Di tengah pandemi Covid-19, sudah banyak sekali masyarakat yang mulai bepergian menggunakan pesawat terbang. Berbagai upaya pencegahan pun terus dilakukan, terutama bagi yang harus menggunakan moda transportasi udara tersebut.

Belakangan waktu terakhir, berdasarkan penelitian yang dirilis oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, dikatakan bahwa ada beberapa cara – yang diklaim ampuh mengurangi risiko penularan virus di pesawat.

Tapi, perlu diingat risiko penularan benar bisa diminimalisir, jika dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan yang lengkap dan ketat, sekaligus, menjaga sistem kekebalan tubuh tetap optimal – yang ini bisa diperoleh dengan menjalani kebiasaan hidup sehat.

Lebih lanjut mengenai cara tepat mengurangi risiko penularan virus di pesawat, sekaligus berbagai hal penting lain yang perlu diperhatikan – berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Penularan Virus di Pesawat Bisa Berkurang, Bagaimana Caranya?

Credit Image - travel.detik.com

Hal utama yang dapat membantu meminimalisir penularan virus di pesawat, yaitu dengan membiarkan kursi tengah di pesawat kosong. Peneliti dari CDC dan Kansas State University pun sudah membuktikan cara ini dengan melakukan pemodelan laboratorium.

Hasilnya, paparan penumpang terhadap Covid-19 dapat dikurangi sebesar 23 hingga 57 persen ketika berada di pesawat baik lebar maupun sempit, jika kursi bagian tengahnya dibiarkan kosong – dibandingkan dengan penerbangan berkapasitas penuh.

Studi tersebut menggunakan bakteriofag aerosol sebagai pengganti virus – untuk menentukan sejauh mana Covid-19 dapat menyebar selama penerbangan. Menurut penelitian, risiko paparan berkurang 23 persen untuk penumpang di baris yang sama, tetapi berjarak dua kursi dari orang yang terinfeksi.

Dan, 57 persen ketika kursi tengah dibiarkan kosong pada bagian tiga baris yang berisi campuran, antar yang terinfeksi dan penumpang tidak terinfeksi.

 

Cara Lain yang Diperlukan Agar Risiko Penularan Semakin Rendah

Credit Image - solopos.com

Adapun sejumlah langkah pencegahan lainnya yang diperlukan agar risiko penularan virus pun semakin rendah, yaitu tetap menggunakan masker ketika berada di dalam pesawat. Jika memungkinkan, hindari membuka masker selama perjalanan.

Kemudian, pastikan rutin mencuci tangan – terutama usai memegang benda yang ada di ruang publik. Kalau tidak memungkinkan untuk cuci tangan, dianjurkan menggunakan hand sanitizer untuk bantu membunuh virus yang menempel pada bagian tangan.

Hindari pula menyentuh bagian wajah, seperti mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dibersihkan – baik dengan mencuci tangan, maupun pakai hand sanitizer. Sebab, kegiatan tersebut bisa meningkatkan risiko masuknya virus dari tangan ke dalam tubuh.

 

Jaga Imun Tubuh: Tetap Jadi Kunci Utamanya

Credit Image - klikdokter.com

Yang pasti, menjaga imunitas tetap kuat – memang merupakan upaya pencegahan utama yang perlu diperhatikan. Seperti diketahui, kekebalan tubuh berperan sebagai alat perlindungan dalam menghindari infeksi virus.

Lantas, apa saja yang perlu dilakukan agar imun tubuh tetap bekerja dengan baik?

  • Miliki pola makan bergizi dan bernutrisi seimbang
  • Tidur yang cukup, orang dewasa dianjurkan beristirahat selama 7-8 jam setiap malamnya
  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh
  • Rutin berolahraga
  • Kelola stres dengan baik
  • Penuhi kebutuhan vitamin – yang berperan penting menjaga sistem kekebalan tubuh

Berkaitan dengan kebutuhan vitamin, selain dari sumber makanan seperti buah dan sayur – vitamin juga bisa diperoleh dari multivitamin yang memiliki kandungan lengkap. Seperti apa multivitamin tersebut?

Direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C, baik dalam bentuk Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra.

 

Itulah ulasan mengenai cara mengurangi penularan virus di dalam pesawat. Selama pandemi, pastikan kamu terus menerapkan protokol kesehatan secara tepat – dan jaga kesehatan tubuh agar risiko tertular virus pun dapat diminimalisir.

 

 

Featured Image - us.cnn.com

Source - detik.com