuhi nutrisi yang tepat untuk tubuh. Kalau nutrisi sudah dilengkapi dengan baik, maka imunitas tubuh pun bisa semakin terjaga.

Menurut berbagai penelitian, rasa kenyang usai mengonsumsi jamur pun dapat bertahan lama ketimbang menyantap daging, lho. Jadi, menu ini bisa dijadikan alternatif – jika kamu sedang tidak ingin mengonsumsi daging ya. Apakah kamu tertarik mencoba menu tumis jamur ini?

 

Buah Alpukat yang Tinggi Serat dan Lemak Sehat

Untukmu yang malas mengonsumsi nasi atau makanan berat saat sahur – kamu bisa menyantap buah alpukat sebagai pilihan sahur lainnya ya. Mengonsumsi buah ini sangat baik, karena bisa membuat perut kenyang lebih lama, lho. Tingginya serat dan lemak sehat pada alpukat pun nikmat dijadikan hidangan dessert saat berbuka puasa!

Alpukat juga mengandung serat dan lemak sehat yang dapat melancarkan pencernaan selama puasa. Seperti diketahui, pola makan yang berubah – bisa menjadi penyebab terjadinya gangguan pencernaan. Untuk mengatasinya, mengonsumsi buah alpukat bisa jadi pilihan tepat.

 

Nah, selain mengonsumsi sejumlah menu sahur di atas – yang dapat bantu memenuhi kebutuhan vitamin, kamu juga direkomendasikan untuk minum multivitamin agar proses pemenuhan nutrisi pun semakin optimal.

Kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Yang sudah pasti, kandungan Vitamin B Kompleks dapat membantu optimalkan proses metabolisme – sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi sumber energi untuk tubuh. Jadi, tak usah khawatir kekurangan energi saat berpuasa ya.

Minum Enervon-C dua kali sehari selama berpuasa, ketika sahur dan berbuka – baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Dan, untukmu yang memiliki aktivitas padat – disarankan minum Enervon Active dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – sekaligus menjaga sistem imunitas!

 

Sudah cukup jelas ya ulasan mengenai berbagai menu sehat untuk sahur? Tunggu apa lagi? Yuk, segera coba berbagai jenis menu masakan di atas – agar kebutuhan nutrisi selama berpuasa tetap terpenuhi, dan imunitas pun tetap terjaga!

 

 

Featured Image - kaldualania.com